Pengembangan latihan teknik dasar judo melalui model permainan untuk pejudo pemula usia 8-12 tahun

Africo Ramadhani, Program Studi Ilmu Keolahragaan, Program Pascasarjana, Universitas Negeri Yogyakarta, Indonesia
Sugeng Purwanto, Program Studi Ilmu Keolahragaan, Program Pascasarjana, Universitas Negeri Yogyakarta, Indonesia

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan model permainan teknik dasar untuk pejudo pemula usia 8-12 tahun, penelitian ini dilakukan dengan mengadaptasi langkah-langkah penelitian pengembangan Borg dan Gall (1983, p. 775), yang diadaptasi menjadi 8 langkah pelaksanaan penelitian, langkah-langkah tersebut antara lain: (1) pengumpulan informasi lapangan (2) analisis informasi yang telah dikumpulkan (3) mengembangkan produk awal, (4) Validasi ahli dan revisi  (5) Uji coba lapangan skala kecil dan revisi  (6) uji coba lapangan skala besar dan revisi (7) pembuatan produk final (8) uji evektivitas produk. Ujicoba skala kecil dilakukan dilakukan terhadap 20 orang pejudo pemula club judo kota Yogyakarta. Ujicoba skala besar dilakukan terhadap 20 0rang pejudo pemula club judo Sleman dan 20 orang pejudo pemula club judo Bantul. Instrumen yang digunakan untuk mengumpulkan data adalah petunjuk umum wawancara, catatan lapangan, lembar evaluasi, angket skala nilai validasi, rubrik penilaian siswa, pedoman observasi permainan, pedoman observasi keefektifan dan rubrik penilaian uji efektifitas permainan. Hasil penelitian berupa model permainan teknik dasar judo untuk pejudo pemula usia 8-12 tahun terdiri dari 6 model permainan, Model permainan disusun dalam bentuk buku pedoman dan DVD dengan dengan judul Model Permainan Teknik Dasar Judo.

Kata Kunci: model, permainan, teknik dasar judo, pejudo pemula

 

Daveloping Judo Basic Techniques Training through Gaming Model for Beginner Judoka Age 8-12 Years

 

Abstract

This study aims to produce a model of the basic techniques game for beginner judoka in the age range of 8-12 years. This research was carried out by adapting the steps of research development proposed by Borg and Gall (1983), which was adapted into 8 step of implementation of research, including: (1) the collection of information (2) analysis of the information gathered (3) daveloping the initial product, (4) experts validation and revision (5) small-scale field trials and revision (6) large-scale field trials and revisions (7) the manufacture of final products (8) testing the effectiveness of the product. Small-scale trial was conducted to 20 beginner judoka in the judo club of Yogyakarta Municipality. A large-scale trial conducted to 20 novice judoka in Sleman judo club and 20 novice judoka in Bantul judo club. The instrument used to collect the data are general instructions interviews, field notes, evaluation sheet, questionnaire on validation score scale, student assessment rubric, observation guidelines of the game, observation guidelines of the effectiveness and scoring rubric the game’s effectiveness test beginner. The results of the research is a model of the basic techniques of judo game for ages 8-12 years judoka, consisting of 6 models of the game. The game model is arranged in the form of manuals and DVDs entitled Model Permainan Teknik Dasar Judo.

Keywords: models, games, basic techniques of judo, judoka beginners


Keywords


model; permainan; teknik dasar judo; pejudo pemula

Full Text:

FULLTEXT PDF

References


Achmad, A. K. A. (2014). Olahraga judo (Revisi). Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Azwar, S. (2003). Penyusunan skala psikologi. Yogyakarta : Pustaka Pelajar . http://doi.org/2003

Bell, S. J., & Eisingerich, A. B. (2007). The paradox of customer education: Customer expertise and loyalty in the financial services industry. European Journal of Marketing, 41(5/6), 466–486. http://doi.org/10.1108/03090560710737561

Borg, W. R., & Gall, M. D. (1983). Educational research: An introduction. New York: Longman.

Hergenhahn, B. R., Olson, M. H., & Wibowo, T. (2010). Theories of learning (Teori belajar). Jakarta: Kencana Prenada Media Group.

Irianto, D. P. (2004). Pedoman praktis berolahraga untuk kebugaran dan kesehatan. Yogyakarta: Andi Offset.

Ismail, A. (2006). Education games. Yogyakarta: Pilar Media.

Kano, J.(1989). The founder of judo.Tokyo: Kodanhnsha internasional

Nisak, R. (2011). Seabrek games asyik-edukatif untuk mengajar PAUD/TK. Yogyakarta: Diva Press.

Rahyubi, H. (2012). Teori-teori belajar dan aplikasi pembelajaran motorik : Deskripsi dan tinjauan kritis. Bandung: Nusa Media.

Scheunemann, T. (2008). Dasar sepak bola modern untuk pemain dan pelatih. Malang: Dioma Publishing.

Sugiyono. (2010). Metode penelitian pendidikan: Pendekatan kuantitatif, kualitatif, dan R & D. Bandung: Alfabeta.

Tedjasaputra, M. S. (2001). Bermain, mainan dan permainan. Jakarta: Gramedia Widiasarana Indonesia.




DOI: https://doi.org/10.21831/jk.v5i1.12755

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2017 Jurnal Keolahragaan

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.


Jurnal Keolahragaan is indexed by:

             


Creative Commons License
Jurnal Keolahragaan by http://journal.uny.ac.id/index.php/jolahraga/index is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

All rights reserved p-ISSN: 2339-0662 | e-ISSN: 2461-0259

View My Stats