Kesiapan Guru Sejarah SMA Islam 1 Gamping Sleman dalam Implementasi Kurikulum 2013

Aman Aman, Universitas Negeri Yogyakarta

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk: (1) mengetahui kesiapan guru sejarah SMA Islam I Gamping Sleman dalam implementasi kurikulum 2013, dan (2) mengetahui upaya-upaya apa yang telah dilakukan guru dan sekolah dalam mempersiapkan implementasi kurikulum 2013. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian kualitatif deskriptif, data yang digunakan adalah data hasil wawancara, observasi, dan dokumentasi; validitas menggunakan triangulasi dan informant review; dan model analisis yang digunakan adalah model interaktif. guru sejarah di SMA Islam I Gamping Sleman yang berjumlah 2 orang pada dasarnya sudah siap untuk menerapkan kurikulum 2013 pada tahun 2014 ini. Hal ini ditunjukkan dengan kemampuannya untuk mengembangkan perangkat pembelajaran berdasarkan perangkat pembelajaran, media pembelajaran,  dan lembar penilaian yang sudah sesuai dengan tuntutan kurikulum 2013. Upaya-upaya yang dilakukan oleh guru dan sekolah adalah: mengikuti pelatihan kurikulum 2013 yang diselenggarakan oleh pemerintah, mengikutkan guru-guru untuk workshop kurikulum 2013 yang diselenggarakan oleh perguruan tinggi dan LSM, serta mengikuti seminar-seminar kurikulum 2013 di sekolah-sekolah maupun dinas pendidikan.

 

Kata Kunci: kesiapan, implementasi, kurikulum 2013


Full Text:

Untitled


DOI: https://doi.org/10.21831/istoria.v11i2.7557

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2015 Aman Aman

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Printed ISSN (p-ISSN): 1858-2621
Online ISSN (e-ISSN): 2615-2150

ISTORIA has been Indexed by:

           

Supervised by:

RJI Main logo

 

Lisensi Creative Commons
/>Jurnal ISTORIA: Jurnal Pendidikan dan Sejarah by History Education Study Program, UNY is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Flag Counter View My Journal Stats