YUNANI SEBAGAI ICON PERADABAN BARAT

Sudrajat Sudrajat, Universitas Negeri Yogyakarta

Abstract


Artikel ini berusaha untuk mengelaborasi perkembangan peradaban Yunani dari zaman paling awal sampai kulminasinya di zaman klasik. Zaman tersebut sering disebut sebagai “Keajaiban Yunani” karena bangsa Yunani dapat mencapai puncak perkembangan peradabannya. Dengan capaian tersebut budaya Yunani dipandang sebagai ikon bagi peradaban Barat.

 

Capaian tersebut bukan karena tanahnya yang subur dan makmur, akan tetapi karena jiwa Eropa yang haus akan pengetahuan dan memiliki disiplin yang tinggi. Dengan jiwa Eropa mereka mampu menaklukkan tantangan berupa alam yang ganas dan gersang serta mampu bersaing dengan peradaban yang cukup maju yaitu budaya Timur Dekat.

 

Perkembangan ilmu pengetahuan Yunani dalam bidang filsafat, seni sastra, seni arsitektur, kedokteran, matematika merupakan eksplorasi awal yang kemudian menjadi fondasi bagi perkembangan peradaban Barat. Dalam bidang filsafat, trio filsuf Yunani: Socrates, Plato, dan Aristoteles menghasilkan karya yang masih dipelajari dan dikaji oleh ilmuwan hingga sekarang ini.

 

Kata kunci: Yunani, peradaban.


Full Text:

PDF PDF


DOI: https://doi.org/10.21831/istoria.v8i1.3721

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2010 Sudrajat Sudrajat

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Printed ISSN (p-ISSN): 1858-2621
Online ISSN (e-ISSN): 2615-2150

ISTORIA has been Indexed by:

           

Supervised by:

RJI Main logo

 

Lisensi Creative Commons
/>Jurnal ISTORIA: Jurnal Pendidikan dan Sejarah by History Education Study Program, UNY is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Flag Counter View My Journal Stats