FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI KEPUTUSAN PENGGUNAAN OVO PADA MAHASISWA FAKULTAS EKONOMI UNIVERSITAS NEGERI YOGYAKARTA
Supriyanto Supriyanto, Yogyakarta State University, Indonesia
Abstract
Abstrak: Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui faktor-faktor yang mempengaruhi keputusan penggunaan OVO pada mahasiswa Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Yogyakarta secara parsial maupun simultan. Faktor-faktor yang diteliti dalam penelitian ini yaitu gaya hidup, persepsi, kepercayaan, dan promosi. Penelitian ini termasuk dalam penelitian asosiatif dengan pendekatan kuantitatif. Populasi dalam penelitian ini yaitu seluruh mahasiswa S1 Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Yogyakarta angkatan 2016-2019 yang pernah dan sedang menggunakan OVO. Teknik pengambilan sampel dengan menggunakan purposive sampling dengan jumlah sampel sebanyak 250 orang. Teknik analisis data menggunakan analisis regresi linier berganda. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat pengaruh positif dan signifikan gaya hidup, persepsi, kepercayaan dan promosi secara parsial dan simultan terhadap keputusan penggunaan OVO pada mahasiswa Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Yogyakarta. Keputusan penggunaan OVO pada mahasiswa Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Yogyakarta dipengaruhi oleh keempat variabel bebas tersebut sebesar 46,1% dan sisanya 53,9% dipengaruhi oleh variabel lain yang tidak diteliti dalam penelitian ini.
Abstract: The study aimed to determine the factors that influence the decision to use OVO in students of the Faculty of Economics at Yogyakarta State University both partially and simultaneously. The factors examined in this study are lifestyle, perception, trust, and promotion. This study was included in an associative survey with a quantitative approach. Population in this study were all undergraduate students of the Faculty of Economics Yogyakarta State University class of 2016-2019 who have and are currently using OVO. The sampling technique using purposive sampling technique with a total sample of 250 respondent. Data analysis technique was linear regression analysis. The result of the study showed that there was a positive and significant effect of lifestyle, perception, trust, and promotion as a partial and simultaneous decision to use OVO. The decision to use OVO on students of the Faculty Economics Yogyakarta State University was affected by the four independent variables by 46,1%. In contrast, the remaining 53,9% is affected by other variables, not under study.
Keywords
Full Text:
PDFReferences
APJII. (2019). Hasil Survei Penetrasi dan Perilaku Pengguna Internet Indonesia 2018. Jakarta: APJII.
Bank Indonesia. (2018). Peraturan Bank Indonesia Nomor 20/6/PBI/2018 Tentang Uang Electronic Journal of Computer Information Systems.
Bothun, et. al. (2013). Consumer Intelligence Series: Opening The Mobile Wallet. Texas: PWC
Genady, Dien Ilham. (2018). Pengaruh Kemudahan., Kemanfaatan, dan Proosi Uang Elektronik terhadap Keputusan Penggunaan Uang Elektronik di Masyarakat (Studi Kasus di Provinsi DKI Jakarta). Skripsi. Jakarta: UIN Syarif Hidayatullah
Hair, et al. 2010. Mutivariate Data Analysis (7th Edition). New Jersey: Pearson
Education Inc.
Kotler, Philip. & Gary Amstrong. (2008). Prinsip-Prinsip Pemasaran. Jilid 1. Edisi 12. Jakarta: Erlangga.
Kotler, Philip. dan Kevin Lane Keller. (2012). Manajemen Pemasaran. Edisi Ketiga Belas. Jakarta: Erlangga.
Lupiyoadi, R. (2013). Manajemen Pemasaran Jasa Berbasis Kompetensi. Jakarta: Salemba Empat.
Mowen, J. & Michael Minor. (2002). Perilaku Konsumen. Jilid 1. Edisi 5. Jakarta : Erlangga.
Ningsih, Ayu Utari. (2019). Pengaruh Persepsi dan Kepercayaan terhadap Keputusan Menggunakan Rekening Ponsel Bank CIM Niaga Syariah (Studi Kasus Wilayah Tangerang Selatan). Skripsi. Jakarta: UIN Syarif Hidayatullah
Pratama, Aviyanto K. (2015). Analisis Pengaruh Gaya Hidup, Promosi, dan Kualitas Produk terhadap Keputusan Pembelian Smartphone Samsung (Studi Kasus pada Konsumen Smartphone Samsung Wilayah Jakarta Pusat). Skripsi. Jakarta: UIN Syarif Hidayatullah.
Rahayu, Sri, dkk. (2015). Pengaruh Gaya Hidup dan Persepsi Mahasiswa terhadap Keputusan Pembelian Secara Online di Kota Palembang. Jurnal Manajemen dan Bisnis Sriwijaya, 13(3), 283-299.
Saputra, Rico, dan Hatane Samuel. (2013). Analisis Pengaruh Motivasi, Persepsi, Sikap Konsumen terhadap Keputusan Pembelian Mobil Xenia Di Sidoarjo. Jurnal Manajemen Pemasaran, 1(1), 1-12.
Sari, Desi Purnama. (2018). Pengaruh Periklanan, Promosi Penjualan, Public Relation, Personal Selling, Direct Selling, dan Gaya Hidup (Life Style) terhadap Keputusan Pembelian Telkomsel Cash (T-Cash) (Studi Kasus pada Mahasiswa Fakultas Ekoomi dan Ilmu Sosial UIN SUSKA Riau). Pekanbaru: UIN SUSKA Riau.
Setiani, Rahayu. (2018). Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Penggunaan Alat Pembayaran Non Tunai (Studi di Kota Purbalingga). Skripsi. Yogyakarta: UII
Setyariningsih, Eny. (2019). Pengaruh Gaya Hidup dan Kepercayaan terhadap Keputusan Pembelian Online (E-Commerce) Lazada di Kota Mojokerto. Jurnal Bisman, 2(2), 150-164.
Solomon, M.R. (2011). Consumer Behavior. New Jersey: Upper Saddle River
__________. https://katadata.co.id diakses pada tanggal 12 Februari 2020.
__________. https://https://www.bi.go.id diakses pada tanggal 29 Desember 2020.
DOI: https://doi.org/10.21831/jep.v17i1.33542
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Citation & Indexing:
This site is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International