POTENSI PRASASTI SUMUṆḌUL SEBAGAI SUMBER PEMBELAJARAN ILMU PENGETAHUAN SOSIAL (IPS)

Naufal Raffi Arrazaq, Departemen Arkeologi, Fakultas Ilmu Budaya, Universitas Gadjah Mada, Indonesia
Daud Aris Tanudirjo, Departemen Arkeologi, Fakultas Ilmu Budaya, Universitas Gadjah Mada

Abstract


Tujuan penelitian ini ialah menganalisis relevansi isi Prasasti Sumuṇḍul dengan kompetensi dasar mata pelajaran IPS serta menganalisis potensi isi Prasasti Sumuṇḍul sebagai sumber pembelajaran IPS. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif. Pengumpulan data dilakukan dengan studi pustaka. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Prasasti Sumuṇḍul memiliki relevansi dengan kompetensi dasar serta indikator mata pelajaran IPS jenjang SMP/MTs kelas VII. Kompetensi dasar dan indikator tersebut membahas mengenai aspek politik, sosial, budaya, geografis, dan pendidikan masa Kerajaan Mataram Kuno. Isi Prasasti Sumuṇḍul membantu peserta didik untuk mengetahui beberapa aspek materi pembelajaran mengenai Kerajaan Mataram Kuno yaitu (1) struktur pemerintahan, (2) pejabat pemerintahan, (3) sistem penanggalan, (4) pembangunan sarana irigasi, (5) alat pertukaran, serta (6) pelestarian peninggalan sejarah.



Full Text:

PDF

References


Aisyah, S., Noviyanti, E., & Triyanto. (2020). Bahan Ajar sebagai Bagian dalam Kajian Problematika Pembelajaran Bahasa Indonesia. Jurnal Salaka. Vol. 2, No. 1, (pp.62-65).

Arrazaq, N.R. (2019). “The Value of Character Education Based on History of The Mataram Kuno Kingdom in The 8th-9th AD”. Istoria: Jurnal Pendidikan dan Sejarah. Vol. 15, No. 1, (pp.1-14).

Arrazaq, N.R., & Rochmat, S. (2020). Kehidupan Sosial Ekonomi Masyarakat Kerajaan Mataram Kuno Abad IX-X M: Kajian Berdasarkan Prasasti dan Relief. Patrawidya. Vol. 21, No. 2, (pp.211-227).

Balai Pelestarian Cagar Budaya DIY. (2017). “Prasasti Sumundul” dalam https://kebudayaan.kemdikbud.go.id/bpcbyogyakarta/prasasti-sumundul/. Diakses 1 Juni 2021.

Boechari. 2012. Melacak Sejarah Indonesia Kuno Lewat Prasasti. Jakarta: Kepustakaan Populer Gramedia.

Bušljeta, R. (2013). Effective Use of Teaching and Learning Resources. Czech-Polish Historical and Pedagogical Journal. Vol. 5, No. 2, (pp.55-70).

Fahmi, F. (2016). Pembelajaran IPS terpadu yang Menyenangkan dengan Pendekatan Konstruktivistik. Nusantara (Jurnal Ilmu Pengetahuan Sosial). Vol. 1, (pp.6-13).

Manik, K., & Gafur, A. (2016). Penerapan Metode Two Stay Two Stray Berbantukan Multimedia untuk Meningkatkan Aktivitas dan Hasil Belajar IPS. Harmoni Sosial: Jurnal Pendidikan IPS. Vol. 3, No. 1, (pp.39-49).

Margaretta, R., Kasiyati, E., & Darmosoetopo, R. (2015). Prasasti Meda Komunikasi Masa Lampau. Dalam Inajati Andrisijati Romli & Anggraeni (Ed). Mozaik Pusaka Budaya Yogyakarta. Yogyakarta: Balai Pelestarian Cagar Budaya Daerah Istimewa Yogyakarta, pp.107-118.

Menteri Pendidikan dan Kebudayaan. (2018). Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia Nomor 37 Tahun 2018 tentang Perubahan Atas Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Nomor 24 Tahun 2016 tentang Kompetensi Inti dan Kompetensi Dasar Pelajaran pada Kurikulum 2013 pada Pendidikan Dasar dan Pendidikan Menengah. Jakarta: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.

Nasution, T., & Lubis, M.A. (2018). Konsep Dasar IPS. Yogyakarta: Samudra Biru.

Rahardjo, S. (2011). Peradaban Jawa dari Mataram Kuno sampai Majapahit Akhir. Depok: Komunitas Bambu.

Rahmad. (2016). Kedudukan Ilmu Pengetahuan Sosial (IPS) pada Sekolah Dasar. Muallimuna: Jurnal Madrasah Ibtidaiyah. Vol. 2, No. 1, (pp.67-78).

Röll, V. & Menyer, C. (2020). Young People’s Perceptions of World Cultural Heritage: Suggestions for a Critical and Reflexive World Heritage Education. Sustainability, Vol. 12, No. 8640, (pp.1-18).

Setyastuti, A., Pramastuti, H., & Haryono, T. (2015). Pemukiman Relik Masyarakat Jawa Kuna. Dalam Inajati Andrisijati Romli & Anggraeni (Ed). Mozaik Pusaka Budaya Yogyakarta. Yogyakarta: Balai Pelestarian Cagar Budaya Daerah Istimewa Yogyakarta, pp.95-104.

Spiridon, P., Kosic, M., & Tuci, B. 2014. Cre-Active Youth Promoting Cultural Heritage for Tomorrow. Ad Alta: Journal of Interdisciplinary Research. Vol. 4, Issue 2, (pp.39-41).

Sugiyono. (2019). Metode Penelitian Pendidikan (Kuantitatif, Kualitatif, Kombinasi, R&D , dan Penelitian Pendidikan. Bandung: Alfabeta.

P., Timurti, N. (2008). Beberapa Data Sejarah dari Uraian Prasasti Panangaran dan Prasasti Sumundul 791 Saka (869 Masehi). (Skripsi. Universitas Indonesia).

Wurjantoro, E. (2011). Prasasti Berbahasa Jawa Kuno Abad VIII – X Masehi Bukan Koleksi Museum Nasional Alihaksara dan Terjemahan. Depok: Departemen Arkeologi, Fakultas Ilmu Pengetahuan Budaya, Universitas Indonesia.




DOI: https://doi.org/10.21831/istoria.v17i2.43028

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2021 Naufal Raffi Arrazaq

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Printed ISSN (p-ISSN): 1858-2621
Online ISSN (e-ISSN): 2615-2150

ISTORIA has been Indexed by:

           

Supervised by:

RJI Main logo

 

Lisensi Creative Commons
/>Jurnal ISTORIA: Jurnal Pendidikan dan Sejarah by History Education Study Program, UNY is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Flag Counter View My Journal Stats