SURVEI MODEL PENILAIAN PADA PENDIDIKAN JASMANI OLAHRAGA DAN KESEHATAN SESUAI KURIKULUM 2013 DI SMP SE-KECAMATAN MLATI
Danang Pujo Broto, Fakultas Ilmu Keolahragaan dan Kesehatan, Universitas Negeri Yogyakarta, Indonesia
Nur Sita Utami, (Scopus ID: 57754644800), Department of Physical Education, Faculty of Sport Sciences, Universitas Negeri Yogyakarta, Indonesia
Riky Dwihandaka, Fakultas Ilmu Keolahragaan dan Kesehatan, Universitas Negeri Yogyakarta, Indonesia
Saryono Saryono, Fakultas Ilmu Keolahragaan dan Kesehatan, Universitas Negeri Yogyakarta, Indonesia
Indah Prasetyawati Tri Purnama Sari, Fakultas Ilmu Keolahragaan dan Kesehatan, Universitas Negeri Yogyakarta, Indonesia
Sugeng Setia Nugroho, Fakultas Ilmu Keolahragaan dan Kesehatan, Universitas Negeri Yogyakarta, Indonesia
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui model penilaian pada pendidikan jasmani olahraga dan kesehatan sesuai kurikulum 2013 di SMP se-Kecamatan Mlati. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kuantitatif dengan menggunakan metode survei. Populasi dalam penelitian ini adalah 12 Guru Pendidikan Jasmani Olahraga dan Kesehatan dari 10 sekolah di SMP se- Kecamatan Mlati. Sampel dalam penelitian ini sebanyak 12 orang Guru Pendidikan Jasmani Olahraga dan Kesehatan SMP se- Kecamatan Mlati, ditentukan dengan mengambil seluruh populasi dijadikan sampel atau sampel jenuh. Pengumpulan data menggunakan kuesioner melalui Google form. Hasil uji reliabilitas penelitian ini adalah 0,915. Hasil uji validitas dengan uji instrumen dengan r tabel 0,444 diperoleh melalui 28 pernyataan, 7 pernyataan tidak valid, dan menyisakan 21 pernyataan untuk pengumpulan data penelitian. Uji instrumen dilakukan dengan responden diluar dari sampel penelitian. Analisis data menggunakan analisis statistik deskriptif dengan presentase. Berdasarkan hasil penelitian dan pembahasan mengenai survei model penilaian pada pendidikan jasmani olahraga dan kesehatan sesuai kurikulum 2013 di SMP se- Kecamatan Mlati menyatakan bahwa ditemukan 4 model penilaian yang digunakan oleh Guru Pendidikan Jasmani Olahraga dan Kesehatan di SMP se- Kecamatan Mlati. 4 model tersebut yaitu: model penilaian autentik sebesar 33%, model penilaian diri sebesar 15%, model penilaian portofolio sebesar 35%. Model penilaian formatif dan sumatif sebesar 17%.
SURVEY OF ASSESSMENT MODELS IN PHYSICAL SPORT AND HEALTH EDUCATION ACCORDING TO THE 2013 CURRICULUM AT JUNIOR HIGH SCHOOLS IN MLATI DISTRICT
ABSTRACT
This study aims to determine the assessment model in physical education, sports and health according to the 2013 curriculum in junior high schools in Mlati District. This research is a quantitative descriptive research using the survey method. The population in this study were 12 PJOK teachers from 10 schools in junior high schools in Mlati District. The sample in this study was 12 junior high school physical education teachers in the Mlati sub-district, determined by taking the entire population as a sample or saturated sample. Data collection using a questionnaire through Google form. The reliability test results of this study were 0.915. The results of the validity test with the instrument test with r table 0.444 were obtained through 28 statements; 7 statements were invalid and left 21 statements for research data collection. The instrument test was carried out with respondents outside the research sample—data analysis using descriptive statistical analysis with percentages. Based on the results of research and discussion regarding the survey of assessment models in physical education sports and health according to the 2013 curriculum in junior high schools in Mlati District, it states that PJOK teachers use four assessment models in junior high schools in Mlati District. The four models are the authentic assessment model 33%, the self-assessment model 15%, portfolio assessment model 35%. Formative and summative assessment model by 17%.
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Febrianto, F. Adin, & Suroto. (2017). Survei Keterlaksanaan Kurikulum 2013 Pada Mata Pelajaran Pendidikan, Jasmani, Olahraga, Dan Kesehatan, (Pjok) Di SMK Negeri Se-Kecamatan Boyolangu Kabupaten Tulungagung. Jurnal Pendidikan Olahraga Dan Kesehatan, (5), 607-615
Kemendikbud. (2013). Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Nomor 66 Tahun 2013 tentang Standar Penilaian Pendidikan, 1–6. https://doi.org/10.1016/j.metabol.2009.10.012
Kurniasih, I., & Sani, B. (2014). Implementasi Kurikulum 2013 Konsep & Penerapan. Surabaya: Kata Pena.
Meriyati. (2015). Memahami Karakteristik Anak Didik. Bandar Lampung: Fakta Press IAIN Raden Intan Lampung.
Setiadi, H. (2016). Pelaksanaan Penilaian Pada Kurikulum 2013. Jurnal Penelitian dan Evaluasi Pendidikan, 20(2), 166–178.
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2023 Jurnal Pendidikan Dasar dan Aktifitas Jasmani
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Jurnal Pendidikan Dasar dan Aktifitas Jasmani is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Based on a work at https://journal.uny.ac.id/index.php/jpdaj