PENGEMBANGAN TRAINER KIT PRINTED CIRCUIT BOARD (PCB) SOLDER SEBAGAI MEDIA PEMBELAJARAN PADA MATA KULIAH PRAKTIK RANGKAIAN LISTRIK

Pramudita Budiastuti, Universitas Ahmad Dahlan, Indonesia
Eko Swi Damarwan, Universitas Negeri Yogyakarta, Indonesia
Adhy Kurnia Triatmaja, Universitas Ahmad Dahlan, Indonesia
Ranesti Damarsuri, Universitas Ahmad Dahlan, Indonesia

Abstract


ABSTRACT
Based on the results of observations and interviews with lecturers in the electrical circuit practice course, data was obtained, namely that there was no learning media in the form of a trainer kit which made it easier for students to be skilled in soldering and the need to increase student motivation in the learning process of electrical circuit practice. The stages of this research method are using the ADDIE approach (ADDIE Approach). The ADDIE approach includes Analyze, design, develop, implement, and evaluate. The results of the media validity test can conclude that the media aspect obtains a minimum value of 87.5% and a maximum value of 90%. The results of the material validity test can be concluded that the material aspects obtain a value of 88.40% for the suitability of the material and a value of 90.2% for the quality of learning. The results of the feasibility test from the user can conclude that the due diligence test from the user obtains a score of 89.80% in terms of motivation, 88.0% in terms of convenience, and 90.3% in terms of material. Based on the results of the validity test of the media, material and feasibility it can be concluded that the PCB Solder trainer kit is in the "very feasible" category.

ABSTRAK
Berdasarkan hasil observasi dan wawancara dengan dosen pengampu mata kuliah praktik rangkaian listrik didapatkan data yaitu belum adanya media pembelajaran berbentuk trainer kit yang memudahkan peserta didik untuk terampil dalam soldering dan perlunya meningkatkan motivasi mahasiswa dalam proses pembelajaran praktik rangkaian listrik. Tahapan metode penelitian ini yaitu menggunakan pendekatan ADDIE (ADDIE Approach). Pendekatan ADDIE meliputi: Analyse (menganalisis), design (merancang), develop (mengembangkan), implementation (menerapkan), dan evaluation (mengevaluasi). Hasil uji validitas media dapat simpulkan bahwa aspek media memperoleh nilai minimal sebesar 87,5% dan nilai maksimal sebesar 90%. Hasil uji validitas materi dapat simpulkan bahwa aspek materi memperoleh nilai sebesar 88,40% untuk kesesuaian materi dan nilai sebesar 90,2% untuk kualitas pembelajaran. Hasil uji kelayakan dari pengguna dapat simpulkan uji kelayakan dari pengguna memperoleh nilai sebesar 89,80% ditinjau dari motivasi, 88,0% ditinjau dari kemudahan, dan 90,3% ditinjau dari materi. Berdasarkan hasil uji validitas media, materi dan kelayakan dapat disimpulkan bahwa trainer kit PCB Solder termasuk kategori “sangat layak”.


Keywords


kompetensi dasar; tujuan pembelajaran; rencana pelaksanaan pembelajaran (RPP)

Full Text:

PDF

References


Amirudin, M. F. (2019). Hubungan Pendidikan dan Daya Saing Bangsa. Jurnal Pendidikan Islam, 4(1), 35-48. doi:http://dx.doi.org/10.29240/belajea.v4i1.723

Azmy, A. (2015). Pengembangan Kompetensi Sumber Daya Manusia untuk Mencapai Career Ready Professional di Universitas Tanri Abeng. Binus Business Review, 6(2), 220-232. doi:https://doi.org/10.21512/bbr.v6i2.971

Dermawan, D. (2018). Pelatihan Pembuatan Layout PCB dengan DIP TRACE dan Dry Film Photoresist bagi SMK Muhammadiyah 2 Salam Magelang. KACANEGARA Jurnal Pengabdian pada Masyarakat, 1(1), 13-22.

Hidayat, R. S. (2019). Pengembangan Media Pembelajaran Elektronika dan Pemrograman Menggunakan Alat Pelarut PCB (Printed Circuit Board) Pada Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) di Kabupaten Karawang. SinarFe7, 2(1), 84-89.

Jones, B. A. (2014). ADDIE model (Instructional design).

Kementrian, P. R. (2021, 02 09). Struktur Industri Elektronika Semakin Kuat Seiring Peningkatan Investasi. Diambil kembali dari https://kemenperin.go.id/artikel/20851/Struktur-Industri-Elektronika-Semakin-KuatSeiring-Peningkatan-Investasi

Mustaqim, I. (2016). Pemanfaatan Augmented Reality Sebagai Media Pembelajaran. urnal Pendidikan Teknologi dan Kejuruan, 13(2), 174-183. doi:http://dx.doi.org/10.23887/jptkundiksha.v13i2.8525

Sonsank, M. H. (2015). Penerapan Metode Template Matching dalam Menganalisa Cacat pada keping PCB. VoteTEKNIKA: Jurnal Vocational Teknik Elektronika dan Informatika, 3(1), -.

Sunar, S. &. (2020). Peningkatan Keaktifan dan Ketrampilan Membuat PCB Kelas XII TAV SMK Negeri 1 Semarang. Edu Elektrika Journal, 9(2), 55-60. doi:https://doi.org/10.15294/eej.v9i2.37973

Suryadi, A. &. (2017). Rancang Bangun Alat Pelarut Printed Circuit Board. Jurnal Elektra, 2(1), 65-75.

Tafonao, T. (2018). Peranan Media Pembelajaran Dalam Meningkatkan Minat Belajar Mahasiswa. Jurnal Komunikasi Pendidikan, 2(2), 103-114. doi:https://doi.org/10.32585/jkp.v2i2.113




DOI: https://doi.org/10.21831/jee.v6i2.51664

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2022 Jurnal Edukasi Elektro

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Indexed by:

Supported by:

RJI Main logo

Lisensi Creative Commons

JURNAL EDUKASI ELEKTRO by Jurusan Pendidikan Teknik Elektro, Fakultas Teknik UNY distributed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License based on the copyright of https://journal.uny.ac.id/index.php/jee/.