Kelayakan E-modul Berbasis Android Untuk Mendukung Pembelajaran Aplikasi PLC Sebagai Pengendali Mesin Pengisi dan Penutup Botol Otomatis di SMK

Sukir Sukir, Jurusan Pendidikan Teknik Elektro FT UNY, Indonesia

Abstract


Tujuan  penelitian ini adalah untuk mengetahui unjuk kerja dan tingkat kelayakan e-modul berbasis android untuk mendukung pembelajaran aplikasi PLC sebagai pengendali mesin pengisi dan penutup botol otomatis pada Kompetensi Keahlian Teknik Instalasi Tenaga Listrik di SMK N1 Pundong, Bantul. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian dan pengembangan yang mengacu pada model ADDIE menurut Branch. Hasil penelitian menunjukkan telah dihasilkan  e-modul berbasis android untuk mendukung pembelajaran aplikasi PLC sebagai pengendali mesin pengisi dan penutup botol otomatis dengan nama  Modul PLC TOI, dengan format file .apk, yang memiliki unjuk kerja yang baik dengan ditandai semua menu dapat berfungsi dengan baik. Selain itu produk e-modul tersebut memiliki kelayakan untuk diterapkan dalam pembelajaran  pada kategori  sangat layak, yang ditandai gabungan skor validasi ahli materi, ahli media dan penilaian siswa sebesar 84,46%.

Keywords


e-modul, android, mesin pengisi dan penutup botol, PLC

Full Text:

PDF


DOI: https://doi.org/10.21831/jee.v3i2.28788

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2020 Jurnal Edukasi Elektro

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Indexed by:

Supported by:

RJI Main logo

Lisensi Creative Commons

JURNAL EDUKASI ELEKTRO by Jurusan Pendidikan Teknik Elektro, Fakultas Teknik UNY distributed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License based on the copyright of https://journal.uny.ac.id/index.php/jee/.