Metode pelatihan pembuatan Edugame dalam pembelajaran Sekolah Dasar
Rukiyati Rukiyati, Universitas Negeri Yogyakarta, Indonesia
Rahayu Condro Murti, Universitas Negeri Yogyakarta, Indonesia
Siti Luzviminda Harum Pratiwi Setyawan, Universitas Negeri Yogyakarta, Indonesia
Anindita Ayu Nisa Utami, Univesitas Gadjah Mada, Indonesia
Abstract
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Ahsani, E. et al. (2021). Implementasi Literasi Budaya dan Kewargaan untuk Mengembangkan Keterampilan Sosial Siswa Madrasah Ibtidaiyah di Tengah Pandemi. Jurnal Pendidikan Kewarganegaraan, 11(01), 7. https://doi.org/10.20527/kewarganegaraan.v11i01.10317
Faturohman, N & Gunawan, A. (2021). Tantangan Lembaga Pendidikan Dasar Dalam Penyelenggaraan Pendidikan Pasca Pandemi Covid-19 di Kabupaten Serang. Jurnal Pendidikan Islam, Vol 8, No. 02. http://dx.doi.org/10.32678/geneo logipai.v8i2.5438
Fery, A. A. (2018). Perancangan Buku Ilustrasi Digital Painting Culinary Experience of Malang sebagai Upaya Mendukung Potensi Kuliner Legendaris di Kota Malang. Skripsi. Hlm 15.
Global Education Monitoring Report Team. (2016). Education for People and Planet: Creating Sustainable Futures for All. ED-2016/WS/33/Rev unesdoc.unesco.org
Helaluddin. (2018). Desain Literasi Budaya dalam Pembelajaran Bahasa Indonesia di Perguruan Tinggi. Jurnal Bahasa Indonesia, 1(2). https://doi.org/10.1164/rccm.200607-984PP
KomnasHAM. (2021). Masyarakat Alami Diskriminasi oleh Aparat Hukum. In Komisi Nasional Hak Asasi Manusia
Masten, A.S. (2001). Ordinary Magic: Resilience Processes, I: Development. American Psychologist, 56:227-238
Mubarrak, H., & Kumala, I. D. (2020). Diskriminasi terhadap Agama Minoritas: Studi Kasus di Banda Aceh. Seurune Jurnal Psikologi Unsyiah, 3(2), 42–60. https://doi.org/10.24815/s-jpu.v3i2.17553.
Nasiruddin, F.A. (2019). Pengaruh Model pembelajaran Kooperatif tipe Talking Chips Terhadap pengenalan Lambang Bilangan Romawi Pada Siswa Sekolah dasar di Kabupaten Maros. 1(3), 1-35
Nurjannah, A., dkk. (2020). Perencanaan Pembelajaran Berbasis Permainan Tradisional sebagai Afirmasi Literasi Budaya di SD. Indonesian Journal of Primary Education, 4(1), 47–55.https://doi.org/10.17509/ijpe.v4i1.25398.
Ochoa, G. G., & McDonald, S. (2019). Destabilisation and Cultural Literacy. Intercultural Education, 30(4), 351–367. https://doi.org/10.1080/14675986.2018.1540112
Permatasari, A. Membangun Kualitas Bangsa Dengan Budaya Literasi. (2015). Prosiding Seminar Nasional Bulan Bahasa UNIB 2015, 146–156. Bengkulu: Universitas Bengkulu.
Sroufe, L. A., Egeland, B., Carlson, E.A., & Collins, W. A. (2005). The development of the person: The Minnesota Study of Risk and Adaptation from birth to adulthood. New York, NY: The Guilford Press.
Sukamto, R. A. dan Shalahuddin, M. (2011). Modul Pembelajaran Rekayasa Perangkat Lunak. Bandung.
Tohani, E., & Sugito. (2019). Penguatan Literasi Budaya bagi Pelaku Seni Budaya Desa Kalirejo, Kecamatan Kokap, Kabupaten Kulon Progo. JIV-Jurnal Ilmiah Visi, 14(1), 39–46. https://doi.org/10.21009/JIV.1401.4
Triyono. (2019). Pentingnya Literasi Budaya di Desa Seni Jurang Blimbing. Anuva, 3(1), 77–85.
Yates, T.M., Egeland, B. & Sroufe, L.A. (2003). Rethinking resilience: a developmental process perspective. (In Luthar, S.S., ed. Resilience and vulnerability: adaptation in the context of childhood adversities. Cambridge: Cambridge University Press. p. 243-266.).
DOI: https://doi.org/10.21831/ino.v1i1.72640
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2024 INOTEKS : Jurnal Inovasi Ilmu Pengetahuan, Teknologi, dan Seni
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.