PENGEMBANGAN MEDIA BLOG SEJARAH UNTUK PEMBELAJARAN SEJARAH DI SMA

M. Nur Rokhman,
Sardiman Sardiman,
Rendra Pramandanu,

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk: (1) mengembangkan Media dan Bahan ajar Blog Sejarah  pada materi  masuknya  Hindu Buddha di Indonesia untuk pembelajaran  SMA  dan (2) mengetahui kelayakan Blog sejarah tersebut berdasarkan penilaian ahli materi, ahli media, guru dan siswa. Penelitian ini adalah penelitian pengembangan  (Research and Development) melalui 10 langkah pengembangan, yaitu: (1) potensi masalah, (2) mengumpulkan informasi/ data, (3) design produk, (4) validasi design, (5) perbaikan design, (6) ujicoba produk, (7) revisi produk, (8) uji coba pemakaian, (9) revisi produk, dan (10) pembuatan produk. Tehnik pengumpulan data menggunakan lembar penilaian. Analisis data menggunakan analisis deskriptif kuantitatif. Hasil penelitian ini adalah Blog sejarah materi Hindu Buddha untuk peserta didik SMA/MA kelas XI. Berdasarkan penilaian ahli materi produk akhir Blog sejarah ini memperoleh skor rerata 81,2%, penilaian dari ahli media produk ahir Blog sejarah memperoleh skor rerata 80,8% kemudian produk tahap ahir dari guru memperoleh 84,4% dan dari siswa 82,9%. Keseluruan rata rata adalah 82,2% dengan kategori sangat baik.

 

Kata kunci : Media Blog, Blog sejarah, Hindu Buddha

Full Text:

PDF PDF


DOI: https://doi.org/10.21831/istoria.v11i1.5763

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2015 M. Nur Rokhman, Sardiman Sardiman, Rendra Pramandanu

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Printed ISSN (p-ISSN): 1858-2621
Online ISSN (e-ISSN): 2615-2150

ISTORIA has been Indexed by:

           

Supervised by:

RJI Main logo

 

Lisensi Creative Commons
/>Jurnal ISTORIA: Jurnal Pendidikan dan Sejarah by History Education Study Program, UNY is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Flag Counter View My Journal Stats