PENGARUH PERHATIAN ORANG TUA DAN MOTIVASI BELAJAR TERHADAP PRESTASI BELAJAR AKUNTANSI SISWA KELAS X PROGRAM KEAHLIAN AKUNTANSISMK YPKK 2 SLEMAN TAHUN AJARAN 2011/2012
Abstract
PENGARUH PERHATIAN ORANG TUA DAN MOTIVASI BELAJAR TERHADAP PRESTASI BELAJAR AKUNTANSI SISWA KELAS X PROGRAM KEAHLIAN AKUNTANSISMK YPKK 2 SLEMAN
TAHUN AJARAN 2011/2012
Oleh:
Deshi Veronika Revani
07403244010
ABSTRAK
Penelitian ini bertujuan untuk: (1) mengetahui pengaruh Perhatian Orang Tua terhadap Prestasi Belajar Akuntansi Siswa Kelas X Program Keahlian Akuntansi SMK YPKK 2 Sleman Tahun Ajaran 2011/2012 , (2) mengetahui pengaruh Motivasi Belajar terhadap Prestasi Belajar Akuntansi Siswa Kelas X Program Keahlian Akuntansi SMK YPKK 2 Sleman Tahun Ajaran 2011/2012, dan (3) mengetahui pengaruh Perhatian Orang Tua dan Motivasi Belajar secara bersama-sama terhadap Prestasi Belajar Akuntansi Siswa Kelas X Program Keahlian Akuntansi SMK YPKK 2 Sleman Tahun Ajaran 2011/2012.
Populasi penelitian ini adalah siswa kelas X Program Keahlian Akuntansi SMK YPKK 2 Sleman Tahun Ajaran 2011/2012 yang berjumlah 174 siswa. Dalam penelitian ini responden berjumlah 114 siswa sehingga penelitian ini merupakan penelitian sampel. Data dikumpulkan dengan metode dokumentasi dan metode angket. Sebelum melakukan analisis data diadakan pengujian prasyarat analisis terlebih dahulu yang meliputi uji normalitas, uji linieritas dan uji multikolinieritas. Metode analisis data yang digunakan adalah analisis regresi sederhana dan regresi ganda.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) terdapat pengaruh positif dan signifikan Perhatian Orang Tua terhadap Prestasi Belajar Akuntansi, dibuktikan = 0,214 dan r2x1y= 0,046, thitung = 2,230 dan ttabel sebesar 2,00 (2) terdapat pengaruh positif dan signifikan Motivasi Belajar terhadap Prestasi Belajar Akuntansi, dibuktikan = 0,211 dan r2x2y= 0,045, thitung= 2,290 dan ttabel sebesar 2,00 (3) terdapat pengaruh positif dan signifikan Perhatian Orang Tua dan Motivasi Belajar secara bersama-sama terhadap Prestasi Belajar Akuntansi, dibuktikan R(1,2)y = 0,275, R2(1,2)y= 0,075, Fhitung = 4,529 > Ftabel sebesar 3,09. Penelitian ini menunjukkan besarnya sumbangan efektif secara bersama-sama sebesar 7,50% di mana sumbangan efektif Perhatian Orang Tua sebesar 3,79% dan Motivasi Belajar sebesar 3,71%.
TAHUN AJARAN 2011/2012
Oleh:
Deshi Veronika Revani
07403244010
ABSTRAK
Penelitian ini bertujuan untuk: (1) mengetahui pengaruh Perhatian Orang Tua terhadap Prestasi Belajar Akuntansi Siswa Kelas X Program Keahlian Akuntansi SMK YPKK 2 Sleman Tahun Ajaran 2011/2012 , (2) mengetahui pengaruh Motivasi Belajar terhadap Prestasi Belajar Akuntansi Siswa Kelas X Program Keahlian Akuntansi SMK YPKK 2 Sleman Tahun Ajaran 2011/2012, dan (3) mengetahui pengaruh Perhatian Orang Tua dan Motivasi Belajar secara bersama-sama terhadap Prestasi Belajar Akuntansi Siswa Kelas X Program Keahlian Akuntansi SMK YPKK 2 Sleman Tahun Ajaran 2011/2012.
Populasi penelitian ini adalah siswa kelas X Program Keahlian Akuntansi SMK YPKK 2 Sleman Tahun Ajaran 2011/2012 yang berjumlah 174 siswa. Dalam penelitian ini responden berjumlah 114 siswa sehingga penelitian ini merupakan penelitian sampel. Data dikumpulkan dengan metode dokumentasi dan metode angket. Sebelum melakukan analisis data diadakan pengujian prasyarat analisis terlebih dahulu yang meliputi uji normalitas, uji linieritas dan uji multikolinieritas. Metode analisis data yang digunakan adalah analisis regresi sederhana dan regresi ganda.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) terdapat pengaruh positif dan signifikan Perhatian Orang Tua terhadap Prestasi Belajar Akuntansi, dibuktikan = 0,214 dan r2x1y= 0,046, thitung = 2,230 dan ttabel sebesar 2,00 (2) terdapat pengaruh positif dan signifikan Motivasi Belajar terhadap Prestasi Belajar Akuntansi, dibuktikan = 0,211 dan r2x2y= 0,045, thitung= 2,290 dan ttabel sebesar 2,00 (3) terdapat pengaruh positif dan signifikan Perhatian Orang Tua dan Motivasi Belajar secara bersama-sama terhadap Prestasi Belajar Akuntansi, dibuktikan R(1,2)y = 0,275, R2(1,2)y= 0,075, Fhitung = 4,529 > Ftabel sebesar 3,09. Penelitian ini menunjukkan besarnya sumbangan efektif secara bersama-sama sebesar 7,50% di mana sumbangan efektif Perhatian Orang Tua sebesar 3,79% dan Motivasi Belajar sebesar 3,71%.
Full Text:
PDFRefbacks
- There are currently no refbacks.