MORAL VALUES IN “FILOSOFI KOPI” SHORT-STORY ANTHOLOGY AND ITS IMPLICATIONS IN LITERATURE
Ade Hikmat, Universitas Muhammadiyah Prof. DR. HAMKA, Indonesia
Yoma Elmikasri, Universitas Muhammadiyah Prof. DR. HAMKA, Indonesia
Abstract
NILAI MORAL DALAM ANTOLOGI CERPEN FILOSOFI KOPI
DAN IMPLIKASINYA DALAM PEMBELAJARAN SASTRA
Abstrak
Penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi dan menemukan nilai-nilai moral yang terkandung dalam antologi cerpen Filosofi Kopi melalui kajian hermeneutik serta implikasinya dalam pembelajaran sastra di SMA. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif kualitatif dengan teknik analisis isi. Nilai moral yang diteliti dibatasi pada nilai positif dalam antologi cerpen Filosofi Kopi. Sumber data yang digunakan dalam penelitian ini yakni antologi cerpen Filosofi Kopi karya Dewi Lestari yang berisi 18 cerita yang terdiri 8 cerita pendek dan 10 prosa liris, tetapi yang diteliti hanya 8 cerita pendek. Berdasarkan hasil analisis yang telah dilakukan terhadap delapan cerpen, dapat disimpulkan bahwa cerpen-cerpen karya Dewi Lestari mengandung nilai-nilai moral positif yang meliputi kejujuran, bertanggung jawab, kesetiaan, sopan santun, hati nurani, rendah hati, dan konsekuen. Implikasi hasil penelitian ini adalah pembelajaran sastra di sekolah dengan menggunakan beberapa judul cerpen dalam antologi cerpen Filosofi Kopi karya Dewi Lestari sebagai sumber pembelajaran berpotensi menghasilkan siswa yang mempunyai nilai-nilai moral yang baik.
Kata kunci: nilai moral, cerpen, pembelajaran sastra
Abstract
This study was aimed at identifying the moral values contained in Filosofi Kopi short story anthology through hermeneutic studies and its implications in the study of literature in thesenior high school. The study used a descriptive qualitative method with a content-analysis technique. The moral values under study were limited to positive values. The data source used in this study was written by Dewi Lestari. This short story contained 18 stories consisting of 8 short stories and 10 lyrical proses. The samples of this study were 8 short stories. Results show that the short stories of Dewi Lestari's work contain positive moral values that include honesty, responsibility, loyalty, courtesy, conscience, humility, and consequence. The implications of the study include the fact that literature learning using this anthology is able to improve the students’ moral values.
Keywords: moral value, short-story, literature education
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Adisusilo, S. (2012). Pembelajaran nilai karakter (Konstruktivisme dan VCT sebagai inovasi pendekatan pembelajaran afektif). Jakarta: PT. Raja Drapindo Persada.
Bertens, K. (2013). Etika. Yogyakarta: PT. Kanisius.
Efendi, S. (2015). Bimbingan apresiasi prosa naratif cerita pendek. Tangerang: PT. Pustaka Mandiri
Francisca, L., & Ajikusumo, C. R. P. (2015). Keterkaitan antara moral knowing, moral feeling, dan moral behavior pada empat kompetensi dasar guru. Jurnal Kependidikan, 45(2), 211-221.
Lestari, D. (2015). Antologi cerpen Filosofi Kopi. Jakarta: PT. Bentang Pustaka.
Marjuki. (2008). Pembelajaran moral melalui mata kuliah hukum Islam. Jurnal Kependidikan, 38(1), 31-44.
Niron, M. D, Budiningsih, C. A., & Pujiriyanto. (2013). Rujukan integratif dalam pelaksanaan pendidikan karakter di sekolah dasar. Jurnal Kependidikan, 43(1), 19-31.
Nurgiantoro, B. (2013). Teori pengkajian fiksi. Yogyakarta: Gadjah Mada University Press.
Ratna, N. K. (2016). Stilistika: Kajian puitika bahasa, sastra, dan budaya. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
Suryaman, M., Wiyatmi, Hartono, & Efendi, A. (2012). Pengembangan model panduan pendidik pengajaran sastra berbasis pendidikan karakter. Jurnal Kependidikan, 42(1), 18-28.
Susilawati, Suryanti, C., & Koesbyanto, D. (2010). Urgensi pendidikan moral. Suatu upaya membangun komitmen diri. Yogyakarta: Surya Perkasa
DOI: https://doi.org/10.21831/jk.v1i2.13265
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2017 JURNAL KEPENDIDIKAN
p-ISSN: 2580-5525 || e-ISSN: 2580-5533
Indexed by:
View My Stats
Jurnal Kependidikan by http://journal.uny.ac.id/index.php/jk is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
View Journal Stats