MODIFIKASI MODEL PEMBELAJARAN SPORT EDUCATION BERBASIS KEJUARAAN UNTUK GURU PENJAS SMP
Hari Amirullah Rachman, Universitas Negeri Yogyakarta, Indonesia
Abstract
Kata kunci: modifikasi buku panduan, penjas, sport education model
Full Text:
PDFReferences
Alexander, K. & Penney, D. (2005). Teaching under the influence: feeding games for understanding into the sport education development refinement cycle. Journal of physical education & sport pedagogy, 10, 287-301.
BNSP. (2006). Panduan penyusunan kurikulum tingkat satuan pendidikan jenjang pendidikan dasar dan menengah. Jakarta: BNSP.
Borg, W.R. & Gall, M.D. (1983). Educational research: An introduction, ( ed). New York: Longman.
Byra, M. (2006). Teaching styles and inclusive pedagogies. London: Sage.
Depdiknas. (2004). Dasar standarisasi profesi guru dan konseling. Jakarta: Depdiknas.
Direktorat Pendidikan Lanjutan Pertama. (2004). Pedoman diagnostik potensi peserta didik. Jakarta: Direktorat Pendidikan Lanjutan Pertama, Depdiknas.
Furchan, Arief. (2005). Kurikulum berbasis kompetensi di perguruan tinggi agama Islam. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
Hastie P., Ojeda & Luquin A.C. (2011). A review of research on Sport Education: 2004 to the present. Journal of physical education & sport pedagogy, 16, 103-132.
Ibrahim, Muslimin, dkk. (2000). Pembelajaran kooperatif. Surabaya: UNESA.
Kartadinata, S. (2004). Standar profesi bimbingan dan konseling. Bandung: Semiloka UPI.
Kemendikbud. (2012). Dokumen kurikulum 2013. Jakarta: Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan.
__________ (2013). Kurikulum 2013: Kompetensi dasar Sekolah Menengah Pertama (SMP) dan Madrasah Tsanawiyah (MTs). Jakarta: Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan.
Kinchin G., Macphail, A., & Chroinin, D. (2009). Pupils and teachers perceptions of a culminating festival within a sport education season in Irish primary schools. Journal of physical education & sport pedagogy, 14, 391-406.
Mendiknas. (2003). Kurikulum berbasis kompetensi. Jakarta: Mendiknas.
________. (2006). Peraturan menteri pendidikan nasional nomor 22 tahun 2006. Jakarta: Mendiknas.
Metzler, M. (2000). Instructional models for physical education. Massachussetts: Allyn & Bacon.
Monk. (2002). Psikologi perkembangan: pengantar dalam berbagai bagiannya. Yogyakarta: Gadjah Mada University Press.
Mulyasa, E. (2002). Kurikulum berbasis kompetensi: konsep, karakteristik, dan implementasi. Bandung: Remaja Rosdakarya.
Nuruddin Priya. B.S. (2011). Isu, tantangan dan masa depan pendidikan jasmani dan olahraga. Jurnal Ilmiah SPIRIT, 11, 13-41.
Perlman, D. (2011). The influence of the sport education model on developing autonomous instruction. Journal of physical education & sport pedagogy, 1, 1-13.
Puskur. (2007). Model kurikulum tingkat satuan pendidikan untuk Sekolah Dasar. Jakarta: Puskur Depdiknas.
Rahyubi, Heri. (2012). Teori-teori belajar dan aplikasi pembelajaran motorik: deskripsi dan tinjauan kritis. Bandung: Nusa Media.
Rukmana, Anik. (2008). Pembelajaran pendidikan jasmani di sekolah dasar. Jurnal pendidikan dasar. Bandung: Universitas Pendidikan Indonesia.
Rusman. (2011). Model-model pembelajaran: mengembangkan profesionalisme guru. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada.
Sagala, Syaiful. (2012). Konsep dan makna pembelajaran. Bandung: Alfabeta.
Setiawan, Caly. (2004). Krisis identitas dan legitimasi dalam pendidikan jasmani. Jurnal pendidikan jasmani Indonesia, 1, 1-7.
Siedentop, D. (1994). Sport education: Quality PE through positive sport experiences. Champaign, IL: Human Kinetics.
Siedentop, D., Hastie, P., Van Der Mars, H. (2004). Complete guide for sport education. Champaign, IL: Human Kinetics.
Stran, M. & Curtner-Smith M. (2010): Impact of different types of knowledge on two preservice teachers' ability to learn and deliver the Sport education model. Journal of physical education & sport pedagogy, 15, 243-256.
Sugiyono. (2008). Metode penelitian kuantitatif, kualitatif dan R and D. Jakarta: Alfhabeta.
Sujadi. (2002). Metodologi penelitian pendidikan. Jakarta: Rineka cipta.
Suparlan. (2001). Menjadi guru efektif. Yogyakarta: Hikayat Publishing.
Surya, M. (2004). Psikologi pembelajaran dan pengajaran. Bandung: Pustaka Bani Quraisy.
Utama, Bandi. (2011). Pelatihan penyusunan model sport education sebagai upaya meningkatkan kualitas pembelajaran pendidikan jasmani di sekolah. Diambil pada tanggal 10 September 2013, dari http://staff.uny.ac.id/sites/default/files/pengabdian/am-bandi-utama-mpd/2-artikel-ppm-bandi-utama-2011.pdf
Wallhead, T. & O’Sullivan, M. (2005). Sport education: Physical education for the new millennia. Physical education and sport pedagogy, 10, 181-210.
Yusuf, S. (2004). Psikologi perkembangan anak dan remaja. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.
DOI: https://doi.org/10.21831/jk.v2i1.2607
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c)
Jurnal Keolahragaan is indexed by:
Jurnal Keolahragaan by http://journal.uny.ac.id/index.php/jolahraga/index is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
All rights reserved p-ISSN: 2339-0662 | e-ISSN: 2461-0259