PENGARUH LINGKUNGAN KELUARGA, PRESTASI BELAJAR, DAN PERSEPSI MAHASISWA TENTANG UNDANG-UNDANG GURU DAN DOSEN TERHADAP MINAT MENJADI GURU PADA MAHASISWA PROGRAM STUDI PENDIDIKAN AKUNTANSI ANGKATAN 2008 DAN 2009 FAKULTAS EKONOMI UNIVERSITAS NEGERI YOGYAKARTA
Abstract
PENGARUH LINGKUNGAN KELUARGA, PRESTASI BELAJAR, DAN
PERSEPSI MAHASISWA TENTANG UNDANG-UNDANG GURU DAN DOSEN
TERHADAP MINAT MENJADI GURU PADA MAHASISWA
PROGRAM STUDI PENDIDIKAN AKUNTANSI ANGKATAN 2008 DAN 2009
FAKULTAS EKONOMI UNIVERSITAS NEGERI YOGYAKARTA
Oleh:
Ery Setyani Putri
08403241002
ABSTRAK
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: (1) Pengaruh Lingkungan Keluarga
terhadap Minat Menjadi Guru pada Mahasiswa Program Studi Pendidikan Akuntansi
Angkatan 2008 dan 2009 FE UNY; (2) Pengaruh Prestasi Belajar terhadap Minat
Menjadi Guru pada Mahasiswa Program Studi Pendidikan Akuntansi Angkatan 2008
dan 2009 FE UNY; (3) Pengaruh Persepsi Mahasiswa tentang Undang-undang Guru
dan Dosen terhadap Minat Menjadi Guru pada Mahasiswa Program Studi Pendidikan
Akuntansi Angkatan 2008 dan 2009 FE UNY; (4) Pengaruh Lingkungan Keluarga,
Prestasi Belajar, dan Persepsi Mahasiswa tentang Undang-undang Guru dan Dosen
secara bersama-sama terhadap Minat Menjadi Guru pada Mahasiswa Program Studi
Pendidikan Akuntansi Angkatan 2008 dan 2009 FE UNY.
Penelitian kausal komparatif ini menggunakan subjek penelitian mahasiswa
Pendidikan Akuntansi Angkatan 2008 dan 2009 FE UNY berjumlah 208 mahasiswa
dan diambil sampel sejumlah 137 mahasiswa. Uji coba instrumen dilaksanakan pada
30 responden. Pengumpulan data Lingkungan Keluarga, Persepsi Mahasiswa tentang
Undang-undang Guru dan Dosen, dan Minat Menjadi Guru dengan teknik angket,
sedangkan data Prestasi Belajar diperoleh dari teknik dokumentasi. Teknik analisis
data yang digunakan yaitu teknis analisis regresi sederhana dan teknik analisis
regresi ganda. Sebelum analisis data terlebih dahulu diadakan pengujian persyaratan
analisis meliputi uji normalitas, linieritas dan multikolinieritas.
Berdasarkan hasil penelitian diperoleh kesimpulan: (1) terdapat pengaruh positif
dan signifikan Lingkungan Keluarga terhadap Minat Menjadi Guru pada Mahasiswa
Program Studi Pendidikan Akuntansi angkatan 2008 dan 2009 FE UNY dengan nilai
rx1y (0,658), r2
x1y (0,433) dan thitung (10,158) > ttabel (1,658) pada taraf signifikansi 5%;
(2) terdapat pengaruh positif dan signifikan Prestasi Belajar terhadap Minat Menjadi
Guru pada Mahasiswa Program Studi Pendidikan Akuntansi angkatan 2008 dan 2009
FE UNY dengan nilai rx2y (0,881) , nilai r2
x2y (0,775) dan thitung (21,588) > ttabel
(1,658) pada taraf signifikansi 5%; (3) terdapat pengaruh positif dan signifikan
Persepsi Mahasiswa tentang Undang-undang Guru dan Dosen terhadap Minat
Menjadi Guru pada Mahasiswa Program Studi Pendidikan Akuntansi angkatan 2008
dan 2009 FE UNY dengan nilai rx3y (0,629), nilai r2
x3y (0,395) dan thitung (9,391) >
ttabel (1,658) pada taraf signifikansi 5%; (4) terdapat pengaruh positif dan signifikan
Lingkungan Keluarga, Prestasi Belajar, dan Persepsi Mahasiswa tentang Undangundang
Guru dan Dosen secara bersama-sama terhadap Minat Menjadi Guru pada
Mahasiswa Program Studi Pendidikan Akuntansi angkatan 2008 dan 2009 FE UNY
dengan nilai R(1,2,3) (0,919), R2
(1,2,3) (0,844) dan Fhitung (240,178) > Ftabel (2,68).
