PENGEMBANGAN PERMAINAN QUESTION CARD SEBAGAI MEDIA PEMBELAJARAN UNTUK MENINGKATKAN BERPIKIR KRITIS SISWA

Nurul Lailia, Universitas Negeri Surabaya, Indonesia

Abstract


Abstrak: Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis 1) pengembangan Permainan Question Card sebagai media pembelajaran untuk meningkatkan keterampilan berpikir kritis siswa, 2) efektivitas Permainan Question Card pada sebagai media pembelajaran untuk meningkatkan keterampilan berpikir kritis siswa.Penelitian ini dilakukan di kelas X IPS 1 SMAN 1 Kota Mojokerto dengan 20 siswa sebagai subjek penelitian. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian pengembangan (research and development) dengan model pengembangan ADDIE yang terdiri dari lima tahap, yaitu Analysis, Design, Development, Implementation, dan Evaluation. Desain ujicoba penelitian ini menggunakan desain Pre-Experimental bentuk One Grup Pretest-Posttest. Jenis data dalam penelitian ini meliputi data kualitatif dan kuantitatif, dengan instrumen pengumpulan data berupa lembar telaah dan lembar validasi. Dari hasil penelitian ini, menunjukkan bahwa presentase yang didapat dari ahli evaluasi adalah 93% dengan kriteria sangat layak dan ahli media 88,86% dengan kriteria sangat layak. Hasil efektivitas Permainan Question Card yang diujicobakan secara terbatas menunjukkan peningkatan keterampilan berpikir kritis peserta didik melalui uji N-gain dengan nilai rata-rata sebesar 0,6 dengan kriteria sedang.

Abstract: The purpose of the research is to analyze 1) the development of the Question Card Game as learning media to increase student’s critical thinking, 2) the effectiveness of the Question Card Game as learning media to increase student’s critical thinking. This study is conducted in class X Social 1 of State Senior High School 1 of Mojokerto City with 20 students as subjects research. The type of research is research and development with ADDIE development model that consists of five steps, namely Analysis, Design, Development, Implementation, and Evaluation. The trial design of this research is the Pre-Experimental design One Group Pretest-Posttest type. The type of data in this research is qualitative and quantitative data with data collection instruments in the form of study sheets and validation sheets. They show that the percentage received from the evaluation expert is 93% with the criteria very feasible and media expert is 88,86% with criteria very feasible. The result of the effectiveness of the Question Card Game as learning media showed an increase in student’s critical thinking through the N-gain test with an average value of 0,6 with criteria medium


Keywords


Permainan Question Card; Media Pembelajaran; Berpikir Kritis

Full Text:

PDF

References


Aisah, S., Ashari, H., & Akhdinirwanto, R. W. (2013). Penggunaan Model Pembelajaran Cooperative Learning Tipe Think Pair Square Berbantuan Kartu Soal untuk Meningkatkan Aktivitas Belajar Siswa Kelas VII B SMP Negeri 5 Purworejo Persentase Rata-Rata Aktivitas. Radiasi, 3(1), 16–18.

Arends, R. (2008). Learning to Teach (Belajar untuk Mengajar). Yogyakarta: Pustaka Belajar.

Arsyad, A. (2013). Media Pembelajaran. Jakarta: PT RajaGrafindo Persada.

Azwar, Husnul. (2020). Pentingnya Penggunaan Media Pembelajaran Untuk Meningkatkan Prestasi Belajar Siswa Min 7 Pessel. Diakses pada https://sumbar.kemenag.go.id/v2/post/54610/pentingnya-penggunaan-media-pembelajaran-untuk-meningkatkan-prestasi-belajar-siswa-min-7-pessel.

Daryanto. (2009). Panduan Proses Pembelajaran Kreatif & Inovatif. Jakarta: AV Publisher.

Depdiknas. (2003). Undang-undang RI Nomor 20 Tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional. Jakarta: Departemen Pendidikan Nasional.

Hadikusuma, Donie & Wiyatmo, Yusman. (2019) Pengembangan Variative Question Cards Dengan Model Pembelajaran Stad (Student Team Achievement Divisions) Guna Meningkatkan Minat Dan Hasil Belajar Fisika Pada Materi Gerak Melingkar. Yogyakarta: Univeritas Negeri Yogyakarta.

Hake, R. R. (1998). Interactive-Engagement versus Traditional Methods: A Six-Thousand-Student Survey of Mechanics Test Data for Introductory Physics Courses. American Journal of Physics, 66(1), 64-74.

Janes, Shania Parvati; Darmawanti; dan R. Hussien Arief. (2014). Kemampuan Berpikir Kritis Siswa SMA dalam Menyelesaikan Soal Uji Kompetensi Tertulis (UKT) pada Olimpiade Sains Biologi SMP-SMA Se-Riau 2014. Riau: Universitas Riau.

Juliansyah, Noor. (2013). Metodologi Penelitian. Jakarta: Kencana Prenada Media Group.

Khairunnisak. (2015). Penggunaan Media Kartu sebagai Strategi dalam Pembelajaran Membaca Permulaan: Studi Kasus di Madrasah Ibtidaiyah Negeri Rukoh, Banda Aceh. Jurnal Pencerahan, 9(2), 66-82.

Nugroho, A. P., T. Raharjo, & D. Wahyuningsih. (2013). Pengembangan Media Pembelajaran Fisika Menggunakan Permainan Ular Tangga Ditinjau dari Motivasi Belajar Siswa Kelas VIII Materi Gaya. Jurnal Materi dan Pembelajaran Fisika, 1(1), 11-18.

Mulyatiningsih, Endang. (2012). Metode Penelitian Terapan Bidang Pendidikan. Bandung: Alfabeta.

Riduwan. (2003). Dasar-Dasar Statistika. Bandung: Alfabeta.

Rokhayati, A. (2010). Meningkatkan Kemampuan Membaca pada Mata Pelajaran Bahasa Indonesia melalui Permainan Kartu Kalimat. Jurnal Saung Guru. 1(2), 85-86.

Sadiman, A. (2014). Media Pendidikan Pengertian, Pengembangan dan Pemanfaatannya. Jakarta: PT RajaGrafindo Persada.

Sanjaya, Wina. (2008). Perencanaan Dan Desain Sistem Pembelajaran. Jakarta: Kencana.

Sariwati, Lathifah Nur’aini; Budi Utami; & Mohammad Masykuri. (2015). Upaya Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis dan Prestasi Belajar Siswa dengan Model Problem Solving Dilengkapi Media Kartu Kelas X MIA 3 Semester II SMA Al Islam 1 Surakarta Tahun Pelajaran 2014/2015. Jurnal Pendidikan Kimia 4(4), 123-131.

Pribadi, A. Benny. (2009). Model Desain Sistem Pembelajaran. Jakarta: Dian Rakyat.

Zaki, Faiz. (2018). Pentingnya Berpikir Kritis, 6 Manfaat Ini Pasti Didapatkan. Diakses pada https://www.idntimes.com/life/inspiration/faiz-zaki/pentingnya-berpikir-kritis-c1c2/6.




DOI: https://doi.org/10.21831/jep.v16i2.28237

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


 Citation & Indexing:

 

 Creative Commons License

This site is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International