PENGARUH MOTIVASI BELAJAR DAN PERSEPSI SISWA TENTANG PROFESIONALISME GURU AKUNTANSI TERHADAP PRESTASI BELAJAR AKUNTANSI SI
Abstract
Penelitian ini dilakukan dengan tujuan untuk mengetahui: (1) Pengaruh Motivasi Belajar terhadap Prestasi Belajar Akuntansi Siswa Kelas XI IPS SMA Negeri 1 Sewon Tahun Ajaran 2010/2011, (2) Pengaruh Persepsi Siswa tentang Profesionalisme Guru Akuntansi terhadap Prestasi Belajar Akuntansi Siswa Kelas XI IPS SMA Negeri 1 Sewon Tahun Ajaran 2010/2011 (3) Pengaruh Motivasi Belajar dan Persepsi Siswa tentang Profesionalisme Guru Akuntansi secara bersama-sama terhadap Prestasi Belajar Akuntansi Siswa Kelas XI IPS SMA Negeri 1 Sewon Tahun Ajaran 2010/2011.
Penelitian ini merupakan penelitian expost facto. Subjek penelitian ini adalah seluruh siswa kelas XI IPS SMA Negeri 1 Sewon tahun ajaran 2010/2011 yang berjumlah 119 siswa. Teknik pengumpulan data menggunakan kuesioner dan dokumentasi. Kuesioner digunakan untuk mengumpulkan data mengenai Motivasi Belajar (X1) dan Persepsi Siswa tentang Profesionalisme Guru Akuntansi (X2). Dokumentasi digunakan untuk mengumpulkan data mengenai Prestasi Belajar Akuntansi (Y). Uji coba instrumen dilakukan terhadap 30 siswa kelas XI IPS SMA Negeri 1 Srandakan. Uji validitas instrumen menggunakan rumus korelasi product moment dan uji reliabilitas instrumen menggunakan rumus Alpha. Uji prasyarat analisis dilakukan sebelum dilakukannya uji hipotesis penelitian. Uji prasyarat analisis meliputi uji linearitas dan uji multikolinearitas. Uji hipotesis pertama dan ke dua menggunakan analisis regresi sederhana, sedangkan uji hipotesis ketiga menggunakan analisis regresi ganda.
Hasil penelitian menunjukkan: (1) terdapat pengaruh positif dan signifikan Motivasi Belajar terhadap Prestasi Belajar Akuntansi Siswa Kelas XI IPS SMA Negeri 1 Sewon Tahun Ajaran 2010/2011, ditunjukkan dengan rx1y sebesar 0,310, r2 x1y sebesar 0,096, dan thitung > ttabel pada taraf signifikansi 5% yaitu 3,531 > 1,984. (2) terdapat pengaruh positif dan signifikan Persepsi Siswa tentang Profesionalisme Guru Akuntansi terhadap Prestasi Belajar Akuntansi Siswa Kelas XI IPS SMA Negeri 1 Sewon Tahun Ajaran 2010/2011, ditunjukkan dengan rx2y sebesar 0,446, r2 x2y sebesar 0,199, dan thitung > ttabel pada taraf signifikansi 5% yaitu 5,390 > 1,984 (3) terdapat pengaruh positif dan signifikan Motivasi Belajar dan Persepsi Siswa tentang Profesionalisme Guru Akuntansi secara bersama-sama terhadap Prestasi Belajar Akuntansi Siswa Kelas XI IPS SMA Negeri 1 Sewon Tahun Ajaran 2010/2011, ditunjukkan dengan Ry(1,2) sebesar 0,474, R2 y(1,2) sebesar 0,225, dan Fhitung > Ftabel pada taraf signifikansi 5% yaitu 16,823 > 3,0748 dengan N = 119. Motivasi Belajar (X1) memberikan Sumbangan Relatif (SR) sebesar 54,61% dan Sumbangan Efektif (SE) sebesar 13,49%, sedangkan Persepsi Siswa tentang Profesionalisme Guru Akuntansi (X2) memberikan Sumbangan Relatif (SR) sebesar 45,39% dan Sumbangan Efektif (SE) sebesar 11,21%.
Full Text:
UntitledRefbacks
- There are currently no refbacks.