PENERAPAN TGT (TEAM GAMES TOURNAMENT) UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK DI KELAS X TEKNIK INSTALASI TENAGA LISTRIK SMKN 2 SIGLI
Hari Anna Lastya, Universitas Islam Negeri Ar-Raniry Banda Aceh, Indonesia
Sadrina Sadrina, Universitas Islam Negeri Ar-Raniry Banda Aceh, Indonesia
Abstract
ABSTRACT:
This research is conducted because of the lack of creative and innovative learning models in the vocational school. However, the research aims were to analyze the effect of the team games tournament learning model on student achievement on electronic basic. The research used a quantitative method and quasi-experimental approach with a one-group pretest-posttest design. The instrument used were test paper and questionnaires. Data collected in this study passed through pretest, posttest, and questionnaires. The data is processed using the t-test. The results show differences in student learning outcomes between before and after the implementation of this model. This can be seen from the average value of student learning outcomes achieved at pretest < posttest (58 < 76). Hypothesis testing using t-test shows the results of data analysis t count > t table (3,665 > 1.75) so that the working hypothesis (Ha) is accepted. This indicates that the application of TGT in the basic electronics subjects proved could improve the learning outcomes of class X TITL SMKN 2 Sigli students. The results of the questionnaire present that the TGT learning model obtained a very agreeable value. It could conclude that students perceived the TGT learning model as an attractive learning process and effectively improve their motivation in learning Basic Electronics subject matter.
ABSTRAK:
Penelitian ini dilakukan karena kurangnya model pembelajaran yang kreatif dan inovatif di SMK. Namun penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh model pembelajaran turnamen team games terhadap prestasi belajar siswa pada dasar elektronika. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif dan pendekatan eksperimen semu dengan desain one-group pretest-posttest design. Instrumen yang digunakan adalah kertas tes dan angket. Data yang dikumpulkan dalam penelitian ini melalui pretest, posttest, dan angket. Pengolahan data menggunakan uji-t. Hasil penelitian menunjukkan adanya perbedaan hasil belajar siswa antara sebelum dan sesudah penerapan model ini. Hal ini terlihat dari nilai rata-rata hasil belajar siswa yang dicapai pada saat pretest < posttest (58 < 76). Pengujian hipotesis menggunakan uji-t menunjukkan hasil analisis data t hitung > t tabel (3,665 > 1,75) sehingga hipotesis kerja (Ha) diterima. Hal ini menunjukkan bahwa penerapan TGT pada mata pelajaran elektronika dasar terbukti dapat meningkatkan hasil belajar siswa kelas X TITL SMKN 2 Sigli. Hasil angket menunjukkan bahwa model pembelajaran TGT memperoleh nilai sangat setuju. Dapat disimpulkan bahwa model pembelajaran TGT dirasakan siswa sebagai proses pembelajaran yang menarik dan efektif meningkatkan motivasi belajar materi pelajaran Elektronika Dasar.
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Daryanto. 2014. Pendekatan Pembelajaran Saintifik Kurikulum 2013. Yogyakarta : Penerbit Gava Media.
Hamdayama, Jumanta. (2016). Metodologi Pengajaran. Jakarta: Bumi Aksara, Jakarta.
Harjoko. 2014. Meningkatkan Hasil Belajar Matematika Melalui Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe TGT (Teams Games Tournaments) Pada Siswa Kelas V SD N Kedungjambal 02 Kab. Sukoharjo Tahun Ajaran 2013/2014. Skripsi. Universitas Negeri Yogyakarta, Yogyakarta.
Leonard. 2009. Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Teams Games Tournament terhadap Peningkatan Hasil Belajar Biologi pada Konsep Sistem Pencernaan Manusia. Jurnal. Universitas Indraprasta PGRI, Jakarta Selatan.
Lestari, Tutik. 2015. Peningkatan Hasil Belajar Kompetensi Dasar contoh-contoh Ilustrasi Dengan Model Pembelajaran Project Based Learning dan Metode Pembelajaran Demonstrasi Bagi Peserta Didik Kelas XI Multimedia SMK Muhammadiyah Wonosari. Skripsi. FT,Pendidikan Teknik Informatika, Universitas Negeri Yogyakarta, Yogyakarta.
Mulyatiningsih. 2011. Riset Terapan Bidang Pendidikan dan Teknik. Yogyakarta : UNY Press.
Pawestri, Devi Catur., 2009. Penerapan model pembelajaran kooperatif teams games Tournament (tgt) pada mata pelajaran ekonomi sebagai Upaya meningkatkan hasil belajar siswa Kelas x SMA Muhammadiyah 3 Surakarta Tahun pelajaran 2008/ 2009. Skripsi. Universitas Sebelas Maret.
Ristekdikti, Kelembagaan. 2003. Undang-undang Republik Indonesia No 20 Tahun 2003 Pasal 3. Jakarta : Dikti.
Slavin, Robert. E. (2016). Cooperative Learning: Teori, Riset dan Praktik. (Terjemahan Narulita Yusron), Nusa Media, Bandung. (Buku asli diterbitkan tahun 2005).
Sudjana, Nana dan Ibrahim. 2009. Penelitian dan Penilaian Pendidikan. Bandung : Sinar Baru Algesindo.
Sugiono. 2010. Metode Penelitian Pendidikan. Bandung : Alfabeta.
Sugiono. 2011. Metode Penelitian Kuantitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta.
Supratiknya, Augustinus. 2012. Penilaian Hasil Belajar. Yogyakarta: Universitas Sanata Dharma.
Suprijono, Agus. 2010. Cooperatif Learning: Teori dan Aplikasi. Surabaya : Pusaka Pelajar.
Syukur, Imam Abdul, dkk. (2014). Pengaruh model pembelajaran teams games tournament termodifikasi berbasis outbound terhadap prestasi belajar fisika ditinjau dari motivasi belajar. Jurnal Pendidikan dan Kebudayaan, 20(3), 310-327.
Taniredja, Tukiran. 2011. Model-Model Pembelajaran Inovatif. Bandung : Alfabeta.
DOI: https://doi.org/10.21831/jee.v5i2.41437
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2021 Jurnal Edukasi Elektro
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Indexed by:
Supported by:
JURNAL EDUKASI ELEKTRO by Jurusan Pendidikan Teknik Elektro, Fakultas Teknik UNY distributed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License based on the copyright of https://journal.uny.ac.id/index.php/jee/.