UPAYA MENINGKATKAN PRESTASI DAN KARAKTER KEMANDIRIAN BELAJAR SISWA MELALUI PENDEKATAN RECIPROCAL TEACHING PADA MATA DIKLAT SIMULASI DIGITAL (SD) KELAS I TIPTL2 SMK N 2 PENGASIH KULON PROGO TAHUN 2015/2016

sujad purnomo aji, S.Pd, smkn 2 pengasih, Indonesia

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan hasil dan kemandirian belajar siswa pada mata pelajaran Simulasi Digital siswa kelas I Teknik Instalasi Pemanfaatan Tenaga Listrik (TIPTL). Penelitian ini merupakan penelitian Tindakan Kelas (Classroom Action Research) dengan 2 (dua) siklus. Seting penelitian ini adalah kegiatan pembelajaran Simulasi Digital. Penelitian ini di laksanakan di kelas I pada semester genap tahun pelajaran 2015/2016 pada bulan Januari sampai Juni 2016. Subyek penelitian ini adalah semua siswa kelas I TIPTL, yang berjumlah 32 orang dan pengampu mata pelajaran tersebut. Prosedur (1) perencanaan (planning), (2) pelaksanaan tindakan (action), (3) observasi (observation), dan (4) reflkesi (reflection) dalam setiap siklus. Instrumen penelitian ini menggunakan angket, catatan lapangan, lembar observasi, dan dokumentasi. Untuk memperoleh data penelitian, disusun dua perangkat pembelajaran dan empat instrumen penelitian. Hasil penelitian menunjukkan bahwa setelah mengikuti pembelajaran  dengan pendekatan reciprocal teaching, 100% peserta didik telah mencapai nilai sesuai dengan Kriteria Ketuntasan Minimal (KKM) secara individual maupun klasikal. Kemandirian belajar peserta didik  dikategorikan baik.

Kata kunci: hasil belajar , karakter kemandirian belajar,  reciprocal teaching


Full Text:

PDF


DOI: https://doi.org/10.21831/jee.v1i1.13251

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2019 Jurnal Edukasi Elektro

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Indexed by:

Supported by:

RJI Main logo

Lisensi Creative Commons

JURNAL EDUKASI ELEKTRO by Jurusan Pendidikan Teknik Elektro, Fakultas Teknik UNY distributed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License based on the copyright of https://journal.uny.ac.id/index.php/jee/.