PENGARUH KUALITAS PELAYANAN DAN KEPERCAYAAN PELANGGAN TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN(STUDI PADA PELANGGAN ALFAMIDI SUPER, JALAN KALIURANG, YOGYAKARTA)

Khurotul Aini,
Penny Rahmawaty,

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahuipengaruh kualitas pelayanan dan kepercayaan pelanggan terhadap keputusan pembelian pada Alfamidi Super, Jalan Kaliurang, Yogyakarta.Penelitian inimerupakan penelitian survei. Populasi pada penelitian ini adalah seluruh pelanggan Alfamidi Super Jalan Kaliurang Yogyakarta. Teknik pengambilan sampel menggunakan purposive sampling dengan jumlah sampel sebanyak 145 orang. Teknik pengumpulan data menggunakan kuesioner yang telah diuji validitas dan reliabilitasnya. Teknik analisis data yang digunakan adalah regresi berganda.Hasil penelitian menunjukkan bahwa:(1) terdapat pengaruh positif kualitas pelayanan terhadap keputusan pembelian (signifikansi = 0,000<0,05; β = 0,336); (2) terdapat pengaruh positif kepercayaan pelanggan terhadap keputusan pembelian (signifikansi = 0,000<0,05; β= 0,274); dan (3) terdapat pengaruh kualitas pelayanan dan kepercayaan pelanggan secara bersama-sama terhadap keputusan pembelian (signifikansi = 0,000<0,05).


Keywords


Kualitas Pelayanan; Kepercayaan Pelanggan; Keputusan Pembelian

Full Text:

PDF

References


Aji, Pryas. 2006. Pengaruh Promosi, Kualitas Pelayanan dan Harga Terhadap Keputusan Pembelian Sepeda Motor Yamaha Jupiter All Variant Pada Yamaha Mataram Sakti Cabang Soegiyopranoto Semarang. Diponegoro Journal Of Social And Politic Tahun 2012, Hal. 1-9 http://ejournals1.undip.ac.id/index.php/.

Assael, Henry. 2001. Cunsomer Behavior 6th Edition. New York: Thomson-Learning.

Chao Chiu, Min, Huang, Hsin-yi, danYen, Chia-Hui. 2010. Antecedents of trust in online actions. Electronic Commerce Research dan Applications 9,148–159.

Costabile, M. 2002. A Dynamic Model of Customer Loyalty. Working Papper.

Goetsch, D.L & Davis, S, 1994 Introduction to Total Quality, Quality, Productivity, Competitiveness, Englewood Cliffs, NJ, Prentice Hall International Inc.

Handayani, Lea. 2016. Pengaruh Interior, Kualitas Pelayanan Dan Harga Terhadap Keputusan Pembelian Cafe “Pare Corner” Kecamatan Pare Kabupaten Kediri. Simki-Economic Vol. 01 No. 06 Tahun 2017 ISSN : BBBB-BBBB.

Hasan, Iqbal. 2002. Pokok-Pokok Materi Teori Pengambilan Keputusan. Jakarta: Ghalia Indonesia.

Kotler, Philip. 2003. Marketing Management: Analysis, Planning, Implementation, and Control, Tenth Edition. Prentice Hall International, Inc., New Jersey.

Lupiyoadi, Rambat. 2001. Manajemen Pemasaran: Analisis JasaEdisi Pertama. Jakarta: Salemba Empat.

Maima,Rizka. (2012). Analisis Pengaruh Kepercayaan Pelanggan dan Kualitas Pelayanan terhadap Sikap Pelanggan dan Implikasinya terhadap Keputusan Pembelian Ulang (Studi Kasus Pada CV. Mukti Manunggal Semarang). Skripsi Tidak Diterbitkan. Semarang: UNDIP.

Meliana, Sulistiono, dan Setiawan. 2013. Pengaruh Kualitas Pelayanan dan Kepercayaan Konsumen terhadapKeputusan Pembelian Studi Kasus Pada Giant Hypermarket. Jurnal Ilmiah Manajemen Kesatuan Vol. 1 No. 3, 2013 pp. 247-254 STIE Kesatuan ISSN 2337- 7860.

Mudmainah. 2002. Pengaruh Produk, Harga, Lokasi dan Kualitas Layanan Terhadap Keputusan. Pembelian di Kopitiam OEY Surabaya. Jurnal Manajemen Perhotelan.

Nopita. 2016. Pengaruh Kualitas Produk, Kualitas Pelayanan, dan Harga terhadap Keputusan Pembelian Seragam Sekolah (Studi Pada Toko Maju Bandar Lampung). Skripsi Tidak Diterbitkan. Ilmu Administrasi Bisnis Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Lampung.

Parasuraman, A. Zeithaml., Valerie, A., Berry, Leonard L. (1988). Servqual : A Mulitple-Item Scale for Measuring Consumer Perceptions of Service Quality. Journal of Retailing. Vol. 64 No.1. Hlm. 12-40.

Prabowo, Hartiwi. 2012. Analisis Kepercayaan Dalam C2C E-Commerce Terhadap Keputusan Pembelian dan Dampaknya terhadap Repurchase Pada Kaskus.Binus Business Review Vol. 5 No. 1 Mei 2014: 301-314.

Putri, Weni Rinanda. 2016. Pengaruh Kualitas Pelayanan, Harga, dan Kepercayaan Konsumen terhadap Keputusan Pembelian Tiket Secara Online (Studi Kasus Pada Konsumen Traveloka). PI. Jurusan Manajemen, Fakultas Ekonomi, Universitas Gunadarma.

Ryan, Natalie Ann. 2002. In Brand We Trust: A Case study of The Trust For International brands in Sweden, Graduate Business School, Goteborg University, Elander Novum

Simamora, Henry. 2002.Akuntansi Basis Pengambilan Keputusan Bisnis. Jakarta: Salemba Empat.

Sirdeshmukh, D., Singh, J.,& Sabol, B, 2002, Customer trust, value, and loyalty in relational exchanges, Journal of Marketing, 66:15–37.

Sutisna. 2003. Perilaku Konsumen dan Komunikasi Pemasaran. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Tjiptono, Fandy. 2001. Strategi Pemasaran. Yogyakarta: ANDI.

Yin, Yee and T.M. Faziharudean. 2010. Factors Affecting Customer Loyalty of Using Internet Banking in Malaysia. Journal of Electronic Banking Systems Faculty of Business and Accountancy. University of Malaya

Ziaullah, M., Feng, Y., & Akhter,S, N. (2014). E-loyalty: The influence of product quality and delivery services on e-trust and e-satisfaction in china. Journal of Theoretical and Applied Information Technology, 3 (10).




DOI: https://doi.org/10.21831/jim.v15i2.34757

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Journal Indexed by:

        

 

Journal Counter :

Flag Counter

View My Stats

 

 

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License