INOVASI DESAIN PRODUK BATIK MELALUI PENDIDIKAN

Siti Irene Astuti D, , Indonesia

Abstract


Kehancuran industri batik di tengah-tengah proses industrialisasi merupakanfenomena yang terus berlangsung. Industri batik pada  saat ini dihadapkan pada dua persoalan baru., pertama industri batik berhadapan dengan para pemilik modal kuat yang bergerak di bidang indistri tekstil dan juga memproduksi  batik printing. Di sisi lain, para pengusaha  dihadapkan pada fenomena perubahan gaya hidup masyarakat di segala lapisan dan menggunakan batik sebagai salah satu alternatif bahan sandang. Masalah capitar intensive dan limited market yang dihadapi oleh para pengusaha  batik batik mendorong mereka untuk menentukan berbagai  cara agar proses produksi terus dapat berlangsung. Tujuan penelitian kuantitatif ini adalah mengetahui daya kreatif, pengusaha  di dalam membuat desain produk sebagai upaya untuk mempertahankan  usahanya. Hasil penelitian ini menyimpulkan bahwa ada kecenderungan  inovasi produk akan dirakukan oleh pengusaha yang tergolong pada usia muda. Inovasi desain produk dari motif tradisional ke motif nontradisionai cenderung dilakukan oleh pengusaha  dengan tingkat pendidikan  eksistensi SMU ke atas. Di samping itu, ada kecenderungan bahwa pengusaha  cenderung  membuat desain produk motif nontradisional batik laki-laki dibandingkan dengan pengusaha batik perempuan.


Keywords


Kata kunci: inovasi desain produk, batik, perempuan, inovasi desain produk batik melalui pendidikan.

Full Text:

PDF


DOI: https://doi.org/10.21831/jk.v28i2.18998

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2018 Jurnal Kependidikan: Penelitian Inovasi Pembelajaran

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

p-ISSN: 2580-5525 || e-ISSN: 2580-5533

Indexed by:

          


Creative Commons License

Jurnal Kependidikan by http://journal.uny.ac.id/index.php/jk is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

View Journal Stats