PENGARUH POLA PELATIH KOOPERATIF TERHADAP MOTIVASI BERPRESTASI ATLET BOLA BASKET PUTRI SMA 17 AGUSTUS 1945 SURABAYA

Eka Kurnia Darisman, Pendidikan Kepelatihan Olahraga Universitas PGRI Adi Buana Surabaya, Indonesia
Suharti Suharti, , Indonesia

Abstract


In order to achieve the expected training objectives and achievements, trainers should be aware that the increased performance of their athletes is related to the personal development of the athlete himself. Some people disagree that the coaching style has the influence of the athlete's training process. The style of coaching can affect athletes toward achievement.

This study aims to determine whether there is influence of co-operative trainer pattern to the achievement motivation of female basketball athletes in 17 Agustus 1945 Senior High School Surabaya.

In this study using pre-experimental design. The population is the extracurricular participants of basketball in 17 Agustus 1945 Senior High School Surabaya. Using stratified sampling technique with 15 people as sample.

The 15 people are the core team of basketball team in 17 Agustus 1945 Senior High School Surabaya. The measurement test of each variable is by using a closed questionnaire that has been tested for its validity and reliability. While the value of b indicates that the co-operative coach's pattern of achievement motivation will be able to help increase as much as 0.622. And from the results of this study shows that 50.98% female basketball athletes in 17 Agustus 1945 Senior High School Surabaya achievement motivation influenced by the pattern of co-operative coach.

The results of this study indicate that achievement motivation and cooperative pattern are in linear graphics. A strong and significant positive relationship of 0.714. 0.714> 0.433 Ha is accepted, it indicates that there is a relationship between co-operative coach pattern toward achievement motivation.

ABSTRAK

Agar dapat tercapainya tujuan pelatihan dan prestasi yang diharapkan, maka pelatih harus menyadari bahwa meningkatnya prestasi atlet  mereka berhubungan dengan  perkembangan diri pribadi atlet itu sendiri. Beberapa orang kurang sependapat bahwa gaya pembinaan mempunyai pengaruh proses pelatihan atlet. Gaya pembinaan dapat mempengaruhi atlet menuju prestasi.

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah ada pengaruh pola pelatih kooperatif terhadap motivasi berprestasi atlet bola basket putri di SMA 17 Agustus 1945 Surabaya.

Pada penelitian ini menggunakan desain pre-eksperimental. Populasinya adalah peserta ekstrakurikuler bola basket SMA 17 Agustus 1945 Surabaya. Menggunakan teknik stratified sampling  dengan 15 orang sebagai sampelnya. 15 orang tersebut adalah tim inti dari tim basket SMA 17 Agustus 1945 Surabaya. Tes pengukuran masing-masing variabel adalah dengan menggunakan kuesioner tertutup yang telah diuji validitas dan reliabilitasnya.

Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa motivasi berprestasi dan pola kooperatif berada dalam grafis yang linear. Adanya hubungan positif yang kuat dan signifikan sebesar 0,714. 0,714 > 0,433 Ha diterima, hal ini menunjukkan bahwa ada hubungan antara pola pelatih koperatif terhadap motivasi berprestasi. Sementara nilai b menunjukkan bahwa pola pelatih koperatif terhadap motivasi berprestasi akan dapat membantu meningkatkan sebanyak 0,622. Dan dari hasil penelitian ini menunjukkan bahwa 50,98 % atlet bola basket putri SMA 17 Agustus 1945 Surabaya motivasi berprestasinya dipengaruhi oleh pola pelatih kooperatif.


Keywords


Coach; cooperative style; achievement motivation; pola kooperatif; motivasi berprestasi

Full Text:

PDF

References


Arikunto, Suharsimi. (2010). Prosedur penelitian: suatu pendekatan praktik. Jakarta: Rineka Cipta.

_____. (2012). Dasar-dasar evaluasi pendidikan. Jakarta: Bumi Aksara.

Gordon, Dan. (2009). Coaching science. Inggris: Learning Matters Ltd.

Hamalik, Oemar. (2010). Psikologi belajar dan mengajar. Bandung: Sinar Baru Algesindo.

Komarudin. (2013). Psikologi olahraga: latihan mental dalam olahraga kompetitif. Bandung: Rosda.

Martens, Rainer. (2004). Third edition: successful coaching. USA: Human Kinetics.

Sugiyono. (2005). Statistika untuk penelitian. Bandung: Alfabeta.

Sujarweni, V.W. (2015). SPSS untuk penelitian. Yogyakarta: Pustaka Baru Press.

Sukadiyanto. (2011). Pengantar teori dan metodologi melatih fisik. Bandung: Lubuk Agung.




DOI: https://doi.org/10.21831/jorpres.v13i2.25105

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2019 Jorpres (Jurnal Olahraga Prestasi)

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

   

Jorpres Stats