Pengaruh metode pembelajaran dan motivasi belajar terhadap keterampilan dasar bolavoli mini di SDN 09 Lanai Sinuangon

Aes Sania, Universitas Negeri Padang, Indonesia
Arsil Arsil, Universitas Negeri Padang, Indonesia
Argantos Argantos, Universitas Negeri Padang, Indonesia
Muhammad Sazeli Rifki, Universitas Negeri Padang, Indonesia
Fiky Zarya, Universitas Negeri Padang, Indonesia

Abstract


Tujuan penelitian untuk mengungkap pengaruh metode pembelajaran bermain, metode pembelajaran demonstrasi dan motivasi belajar keterampilan dasar bolavoli mini peserta ekstrakurikuler SDN 09 Lanai Sinuangon Kabupaten Pasaman. Jenis penelitian menggunakan metode quasi eksperimen yang menggunakan rancangan treatment by Level 2 x 2, yaitu suatu eksperimen factorial yang menyangkut dua faktor. Populasi adalah seluruh siswa ekstrakurikuler bolavoli di SDN 09. Sampel penelitian ini adalah peserta ekstrakurikuler SDN 09 yang berjumlah 40 orang. Teknik pengambilan sampel yaitu total sampling. Data Motivasi Belajar diukur menggunakan tes Angket Motivasi Belajar, dan untuk mengukur keterampilan dasar bolavoli mini menggunakan tes keterampilan dasar bolavoli mini, kemudian dilanjutkan dengan pengujian persyaratan analisis varians dan analisis varians (ANOVA) 2 x 2. Hasil analisis data menunjukkan bahwa: (a) terdapat pengaruh kelompok metode pembelajaran bermain dan metode pembelajaran demonstrasi terhadap keterampilan dasar bolavoli mini peserta ekstrakurikuler SD Negeri 09 Lanai Sinuangon. (b) Terdapat perbedaan yang signifikan, terhadap metode pembelajaran dan motivasi belajar  kategori tinggi terhadap keterampilan dasar bolavoli mini peserta ekstrakurikuler SD Negeri 09 Lanai Sinuangon. (c) Tidak terdapat interaksi antara metode pembelajaran dan motivasi belajar terhadap keterampilan dasar bolavoli mini peserta ekstrakurikuler SD Negeri 09 Lanai Sinuangon. Kesimpulan  terdapat pengaruh secara keseluruhan pembelajaran bermain, Demonstrasi, dan Motivasi Belajar Terhadap Keterampilan dasar bolavoli mini Peserta ekstrakurikuler SDN 09 Lanai Sinuangon Kabupaten Pasaman.


Keywords


Keterampilan Dasar Bola Voli Mini, Metode Pembelajaran dan Motivasi Belajar

Full Text:

PDF

References


Aini, K. (2021). Improving Passing Skills on Volleyball Using Target Games Approach. Journal Sport Area, 6(1), 28–36. https://doi.org/10.25299/sportarea.2021.vol6(1).5288

Aini, K., Asmawi, M., & Pelana, R. (2020). Games Based Model Of Volleyball Passing Exercise For Junior High School Student. Journal of Physical Education, Sport, Health and Recreations, 9(1), 17–22. https://doi.org/10.15294/active.v9i1.35486

Aprili, I. S., Supriatna, E., & Triansyah, A. (2020). Pengembangan Alat Blok Permainan Bola Voli. Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Khatulistiwa, 9(3), 1–8. https://doi.org/10.26418/jppk.v9i3.39981

Atsani, M. R. (2020). Meningkatkan kemampuan passing bawah bolavoli menggunakan metode bermain. Edu Sportivo: Indonesian Journal of Physical Education, 1(2), 88–96. https://doi.org/10.25299/es:ijope.2020.vol1(2).5592

Destriani, Destriana, Switri, E., & Yusfi, H. (2019). Pengembangan pembelajaran permainan bola voli pada mahasiswa The development of volleyball games learning for students Permenristekdikti no 44 tahun 2015 pasal 3 ayat 1 dan 2 , standar Nasional Pendidikan Tinggi bertujuan untuk menjamin tercapainya tujuan. Jurnal Sportif (Jurnal {Penelitian Pembelajaran, 5(1), 17–28. https://doi.org/10.29407/js_unpgri.v5i1.12605

Destriani, Yusfi, H., Destriana, & Aryanti, S. (2022). Development of “Games 3 on 3” Learning Techniques in Volleyball. Halaman Olahraga Nusantara (Jurnal Ilmu Keolahragaan), 5(1), 124. https://doi.org/10.31851/hon.v5i1.5723

