PENGARUH AKTIVITAS BERMAIN DAN PERSEPTUAL MOTORIK TERHADAP KETERAMPILAN MOTORIK SISWA SEKOLAH DASAR KELAS BAWAH
Hari Amirullah Rachman, Universitas Negeri Yogyakarta, Indonesia
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh aktivitas bermain dan perseptual motorik terhadap keterampilan motorik siswa sekolah dasar kelas bawah. Penelitian ini adalah penelitian eksperimen menggunakan rancangan faktorial 2 x 2 dengan menggunakan tes awal dan tes akhir. Data dikumpulkan menggunakan tes dan pengukuran, menggunakan instrument general motor ability test dan tes kemampuan perseptual motorik. Analisis data menggunakan ANAVA dua jalan dan uji Tukey. Hasil penelitian menunjukkan sebagai berikut, (1) aktivitas bermain dengan alat memiliki pengaruh lebih besar dibandingkan aktivitas bermain tanpa alat terhadap keterampilan motorik. (2) Terdapat perbedaan antara model aktivitas bermain dengan alat dan model aktivitas bermain tanpa alat pada kelompok kemampuan perseptual motorik tinggi terhadap keterampilan motorik. (3) Tidak terdapat perbedaan antara model aktivitas bermain dengan alat dan model aktivitas bermain tanpa alat pada kelompok dengan kemampuan perseptual motorik rendah terhadap keterampilan motorik. (4) Terjadi interaksi antara model aktivitas bermain dan kemampuan perseptual motorik terhadap keterampilan motorik.
Kata kunci: aktivitas bermain, kemampuan perseptual motorik, keterampilan motorik.
Full Text:
PDFDOI: https://doi.org/10.21831/jk.v2i2.2612
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c)
Jurnal Keolahragaan is indexed by:
Jurnal Keolahragaan by http://journal.uny.ac.id/index.php/jolahraga/index is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
All rights reserved p-ISSN: 2339-0662 | e-ISSN: 2461-0259