Implementasi Solar Charge Controller Untuk Pengisian Baterai Dengan Menggunakan Sumber Energi Hybrid Pada Sepeda Motor Listrik
Brainvendra Widi, Program Studi Teknik Industri, Universitas Global Jakarta, Indonesia
Sinka Wilyanti, Program Studi Teknik Elektro, Universitas Global Jakarta, Indonesia
Ariep Jaenul, Program Studi Teknik Elektro, Universitas Global Jakarta, Indonesia
Zakia Maulida Antono, Program Studi Teknik Elektro, Universitas Global Jakarta, Indonesia
Agung Pangestu, Program Studi Teknik Elektro, Universitas Global Jakarta, Indonesia
Abstract
Human life is highly dependent on the availability of fossil energy. Meanwhile the sun is the main energy source that emits energy on the earth's surface which is utilized by using solar cells. The problem in this research is how to design an electric motorcycle that uses a system of two energy sources, namely PLN electrical energy and solar energy. The goal is to be able to design an electric motorcycle that uses a system of two energy sources, namely PLN electrical energy and solar energy. The research method used is an experimental type of quantitative approach. Data collection is done by using observation techniques. The test results show the average voltage of a solar cell with an open circuit is 22.03 V. Meanwhile, the battery charge test with PLN energy produces an average output power of 67.57 W. The output power of the solar cell for charging the battery in a static motorcycle condition is 43.19 W on average. and under dynamic conditions the average output power is only 23.98 W.
ABSTRAK
Kehidupan manusia sangat tergantung pada ketersediaan energi fosil. Sementara itu matahari merupakan sumber energi utama yang memancarkan energi pada permukaan bumi yang dimanfaatkan dengan menggunakan solar cell. Masalah dalam penelitian ini adalah bagaimana perancangan sepeda motor listrik yang menggunakan sistem dua sumber energi yaitu energi listrik PLN dan energi surya. Tujuannya agar dapat merancang sepeda motor listrik yang menggunakan sistem dua sumber energi yaitu energi listrik PLN dan energi surya. Metode penelitian yang digunakan dengan pendekatan kuantitatif jenis eksperimen. Pengumpulan data yang dilakukan yaitu dengan teknik observasi. Hasil pengujian menunjukkan tegangan rata-rata solar cell dengan open circuit sebesar 22.03 V. Sementara itu pengujian charge baterai dengan energi PLN menghasilkan daya keluaran rata-rata 67.57 W. Daya keluaran solar cell untuk charge baterai kondisi sepeda motor statis rata-rata sebesar 43.19 W dan dalam kondisi dinamis daya keluarannya rata-rata hanya 23.98 W.
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Arista, P. F. (2019). Desain Charging Point Untuk Sepeda Listrik Menggunakan Solar Cell Di Area Parkir Universitas Muhammadiyah Yogyakarta. Universitas Muhammadiyah Yogyakarta.
Arwanda, D. (2017). Monitoring Output Dan Pencatatan Data Pada Panel Surya Berbasis Mikrokontroler. POLITEKNIK NEGERI SRIWIJAYA.
Kuswardana, A. (2016). Analisis Sistem Motor Penggerak Pada Mobil Listrik Dengan Kapasitas Satu Penumpang. Universitas Negeri Semarang.
Putri, T. W. O., Senen, A., & Simamora, Y. (2019). Pemanfaatan Energi Surya untuk Penerangan Jalan & Fasilitas Umum di Desa Sukarame Kab. Lebak Banten. TERANG, 1(2), 128–136.
Saodah, S., & Hariyanto, N. (2019). Perancangan Sistem Pembangkit Listrik Hybrid Dengan Kapasitas 3 KVA. PROCEEDINGS OF NATIONAL COLLOQUIUM RESEARCH AND COMMUNITY SERVICE, 3, 187–190.
DOI: https://doi.org/10.21831/jee.v6i2.53327
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2023 Jurnal Edukasi Elektro
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Indexed by:
Supported by:
JURNAL EDUKASI ELEKTRO by Jurusan Pendidikan Teknik Elektro, Fakultas Teknik UNY distributed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License based on the copyright of https://journal.uny.ac.id/index.php/jee/.