PERBEDAAN PENGARUH METODE LATIHAN DEMONTRASI DENGAN MEDIA AUDIOVISUAL TERHADAP PENGUASAAN KETERAMPILAN DASAR SENAM RITMIK PADA ANAK PEMULA SISWA PUTRI SON 2 BANTUL TAHUN 2009
DOI:
https://doi.org/10.21831/jorpres.v11i1.10258Abstract
Tujuan dari penelitian ini adalah: Untuk mengetahui pengaruh metode perbedaan dengan Latihan Demonstrasi Terhadap Audiovisual Media Keterampilan Dasar Menguasai pada Anak Pemula Senam Ritmik Gadis SD Siswa 2 Bantul di 2009.
Penelitian ini merupakan desain penelitian eksperimental yang digunakan dalam penelitian ini adalah pretest-posttest desain dua kelompok. Populasi dalam penelitian ini adalah semua siswa l1ingga kelas II putri VI SD 2 Bantul Bantul. Dengan teknik purposive sampling, sampel diambil 16 orang 8 orang 8 orang kelompok A dan kelompok B ditentukan setelah diberi pretest dan kemudian ditentukan berdasarkan Peringkat.
Kesimpulan Ada perbedaan pengaruh tingkat penguasaan senam ritmik keterampilan menggunakan teknik dasar dan Audiovisual Demonstrasi di siswa SD Bantul 2. Siswa yang menggunakan metode demonstrasi lebih baik dari siswa yang dilatih menggunakan metode audiovisual.
Kata kunci: media audiovisual, demonstrasi, Senam Ritmik
Downloads
Issue
Section
License
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).