PENGARUH PERSEPSI SISWA TENTANG METODE MENGAJAR GURU DAN KEMANDIRIAN BELAJAR TERHADAP PRESTASI BELAJAR AKUNTANSI SISWA KELAS X PROGRAM KEAHLIAN AKUNTANSI SMK BATIK PERBAIK PURWOREJO TAHUN AJARAN 2011/2012

Dyahnita Adiningsih,

Abstract


PENGARUH PERSEPSI SISWA TENTANG METODE MENGAJAR GURU DAN
KEMANDIRIAN BELAJAR TERHADAP PRESTASI BELAJAR AKUNTANSI
SISWA KELAS X PROGRAM KEAHLIAN AKUNTANSI
SMK BATIK PERBAIK PURWOREJO TAHUN AJARAN 2011/2012
Oleh:
Dyahnita Adiningsih
08403244025
ABSTRAK
Penelitian ini bertujuan untuk: 1) mengetahui Pengaruh Persepsi Siswa tentang
Metode Mengajar Guru terhadap Prestasi Belajar Akuntansi siswa kelas X Program
Keahlian Akuntansi SMK Batik Perbaik Purworejo Tahun Ajaran 2011/2012. 2)
mengetahui Pengaruh Kemandirian Belajar terhadap Prestasi Belajar Akuntansi siswa
kelas X Program Keahlian Akuntansi SMK Batik Perbaik Purworejo Tahun Ajaran
2011/2012. 3) mengetahui Pengaruh Persepsi Siswa tentang Metode Mengajar Guru dan
Kemandirian Belajar terhadap Prestasi Belajar Akuntansi siswa kelas X Program
Keahlian Akuntansi SMK Batik Perbaik Purworejo Tahun Ajaran 2011/2012.
Populasi dari penelitian ini adalah siswa kelas X Program Keahlian Akuntansi
SMK Batik Perbaik Purworejo Tahun Ajaran 2011/2012 sejumlah 89 siswa. Teknik
pengumpulan data menggunakan metode dokumentasi dan angket/kuisioner. Metode
dokumentasi untuk mengungkap data Prestasi Belajar Akuntansi, metode angket
digunakan untuk mengungkap variabel Persepsi Siswa tentang Metode Mengajar Guru
dan Kemandirian Belajar. Uji coba instrumen dilaksankan di SMK Kristen Penabur
Purworejo dengan N= 30. Uji validitas instrumen menggunakan korelasi Product
Moment, dan uji reliabilitas mengunakan rumus Alpha Cronbach’s. Uji prasyarat analisis
terdiri dari uji liniearitas dan uji multikoliniearitas. Uji hipotesis terdiri dari regresi
sederhana, regresi ganda, sumbangan relatif dan sumbangan efektif.
Hasil penelitian: 1) terdapat pengaruh positif dan signifikan Persepsi Siswa tentang
Metode Mengajar Guru terhadap Prestasi Belajar Akuntansi siswa kelas X Program
Keahlian Akuntansi SMK Batik Perbaik Purworejo Tahun Ajaran 2011/2012, dengan rx1y
= 0,639; r2
x1y = 0,409; dan thitung sebesar 7,754 lebih besar dari ttabel sebesar 1,990. 2)
Terdapat pengaruh positif dan signifikan Kemandirian Belajar terhadap Prestasi Belajar
Akuntansi siswa siswa kelas X Program Keahlian Akuntansi SMK Batik Perbaik
Purworejo Tahun Ajaran 2011/2012, dengan rx2y = 0,645; r2
x2y = 0,416; dan thitung sebesar
7,874 lebih besar dari ttabel sebesar 1,990. 3) terdapat pengaruh positif dan signifikan
Persepsi Siswa tentang Metode Mengajar Guru dan Kemandirian Belajar secara bersamasama
terhadap Prestasi Belajar Akuntansi siswa kelas X Program Keahlian Akuntansi
SMK Batik Perbaik Purworejo Tahun Ajaran 2011/2012, dengan Ry(1,2) = 0,693; R2
y(1,2) =
0,480; dan Fhitung sebesar 39.672 lebih besar dari Ftabel sebesar 2,72. Penelitian ini
menunjukkan sumbangan relatif variabel Persepsi Siswa tentang Metode Mengajar Guru
sebesar 48,07% dan variabel Kemandirian Belajar sebesar 51,93%. Sumbangan efektif
varibel Persepsi Siswa tentang Metode Mengajar Guru sebesar 23,07% dan variabel
Kemandirian Belajar sebesar 24,93%.
Kata kunci: persepsi siswa tentang metode mengajar guru, kemandirian belajar, prestasi
belajar.

Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.