TINGKAT PARTISIPASI CIVITAS AKADEMIK FT UNY DALAM PROGRAM KONSERVASI ENERGI

Toto Sukisno, Department of Electrical Engineering Education, Faculty of Engineering, Universitas Negeri Yogyakarta, Indonesia
Muhfizaturrahmah Muhfizaturrahmah, Department of Electrical Engineering Education, Faculty of Engineering, Universitas Negeri Yogyakarta, Indonesia
Nurhening Yuniarti, Department of Electrical Engineering Education, Faculty of Engineering, Universitas Negeri Yogyakarta, Indonesia

Abstract


ABSTRACT:

Electricity consumption is influenced by activities, habit, life style and equipment used by human (Susanti, 2014) thus it is necessary to find the relationship between the individuals’ participation in conserving the energy and the total energy used. This study aims to find out how far the involvement of students, teaching staff, and administrative staff at Faculty of Engineering Yogyakarta State University in saving the energy. This research used quantitative approach. The data was collected using questionnaire and documentation. The result shows that the participation of people at Faculty of Engineering Yogyakarta State University in conserving the energy falls in medium level which is 60 %.

ABSTRAK:

Pemakaian energi listrik dipengaruhi oleh tingkah laku, kebiasaan konsumen, gaya hidup dan peralatan (Susanti, 2014) sehingga perlu dilakukan penelitian untuk mengungkap sejauh mana partisipasi dari civitas akademika terhadap program konservasi (penghematan) energi. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: (1) mengetahui tingkat partisipasi mahasiswa; (2) mengetahui tingkat partisipasi tenaga pendidik; dan (3) mengetahui tingkat partisipasi tenaga kependidikan dalam program konservasi energi di lingkungan Fakultas Teknik Universitas Negeri Yogyakarta. Metode yang digunakan dalam penelitian ini yaitu menggunakan pendekatan penelitian kuantitatif. Data penelitian ini dikumpulkan menggunakan angket dan dokumentasi, yang selanjutnya dianalisis secara persentase. Hasil penelitian yang diperoleh menunjukkan bahwa tingkat partisipasi civitas akademik FT UNY dalam program konservasi energi masih kategori sedang, dengan rata-rata 60 %.


Keywords


tingkat partisipasi; konservasi energi; kebiasaan konsumen; penelitian kuantitatif

Full Text:

PDF

References


Abdullah, Gamil. 2010. Konsumsi Energi Indonesia: Seberapa Boros? Jurnal Energi edisi Juli-Sept 2010.

Aksamija, A. 2013. Sustainable Facades: Design Methode for High Perform ance Building Envelope. New Jersey: John Wiley & Sons, Inc.

Devi, EC. 2002. Perpindahan Panas melalui Kulit Bangunan dan Pengaruhnya pada Beban Pendinginan. KILAS Jurnal Arsitektur FTUI. Vol. 4. No.1, 76-90.

Direktorat Jenderal Energi Baru Terbarukan dan Konservasi Energi. 2011. Kantor Hemat Energi, Direktorat Jenderal Energi Baru Terbarukan dan Konservasi Energi, Jakarta.

Dirjen, EBTKE. 2013. Efisiensi Energi Tanggung Jawab Siapa? http://listrikindonesia.com/efisiensi_energi__tanggung_jawab_siapa__280.html diakses 5 April 2014.

Gay, L.R. 1991. Educational Evaluation and Measurement; Competencies for Analysis and Application Second Edition. New York: Macmillan Publishing Company.

Gevorkian, P. 2007. Sustainable Energy System Engineering, The Complate Green Building Design Resources. New York: MacGraw Hill.

Koballa., Chiapetta. 2010. Science Instruction in the Middle and Secondary Schools. USA: Pearson.

Kusuma, Ardian Marta. Beban Listrik di Kantor Pemerintahan http://ebtke.esdm.go.id/id/energi/konservasi-energi/636-beban-listrik-di-kantor-pemerintahan.html diakses 10 April 2014.

Leeman, Ranidia. Gedung Perkantoran di Indonesia Boros Listrik http://www.tribunnews.com/bisnis/2013/11/27/gedung-perkantoran-di-indonesia-boros-listrik diakses 12 April 2014.

Malau, Srihandriatmo. Kantor Pemerintahan Boros Pakai Listrik https://www.tribunnews.com/nasional/2012/05/08/kantor-pemerintahan-boros-pakai-listrik diakses 25 Maret 2015.

Plomp, TJ. 1994. Educational Design: Introduction. From Tjeerd Plomp (edg Educational & Training System Design: Introduction. Design of Education and Training (in Dutch). Utrecht (the Netherlands): Lemma. Netherland. Facultyof Educational Science and Technology, University of Twente.

PT. PLN. Statistik PLN 2012 http://www.pln.co.id/dataweb/STAT/STAT2012IND.pdf diakses 1 April 2014.

Roem, Prasetyo. 2004. Beberapa Cara Baru Penghematan Energi Listrik. Tidak diterbitkan.

Seels, Barbara B., Richey, Rita C. 1994. Teknologi Pembelajaran: Definisi dan Kawasannya. Penerjemah: Dewi S. Prawiradilaga, dkk. Jakarta: Kerjasama IPTPI LPTK UNJ.

Sunyoto, dkk. 2015. Pengembangan Standar Intensitas Konsumsi Energi Gedung Laboratorium dan Bengkel di FT UNY. Laporan Penelitian Hibah Bersaing Tahun Pertama.

Sunyoto, dkk. 2016. Pengembangan Standar Intensitas Konsumsi Energi Gedung Laboratorium dan Bengkel di FT UNY. Laporan Penelitian Hibah Bersaing Tahun Kedua.




DOI: https://doi.org/10.21831/jee.v6i1.39221

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2022 Jurnal Edukasi Elektro

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Indexed by:

Supported by:

RJI Main logo

Lisensi Creative Commons

JURNAL EDUKASI ELEKTRO by Jurusan Pendidikan Teknik Elektro, Fakultas Teknik UNY distributed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License based on the copyright of https://journal.uny.ac.id/index.php/jee/.