MANAJEMEN PENDIDIKAN KARAKTER DI SMA DE BRITTO YOGYAKARTA

Authors

  • Y. Rimawan Prihartoyo YPG-SMA GAMA
  • Siti Irene Astuti Dwiningrum Universitas Negeri Yogyakarta

DOI:

https://doi.org/10.21831/amp.v2i1.2415

Abstract

Pendidikan karakter di Indonesia dinilai gagal. Penyebabnya diyakini bahwa manajemen pendidikan karakter di sekolah belum berlangsung sebagaimanamestinya. Penelitian dilakukan untuk mengetahui dan mendiskripsikan bagaimana manajemen pendidikan karakter dilakukan di SMA De Britto dan apa saja faktor pendukung dan penghambatnya. SMA De Britto memiliki landasan yang kokoh di bidang pendidikan karakter, dan tertuang dalam Pedoman Kolese De Britto. Pendidikan karakter SMA De Britto dibagi dalam tiga tahapan besar yaitu pendidikan ekskursi, live in, dan retret. Metode penelitian adalah deskriptif kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa manajemen pendidikan karakter di SMA De Britto telah berjalan sebagaimana mestinya. Direncanakan dengan matang melibatkan orang tua dan berpedoman pada visi misi secara kuat, diorganisasikan dengan baik, dilaksanakan dengan dinamis, dikontrol dan diawasi dengan tegas oleh pejabat yang ditunjuk, dan dievaluasi secara komprehensif melalui cara personalis, pendampingan, dan retret/geladi rohani. Faktor penghambat adalah orang tua peserta didik yang meragukan program pendidikan karakter De Britto. Sedangkan pendukung dapat diketahui adanya yayasan yang kuat, jaringan alumni yang kuat, dana mantap, lokasi strategis, SDM terpilih/unggul, dan lain-lain.

Kata kunci: karakter, pendidikan karakter, manajemen pendidikan karakter

Downloads

Published

2014-04-01

How to Cite

Prihartoyo, Y. R., & Dwiningrum, S. I. A. (2014). MANAJEMEN PENDIDIKAN KARAKTER DI SMA DE BRITTO YOGYAKARTA. Jurnal Akuntabilitas Manajemen Pendidikan, 2(1), 135–146. https://doi.org/10.21831/amp.v2i1.2415

Issue

Section

Articles