PELATIHAN MANAJEMEN KELAS PEMBELAJARAN DARING MENGGUNAKAN GOOGLE CLASSROOM
DOI:
https://doi.org/10.21831/ino.v27i1.73022Keywords:
Pelatihan, pembelajaran daring, google classroomAbstract
Program Pengabdian Masyarakat (PPM) ini bertujuan untuk memberikan pengetahuan dan keterampilan pengelolaan kelas pembelajaran daring menggunakan Google Classroom. Program Pengabdian Masyarakat dilaksanakan selama dua hari. Kegiatan sosialisasi ini diharapkan mampu mengatasi permasalahan guru dalam mengelola kelas pembelajaran daring mengingat pembelajaran daring masih akan dilaksanakan sampai keadaan pandemi covid-19 membaik. Metode yang digunakan dalam kegiatan pengabdian masyarakat ini meliputi : 1) metode ceramah, metode ceramah digunakan untuk memberikan penjelasan kepada peserta mengenai konsep, urgensi dan prinsip pembelajaran daring. 2) Tanya jawab, metode tanya jawab digunakan untuk mengenali persoalan-persoalan terkait dengan materi ceramah dan untuk menjawab kesulitan yang dihadapi peserta dalam rencana pelaksanaan pembelajaran daring. 3) Praktik dan pendampingan pengelolaan kelas menggunakan Google Classroom. Kegiatan PPM telah dilaksanakan dengan baik serta telah memberikan pengetahuan dan keterampilan tambahan bagi peserta. Pengetahuan dan keterampilan yang disampaikan adalah teori dan praktik mengenai pengelolaan pembelajaran daring menggunakan Google Classroom. Kegiatan PPM diikuti oleh 108 peserta di hari pertama dan 111 peserta di hari kedua. Junlah peserta (khalayak sasaran) melebihi dari target yang telah ditetapkanReferences
Abdulmajid, N. W., Pramuntadi, A., Riyanto, A. B., & Rochmah, E. (2017). Penerapan E-Learning sebagai Pendukung Adaptive Learning dan Peningkatan Kompetensi Siswa SMK di Kabupaten Bantul. Jurnal Taman Vokasi (V) 2, 170-182.
Hidayah, Fitri. (2012). Penerapan E-learning sebagai Media Pembelajaran mata Diklat Pemrograman Web Kelas XI Teknik Komputer Jaringan SMK N 2 Pengasih. Skripsi Universitas Negeri Yogyakarta
Prasojo, L. D., & Wibowo, U. B. (2014). Model Pengelolaan Pembelajaran Berbasis Web di SMA N 1 Bambanglipuro Kabupaten Bantul DIY. Jurnal Akuntabilitas Manajemen Pendidikan (2) 1, 58-69.
Referensi web:
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
- Authors certify that the work reported here has not been published before and contains no materials the publication of which would violate any copyright or other personal or proprietary right of any person or entity.
- Authors transfer or license the copyright of publishing to Jurnal Civics: Media Kajian Kewarganegaraan to publish the article in any media format, to share, to disseminate, to index, and to maximize the impact of the article in any databases.
- Authors hereby agree to transfer a copyright for publishing to Jurnal Civics: Media Kajian Kewarganegaraanas a Publisher of the manuscript.
- Authors reserve the following:
- all proprietary rights other than copyright such as patent rights;
- the right to use all or part of this article in future works of our own such as in books and lectures;
- use for presentation in a meeting or conference and distributing copies to attendees;
- use for internal training by author's company;
- distribution to colleagues for their research use;
- use in a subsequent compilation of the author's works;
- inclusion in a thesis or dissertation;
- reuse of portions or extracts from the article in other works (with full acknowledgement of final article);
- preparation of derivative works (other than commercial purposes) (with full acknowledgement of final article); and
- voluntary posting on open web sites operated by author or author's institution for scholarly purposes, but it should follow the open access license of Creative Common CC BY-NC-SA License.