MENINGKATKAN KEMAMPUAN SENAM LANTAI GULING BELAKANG MELALUI PENGGUNAAN MEDIA VIDEO

Ibnu Dwi Prasetyo, Sunarti,

Abstract



The problem in this research is the lack of students’ skill class XI-MIA 2 of SMA Negeri 1 Sentolo in the Physical
Education learning process. This research aims to improve of students’ backward roll skill of class XI-MIA 2 through
video media. This research is a classroom action research that divided into two cycles, each cycle consists of one
meeting. The Subjects of the research is students class XI MIA 2 of SMA Negeri 1 Sentolo, which amount 32 students.
The technique of collecting data is used interview to the teacher and observation of learning result. The results show
that students’ backward roll skill of class XI-MIA 2 has significantly increased after a given action. For the first cycle
level of skill only reaches 65.5 %. Unfortunately after the first cycle finished the skill has not completed the minimum
completeness criteria (KKM). This research is successful if the level of skill has already reached 75%, so need to
continue with the second cycle. Backward roll skill reaches 87.5% in the second cyrcle. It can be cocluded that the
ability of students backward roll skill can be enhanced throught video media.
Key words: gymnastic, backward roll, media, video,
Abstrak
Permasalahan dalam penelitian ini adalah kurangnya keterampilan siswa kelas XI SMA Negeri 1 Sentolo dalam
proses pembelajaran Pendidikan Jasmani. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan keterampilan senam lantai
guling belakang siswa kelas XI MIA 2 melalui media video. Penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas yang
berlangsung dua siklus, setiap siklus terdiri dari satu kali pertemuan. Subyek penelitian adalah siswa kelas XI MIA
2 SMA Negeri 1 Sentolo yang berjumlah 32 siswa. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah wawancara
kepada guru dan observasi hasil belajar. penelitian menunjukan bahwa siswa kelas XI MIA 2 mengalami peningkatan
keterampilan senam lantai guling belakang secara signifikan setelah diberi tindakan. Pada sikus I tingkat keterampilan
hanya 65,5%. Setelah siklus I berakhir tingkat keterampilan belum memenuhi KKM. Penelitian dikatakan berhasil
jika tingkat keterampilan sudah berada pada 75%, sehingga perlu dilanjutkan dengan siklus II. Tingkat keterampilan
senam lantai guling belakang mencapai 87.5% pada siklus II. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa kemampun
keterampilan siswa dalam materi senam lantai guling belakang dapat ditingkatkan melalui media video.
Kata kunci : senam, guling belakang, media, video

Full Text:

PDF


DOI: https://doi.org/10.21831/jpji.v12i1.10210

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2016 Jurnal Pendidikan Jasmani Indonesia



Creative Commons License
Jurnal Pendidikan Jasmani Indonesia is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Based on a work at https://journal.uny.ac.id/index.php/jpji.

Jurnal Pendidikan Jasmani Indonesia Stats