UPAYA MENINGKATKAN PRESTASI DAN KARAKTER KEMANDIRIAN BELAJAR SISWA MELALUI PENDEKATAN RECIPROCAL TEACHING PADA MATA DIKLAT SIMULASI DIGITAL (SD) KELAS I TIPTL2 SMK N 2 PENGASIH KULON PROGO TAHUN 2015/2016
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan hasil dan kemandirian belajar siswa pada mata pelajaran Simulasi Digital siswa kelas I Teknik Instalasi Pemanfaatan Tenaga Listrik (TIPTL). Penelitian ini merupakan penelitian Tindakan Kelas (Classroom Action Research) dengan 2 (dua) siklus. Seting penelitian ini adalah kegiatan pembelajaran Simulasi Digital. Penelitian ini di laksanakan di kelas I pada semester genap tahun pelajaran 2015/2016 pada bulan Januari sampai Juni 2016. Subyek penelitian ini adalah semua siswa kelas I TIPTL, yang berjumlah 32 orang dan pengampu mata pelajaran tersebut. Prosedur (1) perencanaan (planning), (2) pelaksanaan tindakan (action), (3) observasi (observation), dan (4) reflkesi (reflection) dalam setiap siklus. Instrumen penelitian ini menggunakan angket, catatan lapangan, lembar observasi, dan dokumentasi. Untuk memperoleh data penelitian, disusun dua perangkat pembelajaran dan empat instrumen penelitian. Hasil penelitian menunjukkan bahwa setelah mengikuti pembelajaran dengan pendekatan reciprocal teaching, 100% peserta didik telah mencapai nilai sesuai dengan Kriteria Ketuntasan Minimal (KKM) secara individual maupun klasikal. Kemandirian belajar peserta didik dikategorikan baik.
Kata kunci: hasil belajar , karakter kemandirian belajar, reciprocal teaching
Full Text:
PDFDOI: https://doi.org/10.21831/jee.v1i1.13251
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2019 Jurnal Edukasi Elektro
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Indexed by:
Supported by:
JURNAL EDUKASI ELEKTRO by Jurusan Pendidikan Teknik Elektro, Fakultas Teknik UNY distributed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License based on the copyright of https://journal.uny.ac.id/index.php/jee/.