KAJIAN MAJAS DALAM PUISI-PUISI BAHAN PENGAJARAN APRESIASII SASTRA DI SEKOLAH DASAR

Suryadi Suryadi, Universitas Negeri Yogyakarta, Indonesia

Abstract


Abstrak

Penelitian ini  bertujuan untuk mencari: (1) wujud satuan majas apa sajakah yang terdapat dalam puisi-puisi yang terkandung dalam buku pelajaran Bahasa Indonesia untuk SD kelas IV sampai dengan VI (2) macam majas apakah yang terdapat dalam puisi yang terkandung dalam buku pelajaran Bahasa Indonesia untuk kelas IV sampai dengan VI (3) fungsi majas apa sajakah yang terdapat dalam puisi yang terkandung dalam buku pelajaran Bahasa Indonesia untuk kelas IV sampai dengan VI.

Subjek penelitian ini adalah puisi-puisi yang terkandung dalam buku pelajaran Bahasa Indonesia uuntuk SD kelas IV sampai dengan kelas VI terbitan Balai Pustaka, Yudhistira, dan INtan Pariwara jumlah puisi itu ada53 buah. Ada yng berupa syair, pantun danpuisi baru. Puisi-puisi ini semua dijadikan subjek penelitian. Metode atau teknik penelitian yang dipergunakan dalam menganalisa data yaitu interpretative, deskriptif namun juga menggunakan teknik kategorisasi dan kuantifikasi.

Hasil penelitian menunjukan bahwa: (1) wujud majas ada tiga macam yakni majas larik, majas  bait, majas puisi (2) macam majas yaitu : simile, metafora, personifikasi, metinimia, sinekdok, hiperbola, litotes, eufemisme, dan paradox, (3) fungsi majas adalah untuk mengkonkretan, pengintensifan, pengekspresian, pemadatan dan keritmisan.


Full Text:

PDF


DOI: https://doi.org/10.21831/jk.v28i1.7248

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c)



p-ISSN: 2580-5525 || e-ISSN: 2580-5533

Indexed by:

          


Creative Commons License

Jurnal Kependidikan by http://journal.uny.ac.id/index.php/jk is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

View Journal Stats