PENGARUH PENERAPAN MBS, PENGELOLAAN PEMBELAJARAN DAN PARTISIPASI KOMITE SEKOLAH TERHADAP MUTU PENDIDIKAN SD/MI

Authors

  • Gunawan Eko Waluyo SDN Muncar 02
  • Samsul Hadi Universitas Negeri Yogyakarta

DOI:

https://doi.org/10.21831/amp.v2i2.2446

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penerapan manajemen berbasis sekolah, pengelolaan pembelajaran  dan partisipasi komite sekolah secara parsial maupun bersama-sama terhadap mutu pendidikan SD/MI di kecamatan limpung kabupaten batang. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan jenis penelitian korelasional. Populasi penelitian adalah seluruh SD/MI baik negeri maupun swasta di Kecamatan Limpung Kabupaten Batang yang berjumlah 40 SD/MI dengan sampel sejumlah 36, menggunakan teknik kluster (cluster random sampling). Pengumpulan data dilakukan dengan memberikan angket kepada guru dan kepala sekolah. Teknik analisis data yang digunakan adalah regresi linear sederhana dan regresi ganda dengan taraf signifikansi 0,05. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa terdapat pengaruh yang positif dan signifikan penerapan MBS (r2 = 35,1%), pengelolaan pembelajaran (r2= 11,1%) dan partisipasi komite sekolah (r2= 40,1%) terhadap mutu pendidikan SD/MI di kecamatan Limpung kabupaten Batang, dan secara bersama-sama berpengaruh 58,9%.

Kata Kunci: manajemen berbasis sekolah, pengelolaan pembelajaran, komite sekolah, mutu pendidikan

Downloads

Published

2014-09-01

How to Cite

Waluyo, G. E., & Hadi, S. (2014). PENGARUH PENERAPAN MBS, PENGELOLAAN PEMBELAJARAN DAN PARTISIPASI KOMITE SEKOLAH TERHADAP MUTU PENDIDIKAN SD/MI. Jurnal Akuntabilitas Manajemen Pendidikan, 2(2), 159–173. https://doi.org/10.21831/amp.v2i2.2446

Issue

Section

Articles