Gunawan, Dlis, F., & Widiastuti. (2019). Effect of Interactive Multimedia Learning To Learn. Journal of Education, Health and Sport, 9(9), 263–270. https://doi.org/10.5281/zenodo.3402038

Hakman, A., Nakonechniy, I., Moseychuk, Y., Liasota, T., Palichuk, Y., & Vaskan, I. (2017). Training methodology and didactic bases of technical movements of 9-11-year-old volleyball players. Journal of Physical Education and Sport, 17(4), 2638–2642. https://doi.org/10.7752/jpes.2017.04302

Hambali, S., & Sutiswo, S. (2020). Under-Passing Learning Using a Playful Approach in Volleyball Game. Atlantis Press, 21(Icsshpe 2019), 119–121. https://doi.org/10.2991/ahsr.k.200214.033

Hnatchuk, Y., Lynets, M., Khimenes, K., & Pityn, M. (2018). Improvement of physical preparedness of qualified volleyball players. Journal of Physical Education and Sport, 18(1), 239–245. https://doi.org/10.7752/jpes.2018.01032

Lisa, Hidasari, F. P., & Haetami, M. (2018). Meningkatkan Hasil Belajar Passing Atas Bola Voli Melalui Permainan Volsal Pada Siswa Kelas V. Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Khatulistiwa, 07(1), 1–11. https://doi.org/10.26418/jppk.v7i1.23299

Nopianto, Agustian, W., Muslimin, & Wellis, W. (2020). Increasing Underhand Service Skills in Volley Ball Game Through Audio Visual Media. Atlantis Press, 464, 856–859. https://doi.org/10.2991/assehr.k.200824.190

Noprian, A., Zulrafli, & Kamarudin. (2020). Pengunaan metode modifikasi dalam meningkatkan kemampuan smash permainan bolavoli. Edu Sportivo: Indonesian Journal of Physical Education, 1(2), 120–127. https://doi.org/10.25299/es:ijope.2020.vol1(2).5144

Pamungkas, W. P. A., Rahayu, T., & Rahayu, S. (2019). The Influence of Learning Approeach and Eye-Hand Coordination on The Learning Outcomes of Mini Volleyball Passing Skill. Journal of Physical Education and Sports, 8(1), 39–43. https://doi.org/10.15294/jpes.v8i1.26584

Putri, S. A. R., Dlis, F., & Samsudin, S. (2020). Variation of Volleyball Basic Technique Through Games Approach. Journal of Physical Education, Sport, Health and Recreation, 9(2), 131–136. https://doi.org/10.15294/active.v9i2.39056

Putri, S. A. R., Fajar, M., Riyoko, E., & Okilanda, A. (2022). Training Model Basic Engineering Passing Ball. Halaman Olahraga Nusantara (Jurnal Ilmu Keolahragaan), 5(1), 266. https://doi.org/10.31851/hon.v5i1.6824

Ripka, W. L., Mascarenhas, L. P., Hreczuck, D., Luz, T., & Afonso, C. A. (2009). Comparative study of the performance of children who practice and children who do not practice mini-volleyball. Fitness & Performance Journal, 8(6), 412–416. https://doi.org/10.3900/fpj.8.6.412.e

Sanjaya, W. (2009). Strategi Pembelajaran Berorientasi Standar Proses Pendidikan. Kencana.

Sujarwo, Suharjana, Rachman, H. A., & Ardha, M. A. Al. (2021). The development of physical education learning models for mini-volleyball to habituate character values among elementary school students. Sport Mont, 19(2), 29–33. https://doi.org/10.26773/smj.210605

Supriyadi, A., & Dupri. (2020). Peningkatan hasil belajar bolavoli dengan menggunakan sistem daring. Edu Sportivo: Indonesian Journal of Physical Education, 1(2), 112–119. https://doi.org/10.25299/es:ijope.2020.vol1(2).5609

Tri, I. D., Sugiyanto, & Furqon, H. M. . (2018). Traditional Games to Form Children ’ s Characters In Dieng Plateau Banjarnegara Central Java Indonesia. Journal of Education, Health and Sport, 8(11), 407–415. https://doi.org/10.5281/zenodo.1613528 http://ojs.ukw.edu.pl/index.phpohs/article/view/6328




DOI: https://doi.org/10.21831/jorpres.v18i2.57303

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2022 Jorpres (Jurnal Olahraga Prestasi)

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

   

Jorpres Stats