Kinerja guru sekolah dasar pada masa pandemi covid-19 berdasarkan perspektif motivasi, lingkungan kerja dan komunikasi pemimpin
DOI:
https://doi.org/10.21831/jamp.v10i1.48066Keywords:
kinerja guru, motivasi guru, lingkungan kerja, komunikasi pemimpin, covid-19Abstract
Pandemi Covid-19 membuat proses belajar mengajar harus dilakukan secara daring, sehingga dapat menimbulkan berbagai kendala yang mempengaruhi kinerja guru. Tiga faktor yang paling berpengaruh pada kinerja guru pada masa pandemi yaitu motivasi kerja, lingkungan kerja dan komunikasi pemimpin. Tujuan penelitian ini untuk memetakan hubungan ketiga faktor tersebut terhadap kinerja guru. Penelitian ini menggunakan metode analisis jalur untuk melukiskan dan menguji model hubungan antar variabel. Instrumen penelitian yang digunakan adalah kuesioner dengan teknik pengambilan sampel yang didistribusikan kepada 174 guru pada 12 Sekolah Dasar di Tangerang. Analisis data dilakukan menggunakan uji validitas momen produk Pearson, uji reliabilitas menggunakan Cronbach's Alpha, uji normalitas data, uji regresi Teknik ANOVA untuk mengetahui pengaruh antar variabel, dan uji R-square untuk mengetahui pengaruh variabel independen dan dependen. Berdasarkan analisis data, dapat disimpulkan bahwa lingkungan kerja dan komunikasi pemimpin berpengaruh positif terhadap motivasi guru, dan lingkungan kerja, motivasi guru, dan komunikasi pemimpin berpengaruh positif terhadap kinerja guru.References
Aqib, Z. (2020). Profesionalisme guru dalam pembelajaran. Bandung: Penerbit Trahma Widya. 63-67.
Nurmin, A., Suryani, L., & Sulaeman, A. (2020). Kepemimpinan dan Komunikasi pengaruhnya terhadap Kepuasan Kerja sebagai Variabel Intervening. KREATIF Jurnak Ilmiah Prodi Manajement Univeritas Pamulan, 8(1), 124-137. DOI: 10.32493/jk.v8i1.y2020.p124-137¬¬¬¬
Syamsul, B., & Fahkry, Z. (2015). Model Penelitian Kuantitatif Berbasis SEM-AMOS. Yogyakarta: Deepublish. 1-175.
DataPokokPendidikan. (2022). Data Pokok Pendidikan Direktorat Jenderal Pendidikan Anak Usia Dini, Pendidikan Dasar dan Pendidikan Menengah. Retrieved from https://dapo.kemdikbud.go.id/guru/2/280300.
Sakka, D. W. (2021). Tingkat Pendidika dan Motivasi Kerja Terhadap Kinerja. Jurnal Bisnis, Manajemen dan Informasi, 17(3), 289-311.
Hakim, F., & Khair, H. (2020). Pengaruh Komunikasi dan Lingkungan Kerja Terhadap Kinerja Karyawan Pada PT.Angkasa Pura II (Persero) Kantor Cabarng Kualanamu. Jurnal Ilmiah Magister Manajemen, 3(1), 107-119. DOI: 10.30596/maneggio.v3i1.4834
Fadhilah, A. R., Fitri, R. R., & Wibowo, Y. S. (2021). Distance education di masa covid-19: tinjauan terhadap sistem, kebijakan, dan tantangan e-education di sekolah. Jurnal Akuntabilitas Manajemen Pendidikan. 9(2), 171-188. DOI: https://doi.org/10.21831/jamp.v9i1.42648
Hakiim, S., Sadiyah, H., Mutmainah, L., Ichsanul A'mal, M., & Arfinanti, N. (2021). Peningkatan mutu Pendidikan di Kelas IX pada Masa Pandemi Covid-19. Jurnal Akuntabilitas Manajemenn Pendidikan. 9(1), 11-19. DOI: https://doi.org/10.21831/jamp.v9i1.37922
Hernawati, S. P., & Sutarno. (2019). Pengaruh Kedisiplinan, Motivasi dan Lingkungan Kerja Terhadap Kinerja Guru Mata pelajaran Ujian Nasional pada SMK Gita Kirtti 1 Jakarta. Jurnal Ilmiah KOPUTASI, Vol. 18, No:3, September 2019, p-ISSN 1412-9434/e-ISSN 2549-7227. Hal: 229 – 240. doi: http://dx.doi.org/10.32409/jikstik.18.3.2642
Purwanto, A. (2021). Studi Eksplorasi Dampak Work from Home (WFH) Terhadap Kinerja Guru Selama Pandemi Covid-19. EduPsyCouns: Journal of Education, Psychology and Counseling, 2(1), 92-100.
