Peningkatan mutu perguruan tinggi melalui manajemen pendidik dan tenaga kependidikan
Warman Warman, Universitas Mulawarman Samarinda, Indonesia
Agustina Pitriyani, SMP N 11 Samarinda, Indonesia
Yesepa Yesepa, STKPK Bina Insan Samarinda, Indonesia
Abstract
Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan metode studi kasus fenomenologi dan pendekatan yang digunakan adalah cross-sectional. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui implementasi manajemen pendidik dan tenaga kependidikan pada Perguruan Tinggi Keagamaan Katolik Swasta serta mengeksplorasi upaya peningkatan mutu Perguruan Tinggi melalui manajemen pendidik dan tenaga kependidikan yang profesional. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa implementasi manajemen pendidik dan tenaga kependidikan diawali dengan membuat perencanaan rekrutmen SDM berdasarkan assessment kebutuhan dan menentukan prioritas rekrutmen pendidik dan tenaga kependidikan, proses rekrutmen, sistem kontrak kerja, pembinaan dan pengembangan, dan penilaian kinerja. Sedangkan upaya peningkatan mutu perguruan tinggi melalui manajemen pendidik dan tenaga kependidikan yang profesional dilakukan dengan memfasilitasi pendidik dan tenaga kependidikan untuk melakukan studi lanjut pada perguruan tinggi nasional dan internasional, memberikan pelatihan dan pengembangan diri sesuai dengan profesi pendidik dan tenaga kependidikan pada tingkat lokal dan nasional, serta memfasilitasi pendidik (dosen) melaksanakan penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat (PkM).
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Al Ayubi, A. A., & Wibowo, U. B. (2020). Management of Educators and Education Personnel at SDN Potrojayan 3 Prambanan. 114–122.
Al Kadri, H., & Widiawati. (2020). Strategic Planning in Developing the Quality of Educators and Education Personnel. Indonesian Research Journal in Education, 324–346. https://doi.org/10.22437/irje.v4i2.9410
Amon, L., Ping, T., & Poernomo, S. A. (2021). Tugas dan Fungsi Manajemen Pendidik dan Tenaga Kependidikan. Gaudium Vestrum: Jurnal Kateketik Pastoral, 1–12. https://ojs.stkpkbi.ac.id/index.php/jgv/article/view/117/96
Bastas, M., & Altinay, Z. (2019). Employment for Disability: Human Resources Management in Higher Education for Quality. International Journal of Disability, Development and Education, 66(6), 610–615. https://doi.org/10.1080/1034912X.2019.1643456
Fauzan, F. (2021). Manajemen Sumber Daya Manusia Perspektif Humani Relation pada Era Revolusi Industri 4.0 di Sekolah Menengah Atas. Millennial: Jurnal Pendidikan dan Studi Islam, 1(2). https://doi.org/10.34556/millennial.v1i2.89
Fauzi, A. (2018). Human Resource Management dalam Meningkatkan Mutu Dosen PTKIS. At-Ta’lim: Jurnal Pendidikan, 4(1), 21–34. https://doi.org/10.36835/attalim.v4i1.50
Fitri, A., Imron Rosyadi, K., & Jalaludin, J. (2021). Manajemen Sumber Daya Manusia dalam Meningkatkan Mutu Pendidikan di Sekolah Tinggi Agama Islam Ma’arif Sarolangun. http://repository.uinjambi.ac.id/id/eprint/7019
Hasbi, I., Fuadi, A., Nadeak, B., Arifudin, O., Juliastuti, J., Lestari, A. S., Utomo, W. T., Rianita, N. M., Fatmasari, R., & Pasaribu, E. (2021). Administrasi Pendidikan (Tinjauan Teori dan Praktik). Widina Bhakti Persada Bandung. https://repository.penerbitwidina.com/media/348219-administrasi-pendidikan-tinjauan-teori-d-e645dc06.pdf
Hasnadi, H. (2019). Perencanaan Sumber Daya Manusia Pendidikan. Bidayah: Studi Ilmu-Ilmu Keislaman, 10(2). http://ejournal.staindirundeng.ac.id/index.php/bidayah/article/view/270/178
Karana, D. P. (2016). Implementasi Manajemen Pendidikan Inklusif di SD Negeri Gadingan Wates dan MI Ma’arif Pagerharjo Samigaluh. Jurnal Akuntabilitas Manajemen Pendidikan, 4(1), 63–76. https://doi.org/10.21831/amp.v4i1.8192
Karnati, N. (2017). Implementasi Manajemen Pendidik dan Tenaga Kependidikan Berbasis Sekolah dalam Peningkatan Mutu Sekolah Dasar di Kota Bekasi. PARAMETER: Jurnal Pendidikan Universitas Negeri Jakarta, 29(2), 185–191. https://doi.org/10.21009/parameter.292.06
Kemal, I., Suryadi, S., & Rosyidi, U. (2019). Management of Lecturers Resource Development at Higher Education. International Journal of Higher Education, 8(5), 246. https://doi.org/10.5430/ijhe.v8n5p246
Kemendikbud. (2020). Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia Nomor 03 tahun 2020 tentang Standar Nasional Pendidikan Tinggi (SNPT).
