PERKEMBANGAN VISUAL IKLAN DISPLAY OTOMOTIF DI SURAT KABAR HARIAN KOMPAS (1965-1998)
Abstract
Penelitian ini bertujuan menelaah perkembangan iklan sejak masuk ke Indonesia dan juga merekontruksi perkembangan visualiasi iklan display otomotif yang ada di Harian Kompas dari tahun 1965 hingga tahun 1998. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode historis yang terdiri dari Heuristik, Verifikasi, Interpretasi, dan Penulisan Sejarah. Dari penelitian ini diperoleh hasil penelitian yaitu perkembangan iklan display otomotif terbagi menjadi dua periode, periode pertama yaitu tahun 1965-1972. Pada periode pertama ini iklan display otomotif di Harian Kompas menggunakan teknologi gambar tangan sehingga visualiasi iklan masih berupa ilustrasi, selain itu iklan pada periode pertama ini juga masih hitam dan putih. Pada periode pertama ini iklan otomotif masih sedikit menghiasi ruang-ruang iklan yang ada di Harian Kompas. Periode kedua tahun 1973-1998, pada periode kedua ini terjadi perkembangan menonjol dalam visualisasi iklan display otomotif di Harian Kompas, dimana sudah digunakannya teknologi kamera analog untuk memproduksi visual iklan otomotif. Penggunaan kamera analog menjadikan visualiasi iklan otomotif sudah menggunakan gambar/foto produk sehingga menjadi riil. Selain itu, pada periode kedua ini sudah menggunakan mesin cetak offset yang membuat produksi menjadi lebih efektif dan membuat iklan display otomotif sudah berwarna.
Full Text:
PDFReferences
Barthes, R. (1977). Image, Music, Text. Fontana Press.
Chalmers, I. (1996). Konglomerasi: Negara dan Modal dalam Industri Otomotif Indonesia 1950-1985. Gramedia Pustaka.
Dunn, S. W., & Barban, A. M. (1986). Advertising: its role in modern marketing (6th editio). The Dryden Press.
Dwicahyo, S. (2013). Pertumbuhan Ekonomi di Era Orde Baru. Lembaran Sejarah, 10(2), 176–179. https://doi.org/10.22146/lembaran-sejarah.23707
Hasan, H. (2018). Iklan Rokok Class Mild (Analisis Semiotika Rolan Barthes). In S1 Skripsi UIN ALAUDDIN MAKASSAR. http://repositori.uin-alauddin.ac.id/17108/%0Ahttp://repositori.uin-alauddin.ac.id/17108/1/hasnidar-100111.pdf
Hill, D. T. (2011). Pers Di Masa Orde Baru. Yayasan Pustaka Obor Indonesia.
Hisyam, C. J. (2020). Sistem Sosial Budaya Indonesia. Bumi Aksara.
Meier, K. (1988). The Political Economy of Regulation The Case of Insurance. SUNY Press.
Notosusanto, N. (1992). Sejarah Nasional Indonesia VI. Balai Pustaka.
Pamungkas, A. B. (2020). SURAT KABAR SUARA MERDEKA TAHUN 1950-2010 Skripsi Diajukan untuk Penelitian Skripsi Strata-1 dalam Ilmu Sejarah.
Rose, G. (2001). Visual Methodologies: An Introduction to Researching with Visual Methodologies (4th ed.). Sage Publications.
Setianingrum, Y. (2017). Kreativitas dalam Desain Iklan Rokok di Jawa, 1930-1970an. Lembaran Sejarah, 9(2), 156. https://doi.org/10.22146/lembaran-sejarah.23775
Soewardikoen, D. W. (2015). VISUALISASI IKLAN INDONESIA ERA 1950-1957. Calpulis.
Sutamat, M. (2012). Kompas, Menjadi Perkasa Karena Kata. Galang Press.
DOI: https://doi.org/10.21831/istoria.v19i2.70344
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2024 Adika Setiawan
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Printed ISSN (p-ISSN): 1858-2621
Online ISSN (e-ISSN): 2615-2150
ISTORIA has been Indexed by:
Supervised by:
/>Jurnal ISTORIA: Jurnal Pendidikan dan Sejarah by History Education Study Program, UNY is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.