PEMBELAJARAN GERBANG LOGIKA DASAR BERBANTUAN MOBILE DI SEKOLAH MENENGAH KEJURUAN

Farah Puspa Marsyaly, Jurusan Pendidikan Teknik Elektro FT UNY, Indonesia

Abstract


Makalah ini merupakan bagian dari penelitian dengan tujuan untuk mengetahui dampak media pembelajaran mobile untuk penguasaan gerbang logika dasar dalam proses pembelajaran di SMK. Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan menggunakan pendekatan ADDIE untuk pengembangan materi dan pendekatan Waterfall Pressman untuk pengembangan perangkat lunak. Subjek dari penelitian ini yaitu 27 siswa kelas XI pada SMK Muhammadiyah Kudus. Data diperoleh menggunakan tes. Hasil dari validitas, reliabilitas, daya beda, dan indeks kesukaran tes diketahui masing-masing sebesar 0.492, 0.810, 0.373, dan 0.594. Data yang telah diperoleh dianalisis menggunakan uji  Wilcoxon dan nilai gain. Hasil penelitian ini dapat diketahui bahwa media pembelajaran mobile berdampak pada penguasaan gerbang logika dasar dengan nilai signifikansi posttest terhadap 0.008 pada dan juga ditunjukkan dari skor gain sebesar 37.04%, yang berarti terdapat peningkatan dalam proses pembelajaran pada mata pelajaran gerbang logika dasar. 

 

Kata kunci: Pembelajaran Mobile, Gerbang Logika Dasar

Full Text:

PDF


DOI: https://doi.org/10.21831/jee.v1i1.13257

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2019 Jurnal Edukasi Elektro

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Indexed by:

Supported by:

RJI Main logo

Lisensi Creative Commons

JURNAL EDUKASI ELEKTRO by Jurusan Pendidikan Teknik Elektro, Fakultas Teknik UNY distributed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License based on the copyright of https://journal.uny.ac.id/index.php/jee/.