HAMBATAN GURU DALAM MELAKSANAKAN KURIKULUM EKONOMI SMU 1994

Suyanto Suyanto, Universitas Negeri Yogyakarta, Indonesia

Abstract


Abstrak

Kurikulum 1994 untuk mata pelajaran Ekonomi di Sekolah Menengah Umum (SMU) telah dilaksanakan secara menyeluruh sejak tahun 1996. Dalam pelaksanaan tersebut, guru memegang peran yang sangat penting . oleh karena itu hambatan yang mungkin dihadapi oleh guru ekonomi dalam melaksanakan Kurikulum 1994 akan sangat merugikan bagi pencapaina hasil dari proses belajar mengajar mata pelajaran Ekonomi di SMU. Penelitian ini bertujuanuntuk melakukan eksplorasi terhadap berbagai hambatan (kesulitan) yang dihadapi oleh guru Ekonomi SMU dalam melaksanakan Kurikulum 1994.

Penelitian ini dilaksanakan pada akhir tahun 1996 dengan menggunakan desain survey. Populasi penelitian ini meliputi seluruh guru Ekonomi SMU di Propinsi Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY). Besarnya sampel ditentukan berdasarkan table Krejcie dan Morgan. Berdasarkan table tersebut bersarnya sampel dalam penelitian ini adalah 168 orang guru Ekonomi SMU. Pemilihan sampel tersebut dilakukan dengan menggunakan teknik purposive snowball melalui key informan yang berasal dari pengurus Musyawarah Guru Mata Pelajaran (MGMP) Ekonomi di kabupaten-kabupaten : Sleman, Gunung Kidul. Kulon Progo, Bantul, dan Kota Madya Yogyakarta. Pengumpulan data dalam penelitian ini dilakukan dengn menggunakan self-administered questinnaire yang dikonstruksikan secara terbuka dan tetutup. Analisi data dilakukan dengan menggunakan teknik statistic univariate dan bivariate.

Hasil analisis data menunjukan bahwa: (1) sebagian besar guru Ekonomi SMU (81,20%) menganggap bahwa Kurikulum Ekonomi 1994 memiliki muatan materi ajar yang terlalu sarat (2) sebagian besar guru (88,20%) mengalami kesulitan dalam mengajarkan Kurikulum Ekonomi 1994, yang disebabkan oleh: belum tersedianya buku pegangan bagi guru, belum tersedianya buku Pelajaran Ekonomi yang sesuai dengan GBPP, adanya materi baru yang harus diajarkan, dan tidak terincinya GBPP; (3) dalam memecahkan masalah yang dihadapi, guru meminta bantuan kepada teman sesame guru, dosen dari perguruan tinggi, dan ahli ekonomi yang ada dalam masyarakat.


Full Text:

PDF


DOI: https://doi.org/10.21831/jk.v28i1.7252

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c)



p-ISSN: 2580-5525 || e-ISSN: 2580-5533

Indexed by:

          


Flag Counter

View My StatsCreative Commons License

Jurnal Kependidikan by http://journal.uny.ac.id/index.php/jk is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

View Journal Stats