Optimalisasi link and match sebagai upaya relevansi SMK dengan dunia usaha dan dunia industri (DUDI)
Nono Hery Yoenanto, Airlangga University, Indonesia
Abstract
Keberadaan SMK untuk membekali peserta didik ketrampilan khusus agar dapat diaplikasikan di dunia kerja cenderung kontradiktif karena melihat realita dunia kerja belum menampung banyak lulusan SMK. Link and match sebagai bentuk program yang mengantarkan keterkaitan (link) atau kompetensi lulusan pendidikan sepatutnya sesuai dengan permintaan dan kebutuhan pembangunan berupa kesesuaian (match) atau hasilnya cocok dengan kebutuhan DUDI dalam segi kuantitas, kualitas, ragam, kualifikasi dan waktu. Tujuan penulisan artikel ini untuk mengoptimalkan penerapan link and match sebagai upaya relevansi SMK dengan dunia usaha dan dunia industri (DUDI). Artikel dibuat berdasarkan tinjauan literatur melalui Portal Garuda selanjutnya dianalisis menggunakan metode deskriptif. Berdasarkan hasil analisis pada 9 literatur mengungkapkan bahwa adanya program link and match sangat membantu dalam menjalin kerjasama SMK dengan DUDI dengan ragam pendekatan seperti competency based training (CBT) dan strategi seperti program MoU dunia usaha dan dunia industri (DUDI), penyelarasan kurikulum, praktek kerja industri (PRAKERIN), dan uji kompetensi keahlian (UKK) sehingga link and match akan efektif dan menguntungkan kedua belah pihak.
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Azman, A., Ambiyar, W. S., Arwizet, K, Oskah, D. (2020). Link and Match policy ini vocational in education to address the problem of unemployement. International journal of multi science. 1 (6)
Arksey, Hilary., O'Malley, Lisa. (2005). Scoping studies: towards a methodological framework, International Journal of Social Research Methodology. 8 (1).
Cahyanti, S.D, Mintasih Indriayu, & Sudarno. (2018). Implementasi program Link and Match dengan dunia usaha dan dunia industri pada luluaan SMK Negeri 1 Surakarta. BISE: Jurnal Pendidikan Bisnis dan Ekonomi. 4 (1). http://dx.doi.org/10 .20961/bise.v4i1.20028
Disas, E.P. (2018). Link and Match sebagai kebijakan pendidikan kejuruan. Jurnal Penelitian Pendidikan. DOI: 10.17509/jpp.v18i2.12965
Gaeta, G. L., Lavadera, G. L., & Pastore, F. (2017). Much Ado about Nothing? The Wage Penalty of Holding a PhD Degree but Not a PhD Job Position. Research in Labor Economics, 10(1), 243–277.
Husein, M. T. (2019). Link and Match pendidikan sekolah kejuruan. Rausyan Fikr : Jurnal Pemikiran dan Pencerahan, 15(2). https://doi.org/10.31000/rf.v15i2.2037
Irwanto. (2021). Link and Match pendidikan kejuruan dengan dunia usaha dan industri di Indonesia. Jurnal Inovasi Pendidikan. 2(2).
Jabbar, K. A. (2020). Manajemen hubungan lembaga pendidikan Islam dengan dunia usaha dan industri (DUDI). 2(1), 17.
Jubaedah, Y., Rohaeni, N., Tati. (2016). Model Link and Match dengan pendekatan Competency Based Training pada pembelajaran tata graha di sekolah menengah kejuruan. Jurnal Penelitian Pendidikan, 15(1). https://doi.org/10.17509/jpp.v15i1.1281
Judisseno, R. K. (2008). Jadilah Pribadi yang Kompeten di Tempat Kerja. Jakarta: PT Gramedia Pustaka Utama.
Perkins, Card D. (1998). Vocational and Technical Education Assistance to The States. Public Law 105-332. Departmen of Education.
Presiden Republik Indonesia. (2003). Undang-undang republik indonesia nomor 20 tahun 2003 tentang sistem pendidikan nasional. Jakarta: Presiden Republik Indonesia.
Khasanah, Uswatun. (2020). Link and Match program with business and industry (DUDI) as an effort for placement of graduates at SMK Muhammadiyah Delanggu. Journal of Islam and Science. 7 (2). https://doi.org/10.24252/jis.v7i2.16455
Putranto, I. (2017). Pengembangan Model Kerja Sama Link and Match Untuk Meningkatkan Kesiapan Kerja Bagi Lulusan SMK Kompetensi Keahlian Akuntansi di Kota Semarang. Jurnal Mandiri : Ilmu Pengetahuan, Seni, dan Teknologi, 1(1), 68–83. https://doi.org/10.33753/mandiri.v1i1.10
Putri, E. K., Pd, S., & Pd, M. (2021). Link and Match analysis of vocational education; case study of industrial work practice student of class XI Dharma Putra 1Private Vocational School, Jakarta in PT. Bukaka Engineering Main 2018/2019 Academic Year. 2(2), 8
Senarath, S.A.C.L. & Patabendige, S. (2014). Job-Education Mismatch Among the Graduates: A Sri Lankan Perspective. 1.
DOI: https://doi.org/10.21831/jamp.v10i1.48008
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2022 Jurnal Akuntabilitas Manajemen Pendidikan
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Our journal indexed by:
ISSN 2461-0550 (online) || ISSN 2337-7895 (print)
Jurnal Akuntabilitas Manajemen Pendidikan by http://journal.uny.ac.id/index.php/jamp is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License. |