PENGEMBANGAN MODEL PEMBELAJARAN MOTORIK DENGAN MODIFIKASI PERMAINAN TRADISIONAL UNTUK SEKOLAH DASAR KELAS ATAS

Hasbi Hasbi, SD Cakra Mataram Nusa Tenggara Barat, Indonesia
Pamuji Sukoco, Universitas Negeri Yogyakarta, Indonesia

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan model pembelajaran motorik dengan menggunakan modifikasi permainan tradisional untuk anak sekolah dasar kelas atas yang baik, efektif dan menyenangkan yang dapat digunakan oleh guru pendidikan jasmani. Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan (education research and development (R & D)yang mengadaptasi penelitian pengem-bangan menurut Borg & Gall (1983, p.775) yaitu: (1) potensi dan masalah; (2) pengumpulan infor-masi; (3) desain produk (draf model); (4) validasi ahli dan revisi; (5) uji coba lapangan skala kecil dan revisi; (6) uji coba lapangan skala besar dan revisi; (7) pembuatan produk final, revisi uji coba skala kecil pada 27 siswa kelas IV di SD Negeri Catur Tuggal Sleman; (8) uji coba produk skala besar pada 40 siswa kelas IV dan kelas V SD Kanisius Baciro, Sleman; (9) revisi produk dan, (10) deseminasi dan implementasi pengembangan model pembelajaran. Instrumen yaitu: (1) wawancara; (2) skala nilai; (3) observasi guru; (4) observasi keefektifan model, dan (5) kuesioner siswa. Teknik analisis data yaitu analisis deskriptif kualitatif dan kuantitatif. Hasil penelitian ini berupa model pembelajaran motorik dengan modifikasi permainan tradisional berisikan lima permainan yaitu: (a) gobak sodor; (b) bola kasti; (c) jemprak/engklek; (d) lompat kubur, dan (e) kucing-tikus, dan bentuk buku panduan. Hasil menunjukkan bahwa model pembelajaran motorik dengan modifikasi permainan tradisional untuk sekolah dasar kelas atas direspon baik dan efektif. Hal ini dibuktikan dengan persentase pada setiap data kuantitatif di atas 70% pada skala besar. Respon peserta didik menghasilkan respon positif dan dapat digunakan dalam pembelajaran.

Kata Kunci: model pembelajaran motorik, modifikasi bermain, tradisional.


Full Text:

PDF

References


Ardiwinata, A, A. dkk. (2006). Kumpulan permainan rakyat olahraga tradisional. Tangerang: Cerdas Jaya.

Arlina. (2008). Pengertian dan sejarah kebudayaan. (http://www.arlinah@petra.ac.id). Diakses 11 November 2012.

Mutohir, T. C dan Gusril. (2004). Perkembangan motorik pada masa anak-anak. Jakarta: Proyek Pengembangan dan Keserasian Kebijakan Olahraga, Dirjen Olahraga, Depdiknas.

Nugroho, Setyo. (2005). Peran kinestesis dalam pembelajaran motorik. Yogyakarta: FIK UNY.

Rahyubi. (2012). Teori-teori belajar dan aplikasi pembelajaran motorik deskripsi dan tinjauan kritis. Bandung: Nusa Media.

Rusman. (2011). Model-model pembelajaran: mengembangkan profesionalsime guru. Jakarta: Rajawali Pers.

Sudijono, Anas. (2011). Pengantar statistik pendidikan. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada.

Sudjana, N. (2005). Penilaian hasil proses belajar mengajar. Remaja Rosdakarya.

Sugiyono. (2011). Metode Penilaian pendidikan (pendekatan kuantitatif, kualitatif dan R/D). Bandung: Alfabeta.

Sujiono, Bambang. (2007). Metode pengembangan fisik (edisi revisi). Jakarta: Universitas Terbuka.

Sukadiyanto. (2001). Pengantar teori dan metedologi melatih fisik. Yogyakarta: FIK UNY.

Sukadiyanto, & Muluk, Dangsina. (2001). Pengantar teori dan metedologi melatih fisik. Bandung: CV. Lubuk Agung.

Wena, Made. (2009). Strategi pembelajaran inovatif kontemporer. Jakarta: Bumi.




DOI: https://doi.org/10.21831/jk.v2i1.2602

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c)




Jurnal Keolahragaan is indexed by:

             


Creative Commons License
Jurnal Keolahragaan by http://journal.uny.ac.id/index.php/jolahraga/index is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

All rights reserved p-ISSN: 2339-0662 | e-ISSN: 2461-0259

View My Stats