Kinerja guru sekolah dasar pada masa pandemi covid-19 berdasarkan perspektif motivasi, lingkungan kerja dan komunikasi pemimpin
Pujianto Yugopuspito, Universitas Pelita Harapan, Indonesia
Abstract
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Aqib, Z. (2020). Profesionalisme guru dalam pembelajaran. Bandung: Penerbit Trahma Widya. 63-67.
Nurmin, A., Suryani, L., & Sulaeman, A. (2020). Kepemimpinan dan Komunikasi pengaruhnya terhadap Kepuasan Kerja sebagai Variabel Intervening. KREATIF Jurnak Ilmiah Prodi Manajement Univeritas Pamulan, 8(1), 124-137. DOI: 10.32493/jk.v8i1.y2020.p124-137¬¬¬¬
Syamsul, B., & Fahkry, Z. (2015). Model Penelitian Kuantitatif Berbasis SEM-AMOS. Yogyakarta: Deepublish. 1-175.
DataPokokPendidikan. (2022). Data Pokok Pendidikan Direktorat Jenderal Pendidikan Anak Usia Dini, Pendidikan Dasar dan Pendidikan Menengah. Retrieved from https://dapo.kemdikbud.go.id/guru/2/280300.
Sakka, D. W. (2021). Tingkat Pendidika dan Motivasi Kerja Terhadap Kinerja. Jurnal Bisnis, Manajemen dan Informasi, 17(3), 289-311.
Hakim, F., & Khair, H. (2020). Pengaruh Komunikasi dan Lingkungan Kerja Terhadap Kinerja Karyawan Pada PT.Angkasa Pura II (Persero) Kantor Cabarng Kualanamu. Jurnal Ilmiah Magister Manajemen, 3(1), 107-119. DOI: 10.30596/maneggio.v3i1.4834
Fadhilah, A. R., Fitri, R. R., & Wibowo, Y. S. (2021). Distance education di masa covid-19: tinjauan terhadap sistem, kebijakan, dan tantangan e-education di sekolah. Jurnal Akuntabilitas Manajemen Pendidikan. 9(2), 171-188. DOI: https://doi.org/10.21831/jamp.v9i1.42648
Hakiim, S., Sadiyah, H., Mutmainah, L., Ichsanul A’mal, M., & Arfinanti, N. (2021). Peningkatan mutu Pendidikan di Kelas IX pada Masa Pandemi Covid-19. Jurnal Akuntabilitas Manajemenn Pendidikan. 9(1), 11-19. DOI: https://doi.org/10.21831/jamp.v9i1.37922
Hernawati, S. P., & Sutarno. (2019). Pengaruh Kedisiplinan, Motivasi dan Lingkungan Kerja Terhadap Kinerja Guru Mata pelajaran Ujian Nasional pada SMK Gita Kirtti 1 Jakarta. Jurnal Ilmiah KOPUTASI, Vol. 18, No:3, September 2019, p-ISSN 1412-9434/e-ISSN 2549-7227. Hal: 229 – 240. doi: http://dx.doi.org/10.32409/jikstik.18.3.2642
Purwanto, A. (2021). Studi Eksplorasi Dampak Work from Home (WFH) Terhadap Kinerja Guru Selama Pandemi Covid-19. EduPsyCouns: Journal of Education, Psychology and Counseling, 2(1), 92-100.
Rizki, M., & Fauzi, M. (2021). Membangun Komunikasi Organisasi untuk Mengembangkan Kinerja Guru di MTsS TPI Sawit Seberang. Cybernetics: Journal Educational Research and Social Studies, 2(1), 187-197.
Rohim, A., & Abdullah. (2019). Strategi Komunikasi Pimpinan Toko Buku Latansa Gontor dalam Menjaga Kinerja Pegawai. SAHAFA: Journal of islamic Comunication, 2(1), 93-103. DOI: 10.21111/sjic.v2i1.3884
Santoso, W. Y. A. (2019). Analisis Kinerja Berbasis Komunikasi Kepemimpinan dan Gaya Kepemimpinan dengan Motivasi Sebagai Variabel Intervening. UPAJIWA : Jurnal Ekonomi, Bisnis dan Manajemen Daulat Rakyat, 3(2) 99-114.
Iba, Z., Saifuddin, S., Marwan, M., & Konadi, W. (2021). Pengaruh motivasi, budaya organisasi, lingkungan, dan kepuasan kerja terhadap kinerja guru SMA Kota Juang. Jurnal Akuntabilitas Manajemen Pendidikan, 9(1), 75-84. DOI: https://doi.org/10.21831/jamp.v9i1.36970
Sudaryono. (2021). Statistik Inferensial Untuk Penelitian. Yogyakarta: ANDI (Anggota IKAPI). 1-130
Sugiyono. (2017). Metode Penelitian Kombinasi (Mixed Methods). Bandung: Alfabeta CV, Cetakan ke -1.
Sugiyono. (2019). Metode Penelitian Kuantitatif. Bandung: Alfabeta. Hal: 226.
Sunardi. (2019). Implementasi Komunikasi Interpersonal terhadap Kinerja Guru di SD Negeri Jejangkit Timur Tahun Pelajaran 2016/2017. Jurnal Pendidikan Ilmu Pengetahuan Sosial, 11(1), 83 – 94. DOI: https://doi.org/10.37304/jpips.v11i1.1110
Harahap, S. S. (2019). Hubungan Usia, Tingkat Pendidikan, Kemampuan Bekerja dan Masa Bekerja Terhadap Kinerja Pegawai dengan menggunakan Metode Perason Corellation. Jurnal Teknovasi. 6(2), 12-26. DOI: http://dx.doi.org/10.55445/teknovasi.v6i2.326
Walid, A. B. (2019). Pengaruh Motivasi Kerka, Kompetensi dan Lingkungan Kerja terhadap Kinerja Guru SMK Negeri 2 Kota Bekasi. Indikator. Jurnal Ilmiah Manajement & Bisnis. ISSN: 2598-4888. 3(2), 155-170. DOI: http://dx.doi.org/10.22441/indikator.v3i2.11865
Widuri, V. S., Bernarto, I., & Wuisan, D. (2020). Pengaruh Disiplin Kerja, Motivasi Kerja, dan Budaya Organisasi terhadap Kinerja. Jurnal Administrasi Bisnis (JAB), 10(2), 55 - 62. DOI: https://doi.org/10.35797/jab.10.2.2020.31268.55-62
Yusrina, P. (2012). Perbedaan Kinerja Konselor SMK Negeri dan SMK Swasta Kota Pekalongan. Indonesian. Journal of Guidance and Counseling: Theory and Application, 1(2). https://doi.org/10.15294/ijgc.v1i2.2049
Zinni, Z., Siregar, D. R., & Simanjuntak, D. C. Y. (2021). pengaruh komunikasi, motivasi dan lingkungan kerja terhadap kinerja karyawan PTPN III Kebun Rambutan. Jurnal Ilmiah MEA (Manajemen, Ekonomi, & Akuntansi), 5(2), 667-689. https://doi.org/10.31955/mea.vol5.iss2.pp667-689
DOI: https://doi.org/10.21831/jamp.v10i1.48066
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2022 Jurnal Akuntabilitas Manajemen Pendidikan
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Our journal indexed by:
ISSN 2461-0550 (online) || ISSN 2337-7895 (print)
Jurnal Akuntabilitas Manajemen Pendidikan by http://journal.uny.ac.id/index.php/jamp is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License. |