COMMUNITY-BASED EDUCATION FOR WOMEN EMPOWERMENT IN TOURISM VILLAGE
Tristanti Tristanti, FIP UNY
Fitta Ummaya Santi,
Abstract
PENDIDIKAN BERBASIS KOMUNITAS UNTUK PEMBERDAYAAN PEREMPUAN DI DESA WISATA
Abstrak
Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan panduan model pembelajaran guna pemberdayaan perempuan pedesaan wisata melalui pendidikan berbasis komunitas di Desa Wisata Bejiharjo. Metode penelitian ini adalah metode penelitian dan pengembangan. Hasil penelitian ini adalah tersusunnya panduan model pemberdayaan perempuan desa wisata melalui kelompok belajar usaha yang mendukung di bidang pariwisata dan pendidikan masyarakat dalam bentuk panduan kegiatan dan Compact Disk (CD) pembelajaran interaktif yang berisikan panduan buku panduan aktivitas dan pembelajaran interaktif. Model yang dikembangkan mulai dari pengumpulan data awal mengenai kondisi, masalah, dan potensi masyarakat sasaran, membuat program, memberikan pelatihan, dan pendampingan program. Desain model pemberdayaan perempuan desa wisata melalui pendidikan berbasis komunitas ini terdiri atas calon peserta, memilih peserta, dan program pendidikan berbasis komunitas dalam bentuk pelatihan. Isi program pendidikan berbasis komunitas dalam bentuk pelatihan, penilaian, sosialisasi program, pelaksanaan program, evaluasi program, dan pendampingan. Berdasarkan data hasil validasi ahli dapat disimpulkan bahwa panduan model pemberdayaan perempuan melalui pendidikan berbasis komunitas memanfaatkan potensi lokal dikategorikan sangat baik.
Kata kunci: pemberdayaan perempuan, desa wisata, pendidikan berbasis komunitas
Abstract
This study was aimed at generating a women empowerment model through community-based education in the Bejiharjo,tourism village. The study usedthe research and development (R & D) method. The results of the study produce a guideline modelin the form of a compact disk (CD) file for women’s empowerment of tourism villages through business learning groups that support tourism and community education containing an activity guideline book and interactive learning activities. Models were developed from the initial data collection on the conditions, problems, and potentials of the target community, programming, training, and program assistance. Stages of the includedata collection for candidates, selection of participants, and community-based education programs in the form of training. The community-based education programs include assessment, program socialization, program implementation, program evaluation, and mentoring. Based on the data of the expert validation, it can be concluded that the guidance model of women empowerment through community based education utilizing local potentials is categorized as very good.
Keyword: women empowerment, tourism village, community-based education
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Amin, M. (2016). Soft skills berbasis budaya lokal untuk pendidik calon guru SMK. Jurnal Kependidikan, 46(1), 41-55.
Astuti, I. D. N., Sugiarti, R., Sunarsih,G., Sarah, R. H., & Warto. (2008). Model pemberdayaan perempuan pedesaan di bidang pariwisata. Spirit Publik, 4(1), 51-68.
Borg, W. R & Gall, M. D. (2003). Educational research an introduction (7th ed.). New York: Logman Inc.
Depdiknas. (2008). Panduan penyusunan bahan ajar. Jakarta: Dikmen, Depdiknas.
Leksono, S. M., Syachruroji, & Marianingsih, P. (2015). Pengembangan bahan ajar biologi konservasi berbasis etnopedagogi. Jurnal Kependidikan, 45(2), 168-183.
Marwanti, S., & Astuti, I. D. N. (2012). Model pemberdayaan perempuan miskin melalui pengembangan kewirausahaan keluarga menuju ekonomi kreatif di Kabupaten Karanganyar. SEPA, 9(1), 134-144.
Sudarmanto, D. (2010). Model pemberdayaan perempuan melalui kejar KF. Surabaya: BPPLSP Regional VI Surabaya.
Sujarwo, & Wibawa, L. (2012). Analisis permasalahan perempuan dan potensi lokal (Laporan penelitian tidak diterbitkan). Fakultas Ilmu Pendidikan UNY, Yogyakarta.
Sujarwo. (2012). Pengembangan bahan ajar berbasis potensi lokal pada program pendidikan keaksaraan usaha mandiri di PKBM USAHA MULIA Sleman (Laporan penelitian tidak diterbitkan). Fakultas Ilmu Pendidikan UNY, Yogyakarta.
Sujarwo. (2015). Model pendidikan sadar lingkungan masyarakat korban erupsi Merapi berbasis potensi lokal. Cakrawala Pendidikan, 34(1), 12-23.
Suyitno, Kamil, I., Sunoto, M., & Suherjanto, I. (2016). Teknik pembelajaran observasi lingkungan berbasis kearifan lokal. Jurnal Kependidikan, 46(1), 14-28.
DOI: https://doi.org/10.21831/jk.v1i2.12682
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2017 JURNAL KEPENDIDIKAN
p-ISSN: 2580-5525 || e-ISSN: 2580-5533
Indexed by:
View My Stats
Jurnal Kependidikan by http://journal.uny.ac.id/index.php/jk is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
View Journal Stats