PERANCANGAN MEDIA PEMBELAJARAN PRODUK KREATIF DAN KEWIRAUSAHAAN BERBASIS ANDROID DI SMK ELEKTRONIKA INDONESIA BUKITTINGGI

Muhammad Zakir, IAIN Bukittinggi, Indonesia
Hari Antoni Musril, IAIN Bukittinggi, Indonesia

Abstract


ABSTRACT:

This study aims to develop Android-based learning media in the XI class of Creative Products and Entrepreneurship subjects. The type of research used is Research and Development (R&D) research. Using the 4-D (four D) version of the development model. Consists of 4D define, design, develop, disseminate. The system development model uses the Luther - Sutopo multimedia development model. The results of this study indicate that Android-based learning media developed on the subject. Class XI Creative and Entrepreneurship Products are appropriate for use in learning by teachers and students. Based on several stages of the trial, the learning media is categorized as valid with the feasibility level of the validity test with an average value of 0.90 in a very valid way, the practicality test of the writer gets an average of 1.0 with a very high category, and in the effectiveness test the writer gets an average - The average value of 0.98 in the very effective category, based on the test results of this product, can be useful for teachers, students, and advanced researchers.

ABSTRAK:

Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan media pembelajaran berbasis android pada mata pelajaran Produk Kreatif dan Kewirausahaan kelas XI. Jenis penelitian yang penulis gunakan adalah penelitian Research and Development (R&D). Menggunakan model pengembangan versi 4-D (four D). 4D terdiri dari define, design, develop, dessiminatte. Model pengembangan sistemnya menggunakan model pengembangan multimedia Luther – Sutopo. Dari hasil penelitian ini menunjukkan bahwa media pembelajaran berbasis android yang dikembangkan pada mata pelajaran Produk Kreatif dan Kewirausahaan kelas XI sudah layak untuk digunakan dalam pembelajaran oleh guru dan siswa. Berdasarkan beberapa tahapan uji coba, media pembelajaran dikategorikan valid dengan tingkat kelayakan uji validitas dengan rata-rata nilai 0,90 yaitu sangat valid, uji praktikalitas penulis mendapatkan rata-rata 1,0 dengan kategori sangat tinggi, dan pada uji efektivitas penulis mendapatkan rata-rata nilai 0,98 dengan kategori sangat efektiv, berdasarkan hasil uji produk ini, dapat bermanfaat bagi guru, siswa dan peneliti lanjutan.


Keywords


design, learning media, android

Full Text:

PDF

References


A. Hafid Firgiawan. 2015. Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Mobile Application Menggunakan Adobe Air For Android Pada Mata Pelajaran Teknik Elektronika Dan Jaringan Untuk Siswa Kelas X Jurusan Rekayasa Perangkat Lunak SMK YPKK 1 Sleman. https://eprints.uny.ac.id/26112/. Universitas Negeri Yogyakarta Fakultas Teknik.

A. N. Khomarudin and L. Efriyanti. 2018. Pengembangan Media Pembelajaran Mobile Learning Berbasis Android Pada Mata Kuliah Kecerdasan Buatan. J. Educ. J. Educ. Stud., vol. 3, no. 1, p. 72, doi: 10.30983/educative.v3i1.543.

B. S. C. Kustandi. 2011. Media Pembelajaran Manual dan Digital. Bogor: Ghalia Indonesia.

H. A. Musril, Jasmienti, and M. Hurrahman. 2020. Implementasi Teknologi Virtual Reality Pada Media Pembelajaran Perakitan Komputer. JANAPATI J. Nas. Pendidik. Tek. Inform., vol. 9, pp. 83–95.

M. Khanif Syarifudin, 2017. Pengembangan Aplikasi Mobile Learning Menggunakan Adobe Flash CS6 Sebagai Penunjang Pembelajaran Fisika Pada Materi Hukum Newton Untuk Siswa SMA/MA Kelas X. http://eprints.walisongo.ac.id/7832/. Universitas Islam Negeri Walisongo Semarang.

Muhson, Ali. 2010. Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Teknologi Informasi. Jurnal Pendidikan Akuntansi Indonesia, Volume 8, Nomor 2, doi: 10.21831/jpai.v8i2.949.

O. Riri, 2019. Pengembangan Media Pembelajaran Digital IPA di SMP N 3 Kecamatan Pangkalan. Journal of Educational Studies, Volume 4, Nomor 2.

Shoimin, A. 2014. Model Pembelajaran Inovatif dalam Kurikulum 2013. Yogyakarta: Ar-Ruzz Media.

Z. Sesmiarni. 2014. Kecerdasan Jamak dalam Pembelajaran IPA di Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Dasar, Volume 1, Nomor 2, pp. 180–189.




DOI: https://doi.org/10.21831/jee.v4i2.35371

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2020 Jurnal Edukasi Elektro

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Indexed by:

Supported by:

RJI Main logo

Lisensi Creative Commons

JURNAL EDUKASI ELEKTRO by Jurusan Pendidikan Teknik Elektro, Fakultas Teknik UNY distributed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License based on the copyright of https://journal.uny.ac.id/index.php/jee/.