Lin, Y., Wang, X., & Xu, R. (2020). Semi-Supervised Human Resource Scheduling Based on Deep Presentation in The Cloud. EURASIP Journal on Wireless Communications and Networking, 2020(1), 73. https://doi.org/10.1186/s13638-020-01677-6
Lisnandari, L. (2018). Manajemen Rekrutmen Tenaga Pendidik di Madrasah Aliyah. Jurnal Isema : Islamic Educational Management, 3(2), 193–200. https://doi.org/10.15575/isema.v3i2.5011
Littlecott, H. J., Moore, G. F., & Murphy, S. M. (2018). Student Health and Well-Being in Secondary Schools: The Role of School Support Staff Alongside Teaching Staff. Pastoral Care in Education, 36(4), 297–312. https://doi.org/10.1080/02643944.2018.1528624
Mahmudah, F. N., & Putra, E. C. S. (2021). Tinjauan Pustaka Sistematis Manajemen Pendidikan: Kerangka Konseptual Dalam Meningkatkan Kualitas Pendidikan Era 4.0. Jurnal Akuntabilitas Manajemen Pendidikan, 9(1), 43–53. https://doi.org/10.21831/jamp.v9i1.33713
Maisah, M., Fauzi, H., Aprianto, I., Amiruddin, A., & Zulqarnain, Z. (2020). Strategi Pengembangan Mutu Perguruan Tinggi. Jurnal Ilmu Manajemen Terapan. https://doi. org/10.31933/jimt. v1i5, 202. https://doi.org/10.31933/jimt.v1i5.202
McDonnell, A., Burgess, J., Carbery, R., & Sherman, U. (2018). Special issue of International Journal of Human Resource Management: Gig work: Implications for the employment relationship and human resource management. The International Journal of Human Resource Management, 1–4. https://doi.org/10.1080/09585192.2018.1495410
Miles, M. B., & Huberman, A. M. (1994). Qualitative data analysis: An expanded sourcebook. SAGE Publications.
Mukhlisoh, M. (2018). Manajemen Pendidik dan Tenaga Kependidikan di Madrasah Tsanawiyah Sunan Kalijaga Siwuluh. Jurnal Kependidikan, 6(2), 233–248. https://doi.org/10.24090/jk.v6i2.1941
Muniroh, J., & Muhyadi, M. (2017). Manajemen Pendidik dan Tenaga Kependidikan di Madrasah Aliyah Negeri Kota Yogyakarta. Jurnal Akuntabilitas Manajemen Pendidikan, 5(2), 161–173. https://doi.org/10.21831/amp.v5i2.8050
Primayana, K. H. (2016). Manajemen Sumber Daya Manusia dalam Peningkatan Mutu Pendidikan di Perguruan Tinggi. Jurnal Penjaminan Mutu, 1(2), 7–15. http://www.ejournal.ihdn.ac.id/index.php/JPM/article/viewFile/45/54
Putra, M. R. E., Marianita, M., & Prananosa, A. G. (2019). Rekrutmen Dosen dan Tenaga Kependidikan di STKIP PGRI Lubuklinggau. Alignment: Journal of Administration and Educational Management, 2(1), 61–69. https://doi.org/10.31539/alignment.v2i1.704
Rosser, A. (2018). Beyond access: Making Indonesia’s education system work. Lowy Institute For International Policy. http://hdl.handle.net/11540/8034
Rusmini, R. (2015). Peningkatan Mutu Lembaga Pendidikan Tinggi Melalui Pengembangan Sumber Daya Manusia. Al-Fikrah: Jurnal Kependidikan Islam IAIN Sulthan Thaha Saifuddin, 6, 56567. https://media.neliti.com/media/publications/publications/56567-ID-peningkatan-mutu-lembaga-pendidikan-ting.pdf
Sanda, Y., & Amon, L. (2019). Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Jigsaw untuk Meningkatkan Keaktifan dan Hasil Belajar Siswa dalam Pelajaran Agama Katolik. Gaudium Vestrum: Jurnal Kateketik Pastoral, 37–48. https://ojs.stkpkbi.ac.id/index.php/jgv/article/view/128
Shen, J., & Benson, J. (2016). When CSR Is a Social Norm: How Socially Responsible Human Resource Management Affects Employee Work Behavior. Journal of Management, 42(6). https://doi.org/10.1177/0149206314522300
Sugiyono, P. (2017). Metode Penelitian Bisnis: Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, Kombinasi, dan R&D. CV. Alfabeta: Bandung.
Warman, W., Lorensius, L., & Rohana, R. (2021). Curriculum of Management in Improving the Quality of Catholic School Education in Samarinda City, East Kalimantan, Indonesia. Budapest International Research and Critics Institute-Journal (BIRCI-Journal). https://repository.unmul.ac.id/handle/123456789/8299
Yusup, Y., Sanusi, A., Trisnamansyah, S., & Muchtar, H. S. (2021). The Effect of Tridharma Human Resource Management in Higher Education on Improving the Quality of Private Higher Education Lecturers in Clusters of Higher Schools in DKI Jakarta and West Java Regions. Journal of Industrial Engineering & Management Research, 2(4), 190–208. https://doi.org/10.7777/jiemar.v2i4.177
Zheng, Y. (2020). Research on Innovation of Human Resource Management Mechanism in Colleges and Universities Based on Computer Aided Technology. Journal of Physics: Conference Series, 1648(3), 032192. https://doi.org/10.1088/1742-6596/1648/3/032192
DOI: https://doi.org/10.21831/jamp.v10i1.47855
Refbacks
Copyright (c) 2022 Jurnal Akuntabilitas Manajemen Pendidikan
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Our journal indexed by:
ISSN 2461-0550 (online) || ISSN 2337-7895 (print)
Jurnal Akuntabilitas Manajemen Pendidikan by http://journal.uny.ac.id/index.php/jamp is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License. |