PEMBELAJARAN FISIKA MENGGUNAKAN MODEL COOPERATIVE LEARNING DITINJAU DARI PRESTASI BELAJAR SISWA

Siti Fatimah, Fakultas Saintek UIN Suka
Ika Kartika, Fakultas Saintek UIN Suka, Indonesia
Thaqibul Fikri Niyartama, Fakultas Saintek UIN Suka, Indonesia

Abstract


Tujuan penelitian ini untuk mengetahui perbedaan dan tanggapan pembelajaran fisika dengan model Cooperative Learning tipe FSLC dan SGD pokok bahasan getaran dan gelombang terhadap prestasi belajar siswa kelas VIII. Metode penelitian yang digunakan adalah eksperimen. Populasi penelitian ini siswa MTs Plus Az-Zahro Cisumur Kabupaten Cilacap dengan penyampelan secara purposif. Instrumennya adalah tes, angket, observasi, dan dokumentasi. Data dianalisis dengan Anava Satu Jalur. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) pembelajaran fisika dengan menggunakan model Cooperative Learning tipe FSLC berpengaruh secara signifikan terhadap prestasi belajar siswa. Pada ranah kognitif diperoleh Fhitung = 4,8 dengan F = 4,03. Pada ranah afektif diperoleh F = 7,35 dengan F tabel(5%)= 4,03. Pada ranah psikomotorik diperoleh F hitung = 13,04 dengan F hitung tabel(5%) = 4,03; (2) tanggapan siswa terhadap pembelajaran fisika yang menggunakan model Cooperative Learning tipe FSLC berkategori baik (83%) dan tanggapan siswa yang menggunakan tipe SGD berkategori cukup baik (77,5%).


Full Text:

PDF


DOI: https://doi.org/10.21831/jk.v42i1.2226

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c)



p-ISSN: 2580-5525 || e-ISSN: 2580-5533

Indexed by:

          


Creative Commons License

Jurnal Kependidikan by http://journal.uny.ac.id/index.php/jk is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

View Journal Stats