PENGEMBANGAN ALAT BANTU PENYUSUNAN DAN BIMBINGAN KARYA ILMIAH DENGAN MODEL SKILL TREE

Fanani Arief Ghozali, Universitas Ahmad Dahlan Yogyakarta, Indonesia
Muchlas Muchlas, Universitas Ahmad Dahlan Yogyakarta, Indonesia
Rustam Asnawi, Universitas Negeri Yogyakarta, Indonesia
Rio Tirto Sudarma, Universitas Ahmad Dahlan, Indonesia
Dwi Feriyanto, Universitas Aisyah Pringsewu, Indonesia

Abstract


ABSTRACT:

This study aims to: (1) produce a product in the form of an android application as a tool for the preparation of scientific papers using the skill tree model; (2) knowing the results of the software performance that using the skill tree model. This research is development research with a combined method of the waterfall method and Dick and Carey. This study focuses on software functionality so that testing is carried out by software quality control. Research data obtained through observation, interviews, a document study, and questionnaires. The results of this study are: (1) the product is developed by applying the skill tree model in an android application designed using Android Studio; (2) the test results by quality control, seen from the aspects of functionality, reliability, efficiency, maintainability, and portability, obtained a percentage of 76.9% (Very Good) for supervisor and 77.8% (Very Good) for teacher applications.


ABSTRAK:

Penelitian ini bertujuan untuk: (1) menghasilkan produk berupa aplikasi android sebagai alat bantu penyusunan karya ilmiah dengan model skill tree; (2) mengetahui hasil unjuk kerja software yang menggunakan model skill tree. Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan dengan metode gabungan antara metode waterfall dan Dick and Carey. Penelitian ini memberikan fokus pada fungsionalitas perangkat lunak sehingga pengujian dilakukan oleh quality control perangkat lunak. Data penelitian diperoleh melalui observasi, wawancara, studi dokumen, dan angket. Hasil penelitian ini adalah sebagai berikut: (1) produk dikembangkan dengan menerapkan model skill tree dalam aplikasi android yang dirancang menggunakan Android Studio; (2) hasil pengujian oleh quality control dilihat dari aspek functionality, reliability, efficiency, maintainability, dan portability didapat persentase 76,9% (Sangat Baik) untuk pembimbing dan 77,8% (Sangat Baik) untuk aplikasi guru.


Keywords


model skill tree, quality control, software, Android

Full Text:

PDF

References


Agarwal B. B, Tayal S. P, & M., G. (2010). Software Engineering and Testing. Sudbury: Jones and Bartlett Publishers.

Arsyad. (2006). Media Pembelajaran. Jakarta: Raja Grafindo Persada.

Asosiasi Penyelenggara Jasa Internet Indonesia. (2016). Survei Internet APJII 2016. Diakses dari https://apjii.or.id/content/read/39/264/Survei-Internet-APJII-2016 pada tanggal 16 Juni 2017.

Aswandi. (2014). Publikasi Ilmiah Guru. Diakses dari https://fkip.untan.ac.id/p-publikasi-ilmiah-guru.html pada tanggal 21 Juli 2018.

Dick, Walter., Carey, Lou., Et AL. (2015). The Systematic Design of Instruction: Eight Edition. US: Pearson Education, Inc.

Heinimäki. (2015). Technology Trees and Tools: Constructing Development Graphs for Digital Games. Tampere: Tampere University of Technology.

Peraturan Bersama Menteri Pendidikan Nasional dan Kepala Badan Kepegawaian Negara Nomor : 03/V/Pb/2010 Nomor : 14 Tahun 2010 tentang Petunjuk Pelaksanaan Jabatan Fungsional Guru dan Angka Kreditnya. Jakarta: 2010.

Peraturan Menteri Negara Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi Nomor 16 Tahun 2009 tentang Jabatan Fungsional Guru dan Angka Kreditnya. Jakarta: 2009.

Pressman, Roger S. (2010). Software Engineering A practitoner’s Approach (Seventh Edition). New York: The McGraw-Hill Companies, Inc.

Priyanto, Aris. (2013). Tantangan dan Peluang Mencermati Permenpan dan Reformasi Birokrasi No. 16 Tahun 2009. Diakses dari http://arispriyanto-sma1jogja. blogspot.com/2013/10/mau-naik-pangkatgolongan-siapa-takut.html pada tanggal 21 Juli 2018.

Vizureanu, Petrică. (2012). Advances in Expert Systems. Croatia: InTech.




DOI: https://doi.org/10.21831/jee.v5i1.38731

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2021 Jurnal Edukasi Elektro

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Indexed by:

Supported by:

RJI Main logo

Lisensi Creative Commons

JURNAL EDUKASI ELEKTRO by Jurusan Pendidikan Teknik Elektro, Fakultas Teknik UNY distributed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License based on the copyright of https://journal.uny.ac.id/index.php/jee/.