KEMAMPUAN BIOMOTORANAK NORMAL DAN ANAK TUNA RUNGU

Sukadiyanto Sukadiyanto, Universitas Negeri Yogyakarta, Indonesia

Abstract


Abstrak

Kemampuan biomotor merupakan komponen dasar dalam aktivitas olahraga bagi semua anak, baik anak normal maupun anak tunarungu. Pertumbuhan dan perkembangan antara anak normal dan tuna rungu tampak tidak ada perbedaan, sehingga sampai saat ini belum ada guru atau pelatih olah raga yang khusus dipersiapkan untuk para penyandang cacat tersebut. Artinya dalam proses pelatihan dan pengajaran olahraga bagi anak tunarungu diperlakukan sama dengan anak yang normal. Untuk itu, penelitia ini bertujuan untuk mengetahui status kemampuan biomotor anak normal dan anak tunarungu.

Populasi penelitian ini adalah anak anak Sekolah Dasar dan anak anak tunarungu SLB PGRI Yogyakarta bagian B. Teknik pencuplikam dilakukan dengan purposive sampling, yaitu anakSekolah Dasar kelas V dan VI serta anak SLB bagian B yang berusia 12-15 tahun. Besar cuplikan 68 yang terdiri atas 34 anak normal dan 34 anak tuna rungu. Metode penelitian yang diguakan dengan cara survai dan teknik pengumpulan data dengan tes. Untukmengukur kemampuan biomotor menggunakan tes kelentukan, kekuatan, kecepatan, power, dan kelincahan.

Hasil penelitian menunjukan bahwa terdapat perbedaan ststus kemampuan biomotor antara anak normal dan anak tunarungu. Rerata sesuaian anak normal (435,94) lebih besar daripada rerata sesuaian (359,59) anak tunarungu. Dengan demikian status kemampuan biomotor anak normal lebih baik dari  pada anak tunarungu. Untuk itu, dalam proses pelatihan dan pengajaran olahraga memerlukan cara dan jenis yang berbeda antara anak normal dan anak tunarungu. Dalam upaya meningkatkan kualitas sumber daya manusia tunarungu secara fisik, maka diperlukan pelatih dan guru olahraga yang memiliki bekal pengetahuan dan ketrampilan khusus tentang kondisi anak tuna rungu.


Full Text:

PDF


DOI: https://doi.org/10.21831/jk.v28i1.7247

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c)



p-ISSN: 2580-5525 || e-ISSN: 2580-5533

Indexed by:

          


Creative Commons License

Jurnal Kependidikan by http://journal.uny.ac.id/index.php/jk is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

View Journal Stats