PENGARUH PERSEPSI SISWA TENTANG PROFESIONALISME GURU DAN PENGGUNAAN MEDIA PEMBELAJARAN TERHADAP PRESTASI BELAJAR AKUNTANSI KEUANGAN SISWA KELAS XI PROGRAM KEAHLIAN AKUNTANSI SMK NEGERI 1 DEPOK TAHUN AJARAN 2011/2012

Mufida Ratnasari, Alumni Prodi Pendidikan Akuntansi Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Yogyakarta, Indonesia
Ani Widayati, Staf Pengajar Jurusan P. Akuntansi Fakultas Ekononi Universitas Negeri Yogyakarta, Indonesia

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: (1) Pengaruh Persepsi Siswa tentang Profesionalisme Guru terhadap Prestasi Belajar Akuntansi Keuangan Siswa Kelas XI Program Keahlian Akuntansi SMK Negeri 1 Depok Tahun Ajaran 2011/2012; (2) Pengaruh Persepsi Siswa tentang Penggunaan Media Pembelajaran terhadap Prestasi Belajar Akuntansi Keuangan Siswa Kelas XI Program Keahlian Akuntansi SMK Negeri 1 Depok Tahun Ajaran 2011/2012, (3) Pengaruh Persepsi Siswa tentang Profesionalisme Guru dan Penggunaan Media Pembelajaran secara bersama-sama terhadap Prestasi Belajar Akuntansi Keuangan Siswa Kelas XI Program Keahlian Akuntansi SMK Negeri 1 Depok Tahun Ajaran 2011/2012.Penelitian ini adalah penelitian ex post facto. Populasi dalam penelitian ini yaitu seluruh siswa siswa kelas XI Program Keahlian Akuntansi SMK Negeri 1 Depok Tahun Ajaran 2011/2012 yang berjumlah 94 orang. Data dikumpulkan dengan metode dokumentasi dan metode angket. Uji validitas instrumen dengan rumus Product Moment dari Pearson dan uji reliabilitas instrumen dengan rumus Cronbach Alpha, yang dilakukan pada 30 siswa SMK Negeri 1 Tempel. Sebelum data penelitian dianalisis, dilakukan uji prasyarat analisis meliputi uji linieritas dan uji multikolinieritas. Teknik analisis data yang digunakan meliputi uji hipotesis pertama dan kedua dengan analisis regresi sederhana dan uji hipotesis ketiga dengan analisis regresi ganda.Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) terdapat pengaruh positif dan signifikan Persepsi Siswa tentang Profesionalisme Guru terhadap Prestasi Belajar Akuntansi Keuangan dibuktikan rx1y= 0,501 dan r2x1y= 0,251, thitung= 5,545 dan ttabel= 1,980; (2) terdapat pengaruh positif dan signifikan Persepsi Siswa tentang Penggunaan Media Pembelajaran terhadap Prestasi Belajar Akuntansi Keuangan ditunjukkan dengan rx2y= 0,333 dan r2x2y= 0,111, thitung= 3,384 dan ttabel= 1,980 (3) terdapat pengaruh positif dan signifikan Persepsi Siswa tentang Profesionalisme Guru dan Penggunaan Media Pembelajaran secara bersama-sama terhadap Prestasi Belajar Akuntansi Keuangan ditunjukkan dengan Ry(1,2) = 0,508, R2y(1,2) = 0,258 dan Fhitung 15,831 > Ftabel 3,090. Penelitian ini menunjukkan besarnya sumbangan efektif secara bersama-sama sebesar 25,80% dan masih ada 74,20% yang dipengaruhi variabel-variabel lain yang tidak dibahas dalam penelitian ini. Dengan demikian, keseluruhan hasil analisis ini mendukung hipotesis yang diajukan.

Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.