PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN MIND MAP PERANG ASIA TIMUR RAYA (MIPPAR) BERBASIS X-MIND MATERI PERANG ASIA TIMUR RAYA UNTUK KELAS XI IPS SMA NASIONAL MALANG

Edwin Ariwianto, Universitas Negeri Malang, Indonesia

Abstract


Abstrak- Penggunaan smartphone pada kehidupan siswa tidak dapat terelakkan. Smartphone sendiri juga sudah menjadi sarana dalam proses pembelajaran terutama pada proses pembelajaran Sejarah Peminatan. Perlunya media pembelajaran berbasis digital juga dibutuhkan pada SMA Nasional Malang. penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan media pembelajaran kemudian melakukan uji coba validitas dan kelayakan media pembelajaran. Metode yang digunakan peneliti yaitu metode research and development dengan model 4D (define, design, develop, dissemination). Instrumen yang digunakan dalam penelitian berupa angket observasi kebutuhan dan potensi, angket validasi materi, angket validasi media, serta angket uji coba produk. Produk dari penelitian pengembangan berupa mind map digital MIPPAR dengan basis aplikasi X-Mind yang disertai dengan fitur catatan penjelas serta tautan/attachment yang dapat memudahkan siswa memahami materi yang dibawakan khususnya materi sejarah Perang Asia Timur Raya. Hasil dari skor validasi materi sebesar 92% (sangat baik) dan skor validasi media sebesar 83% (sangat tinggi), uji coba media MIPPAR dalam kelompok kecil mendapat skor 84% (sangat tinggi) dan uji coba kelompok besar mendapatkan skor 89% (sangat tinggi). Sehingga dari skor yang diperoleh, dapat disimpulkan media MIPPAR memiliki tingkat kelayakan media yang sangat tinggi.
Kata kunci: Media pembelajaran, MIPPAR, Perang Asia Timur Raya

 

Abstract-The use of smartphones in students' lives is inevitable. Smartphones themselves have also become a tool in the learning process, especially in the process of learning History Specialization. The need for digital-based learning media is also needed at SMA Nasional Malang. This research aims to produce learning media and then test the validity and feasibility of learning media. The method used by researchers is the research and development method with the 4D model (define, design, develop, dissemination). The instruments used in the research are needs and potential observation questionnaires, material validity questionnaires, media validity questionnaires, and product trial questionnaires. The product of the development research is a MIPPAR digital mind map based on the X-Mind application which is accompanied by explanatory notes and links/attachments that can make it easier for students to understand the material presented, especially the historical material of the Great East Asian War. The results of the material validation score of 92% (very good) and the media validation score of 83% (very high), the MIPPAR media trial in small groups scored 84% (very high) and the large group trial scored 89% (very high). So from the scores obtained, it can be concluded that MIPPAR media has a very high level of media feasibility.
Keywords: Learning media, MIPPAR, Greater East Asia War


Full Text:

PDF

References


Arikunto, S. (2017). Pengembangan Instrumen Penelitian dan Penilaian Program. Yogyakarta, Pustaka Pelajar, 53.

Buzan, T. (2018). Mind Map Mastery: The Complete Guide to Learning and Using the Most Powerful Thinking Tool in the Universe. London: Watkins Media Limited.

Dong, Y., Zhu, S., & Li, W. (2021). Promoting sustainable creativity: An empirical study on the application of mind mapping tools in graphic design education. Sustainability, 13(10), 5373.

Febrina, C., Dewi, S., Mariyana, R., & Febrina, W. (2021). Tingkat Ketergantungan Gadget Pada Anak Usia Sekolah di Kota Bukittinggi. REAL in Nursing Journal, 4(3), 216–224.

Ismail, M. I. (2020). Teknologi pembelajaran sebagai media pembelajaran. Cendekia Publisher.

Ismanto, E., Novalia, M., & Herlandy, P. B. (2017). Pemanfaatan Smartphone Android Sebagai Media Pembelajaran bagi Guru SMA Negeri 2 Kota Pekanbaru. Jurnal pengabdian untukmu negeri, 1(1), 42–47.

Khotimah, S. K. S. H. (2021). Pemanfaatan Media Pembelajaran, Inovasi di Masa Pandemi Covid-19. Edukatif: Jurnal Ilmu Pendidikan, 3(4), 2149–2158.

Nasution, J. A., Neviyarni, N., & Alizamar, A. (2017). Motif Siswa memiliki Smartphone dan Penggunaannya. JPPI (Jurnal Penelitian Pendidikan Indonesia), 3(2), 15–29.

Nurfadhillah, S. (2021). Media Pembelajaran Pengertian Media Pembelajaran, Landasan, Fungsi, Manfaat, Jenis-Jenis Media Pembelajaran, dan Cara Penggunaan Kedudukan Media Pembelajaran. Sukabumi: CV Jejak (Jejak Publisher).

Nursyam, A. (2019). Peningkatan minat belajar siswa melalui media pembelajaran berbasis teknologi informasi. Ekspose: Jurnal Penelitian Hukum dan Pendidikan, 18(1), 811–819.

Ryananda, C. (2022). Pentingnya Pengembangan Bahan Ajar Mind Mapping pada Pembelajaran Sejarah. KRINOK| Jurnal Pendidikan Sejarah dan Sejarah, 1(2), 27–37.

Safiinatunnajah, R., & Fikry, Z. (2021). Hubungan Antara Kontrol Diri dengan Prokrastinasi Akademik pada Siswa Pengguna Media Sosial. Jurnal Pendidikan Tambusai, 5(1), 228–332.

Sagala, S. M., Heriadi, M., Ababiel, R., & Nasution, T. (2022). Pendidikan Sejarah serta problematika yang dihadapi di masa kini. Jurnal Pendidikan Dan Konseling (JPDK), 4(3), 1918–1925.

Sugiyono, D. (2013). Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif dan R&D.

Sukardi, H. M. (2019). Metodologi Penelitian Pendidikan: Kompetensi dan Praktiknya (Edisi Revisi). Jakarta: Bumi Aksara.

Wahyuni, W., & Putri, R. M. (2023). Pengaruh Intensitas Penggunaan Smartphone Terhadap Perilaku Prokrastinasi Akademik Siswa. Wahana Didaktika: Jurnal Ilmu Kependidikan, 21(2), 376–387.




DOI: https://doi.org/10.21831/istoria.v20i1.68410

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2024 Edwin Ariwianto

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Printed ISSN (p-ISSN): 1858-2621
Online ISSN (e-ISSN): 2615-2150

ISTORIA has been Indexed by:

           

Supervised by:

RJI Main logo

 

Lisensi Creative Commons
/>Jurnal ISTORIA: Jurnal Pendidikan dan Sejarah by History Education Study Program, UNY is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Flag Counter View My Journal Stats