PERAN TAMAN SISWA DALAM PEMBENTUKAN RASA NASIONALISME PADA MASA PERGERAKAN NASIONAL
Aprilia Triaristina, Universitas Lampung, Indonesia
Abstract
Full Text:
PDFReferences
A, H. (2020). Taman Siswa, Pendidikan dan atau Gerakan Anti-Kolonial. Nalarasa, 4.
Acetylena, S. (2013). Analisis Implementasi kebijakan Pendidikan Karakter di Perguruan Taman Siswa Kecamatan Turen Kabupaten Malang. Jurnal Kebijakan dan Pengembangan PendidikanVolume 1, Nomor 1 , 59.
Jaya, I. (2012). Hoogere Burgerschool (HBS): Pendidikan Untuk Kaum Elite di Surabaya Tahun 1923-1950. Verlenden Vol.1 No.11, 17.
Made Suastika, N. K. (2002). Ki Hadjar Dewantara Pelopor Pendidikan Nasional. Cakrawala Pendidikan Th. XXI, No.3, 383.
Marwati Djoened Poesponegoro, N. N. (2010). Sejarah Nasional Indonesia V: Zaman Kebangkitan Nasional dan Masa Republik Indonesia (+ 1900-1942). Jakarta: Balai Pustaka.
Nasution. (1995). Sejarah Pendidikan Indonesia. Jakarta: Bumi Aksara.
Ora, F. B. (2011). Peranan Ki Hadjar Dewantara dalam Memajukan Pendidikan Pribumi. Skripsi Universitas Sanata Dharma Yogyakarta, 109-111.
Purwoko, D. (1994). Semangat Taman Siswa dan Perlawanannya terhadap Undang-Undang Sekolah Liar. Jurnal Ilmu Pendidikan Jilid 1 Nomor 2, 132.
Purwoko, D. (1994). Semangat Taman Siswa dan Perlawanannya Terhadap Undang-Undang Sekolah Liar. Jurnal Ilmu Pendidikan Jilid 1, No.2, 130.
Salindri, G. (2015). Pendidikan pada Masa Pemerintahan Kolonial Belanda di Surabaya tahun 1901-1942. Jurnal Publika Budaya Volume1 No.3, 25.
Soeratman, D. (1985). Ki Hajar Dewantara. Jakarta: Departemen Pendidikan dan Kebudayaan.
Sudarto, K. T. (2008). Pendidikan Modern dan Relevansi Pemikiran Ki Hadjar Dewantara. Yogyakarta: Majelis Luhur Taman Siswa.
Sukmana, W. J. (2021). Metode Penelitian Sejarah. Seri Publikasi Pembelajaran Vol.1 No.2, 3.
Surjomihardjo, A. (1986). Ki Hadjardewantara dan Taman Siswa dalam Sejarah Indonesia Modern. Jakarta: Sianar Harapan.
Tauchid, M. (1963). Perdjuangan dan Adjaran Hidup Ki Hajar Dewantara. Jogjakarta: Madjelis Luhur Taman Siswa.
Tauchid, M. (2004). Perjuangan dan Ajaran Hidup Ki Hajar Dewantara. Yogyakarta: Majelis Luhur Taman Siswa.
Wangid, M. N. (2009). SIistem Among pada Masa Kini: Kajian Konsep dan Praktik Pendidikan. Jurnal Kependidikan Volume 39, No. 2, 133.
Wasino, E. S. (2018). Metode Penelitian Sejarah: dari Riset hingga Penulisan . Yogyakarta: Magnum Pustaka Utama.
Zulflati, H. M. (2018). Sistem Among Ki Hajar Dewantara dalam Pendidikan Karakter di Sekolah Dasar. Prosiding Seminar Nasional Pendidikan FKIP Universitas Muhammadiyah Cirebon, 314-315.
DOI: https://doi.org/10.21831/istoria.v19i1.53750
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2023 Alfiani Rhamadani, Aprilia Triaristina
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Printed ISSN (p-ISSN): 1858-2621
Online ISSN (e-ISSN): 2615-2150
ISTORIA has been Indexed by:
Supervised by:
/>Jurnal ISTORIA: Jurnal Pendidikan dan Sejarah by History Education Study Program, UNY is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.