Rizki, M., & Fauzi, M. (2021). Membangun Komunikasi Organisasi untuk Mengembangkan Kinerja Guru di MTsS TPI Sawit Seberang. Cybernetics: Journal Educational Research and Social Studies, 2(1), 187-197.
Rohim, A., & Abdullah. (2019). Strategi Komunikasi Pimpinan Toko Buku Latansa Gontor dalam Menjaga Kinerja Pegawai. SAHAFA: Journal of islamic Comunication, 2(1), 93-103. DOI: 10.21111/sjic.v2i1.3884
Santoso, W. Y. A. (2019). Analisis Kinerja Berbasis Komunikasi Kepemimpinan dan Gaya Kepemimpinan dengan Motivasi Sebagai Variabel Intervening. UPAJIWA : Jurnal Ekonomi, Bisnis dan Manajemen Daulat Rakyat, 3(2) 99-114.
Iba, Z., Saifuddin, S., Marwan, M., & Konadi, W. (2021). Pengaruh motivasi, budaya organisasi, lingkungan, dan kepuasan kerja terhadap kinerja guru SMA Kota Juang. Jurnal Akuntabilitas Manajemen Pendidikan, 9(1), 75-84. DOI: https://doi.org/10.21831/jamp.v9i1.36970
Sudaryono. (2021). Statistik Inferensial Untuk Penelitian. Yogyakarta: ANDI (Anggota IKAPI). 1-130
Sugiyono. (2017). Metode Penelitian Kombinasi (Mixed Methods). Bandung: Alfabeta CV, Cetakan ke -1.
Sugiyono. (2019). Metode Penelitian Kuantitatif. Bandung: Alfabeta. Hal: 226.
Sunardi. (2019). Implementasi Komunikasi Interpersonal terhadap Kinerja Guru di SD Negeri Jejangkit Timur Tahun Pelajaran 2016/2017. Jurnal Pendidikan Ilmu Pengetahuan Sosial, 11(1), 83 – 94. DOI: https://doi.org/10.37304/jpips.v11i1.1110
Harahap, S. S. (2019). Hubungan Usia, Tingkat Pendidikan, Kemampuan Bekerja dan Masa Bekerja Terhadap Kinerja Pegawai dengan menggunakan Metode Perason Corellation. Jurnal Teknovasi. 6(2), 12-26. DOI: http://dx.doi.org/10.55445/teknovasi.v6i2.326
Walid, A. B. (2019). Pengaruh Motivasi Kerka, Kompetensi dan Lingkungan Kerja terhadap Kinerja Guru SMK Negeri 2 Kota Bekasi. Indikator. Jurnal Ilmiah Manajement & Bisnis. ISSN: 2598-4888. 3(2), 155-170. DOI: http://dx.doi.org/10.22441/indikator.v3i2.11865
Widuri, V. S., Bernarto, I., & Wuisan, D. (2020). Pengaruh Disiplin Kerja, Motivasi Kerja, dan Budaya Organisasi terhadap Kinerja. Jurnal Administrasi Bisnis (JAB), 10(2), 55 - 62. DOI: https://doi.org/10.35797/jab.10.2.2020.31268.55-62
Yusrina, P. (2012). Perbedaan Kinerja Konselor SMK Negeri dan SMK Swasta Kota Pekalongan. Indonesian. Journal of Guidance and Counseling: Theory and Application, 1(2). https://doi.org/10.15294/ijgc.v1i2.2049
Zinni, Z., Siregar, D. R., & Simanjuntak, D. C. Y. (2021). pengaruh komunikasi, motivasi dan lingkungan kerja terhadap kinerja karyawan PTPN III Kebun Rambutan. Jurnal Ilmiah MEA (Manajemen, Ekonomi, & Akuntansi), 5(2), 667-689. https://doi.org/10.31955/mea.vol5.iss2.pp667-689
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
The authors submitting a manuscript to this journal agree that, if accepted for publication, copyright publishing of the submission shall be assigned to Jurnal Akuntabilitas Manajemen Pendidikan. However, even though the journal holds the copyright, the authors retain (or are granted back) significant scholarly rights.
Jurnal Akuntabilitas Manajemen Pendidikan by http://journal.uny.ac.id/index.php/jamp is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.