PERSEPSI MAHASISWA TENTANG UNDANG-UNDANG GURU DAN DOSEN
TERHADAP MINAT MENJADI GURU PADA MAHASISWA
PROGRAM STUDI PENDIDIKAN AKUNTANSI ANGKATAN 2008 DAN 2009
FAKULTAS EKONOMI UNIVERSITAS NEGERI YOGYAKARTA
Oleh:
Ery Setyani Putri
08403241002
ABSTRAK
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: (1) Pengaruh Lingkungan Keluarga
terhadap Minat Menjadi Guru pada Mahasiswa Program Studi Pendidikan Akuntansi
Angkatan 2008 dan 2009 FE UNY; (2) Pengaruh Prestasi Belajar terhadap Minat
Menjadi Guru pada Mahasiswa Program Studi Pendidikan Akuntansi Angkatan 2008
dan 2009 FE UNY; (3) Pengaruh Persepsi Mahasiswa tentang Undang-undang Guru
dan Dosen terhadap Minat Menjadi Guru pada Mahasiswa Program Studi Pendidikan
Akuntansi Angkatan 2008 dan 2009 FE UNY; (4) Pengaruh Lingkungan Keluarga,
Prestasi Belajar, dan Persepsi Mahasiswa tentang Undang-undang Guru dan Dosen
secara bersama-sama terhadap Minat Menjadi Guru pada Mahasiswa Program Studi
Pendidikan Akuntansi Angkatan 2008 dan 2009 FE UNY.
Penelitian kausal komparatif ini menggunakan subjek penelitian mahasiswa
Pendidikan Akuntansi Angkatan 2008 dan 2009 FE UNY berjumlah 208 mahasiswa
dan diambil sampel sejumlah 137 mahasiswa. Uji coba instrumen dilaksanakan pada
30 responden. Pengumpulan data Lingkungan Keluarga, Persepsi Mahasiswa tentang
Undang-undang Guru dan Dosen, dan Minat Menjadi Guru dengan teknik angket,
sedangkan data Prestasi Belajar diperoleh dari teknik dokumentasi. Teknik analisis
data yang digunakan yaitu teknis analisis regresi sederhana dan teknik analisis
regresi ganda. Sebelum analisis data terlebih dahulu diadakan pengujian persyaratan
analisis meliputi uji normalitas, linieritas dan multikolinieritas.
Berdasarkan hasil penelitian diperoleh kesimpulan: (1) terdapat pengaruh positif
dan signifikan Lingkungan Keluarga terhadap Minat Menjadi Guru pada Mahasiswa
Program Studi Pendidikan Akuntansi angkatan 2008 dan 2009 FE UNY dengan nilai
rx1y (0,658), r2
x1y (0,433) dan thitung (10,158) > ttabel (1,658) pada taraf signifikansi 5%;
(2) terdapat pengaruh positif dan signifikan Prestasi Belajar terhadap Minat Menjadi
Guru pada Mahasiswa Program Studi Pendidikan Akuntansi angkatan 2008 dan 2009
FE UNY dengan nilai rx2y (0,881) , nilai r2
x2y (0,775) dan thitung (21,588) > ttabel
(1,658) pada taraf signifikansi 5%; (3) terdapat pengaruh positif dan signifikan
Persepsi Mahasiswa tentang Undang-undang Guru dan Dosen terhadap Minat
Menjadi Guru pada Mahasiswa Program Studi Pendidikan Akuntansi angkatan 2008
dan 2009 FE UNY dengan nilai rx3y (0,629), nilai r2
x3y (0,395) dan thitung (9,391) >
ttabel (1,658) pada taraf signifikansi 5%; (4) terdapat pengaruh positif dan signifikan
Lingkungan Keluarga, Prestasi Belajar, dan Persepsi Mahasiswa tentang Undangundang
Guru dan Dosen secara bersama-sama terhadap Minat Menjadi Guru pada
Mahasiswa Program Studi Pendidikan Akuntansi angkatan 2008 dan 2009 FE UNY
dengan nilai R(1,2,3) (0,919), R2
(1,2,3) (0,844) dan Fhitung (240,178) > Ftabel (2,68).
Full Text:
PDFRefbacks
- There are currently no refbacks.