UPAYA MENGATASI ANAK BERKESULITAN BELAJAR DI SEKOLAH DASAR
Abstract
Tujuan kegiatan ini untuk membantu guru-gum Sekolah Dasar (SD) Jomblang II Kecamatan Brebeh, dalam menghadapi anak-anak yang mengalami kesulitan belajar di kelasnya, agar prestasi belajarnya dapat meningkat. Selain itu untuk merintis program pendidikan terpadu bagi anak berkelainan di sekolah dasar, dengan model kelas jauh.
Kegiatan ini dilaksanakan secara bertahap. Tahap pertama yaitu melatih guru untuk mampu mengidentifikasi siswa di kelasnya yang termasuk berkesulitan belajar dan melakukan tes intelligensi untuk mengetahui tingkat keeerdasannya. Tahap kedua, memberikan pelatihan pada guru SD tentang eara mengatasi kesulitan belajar siswa, dan tahap ketiga melakukan rintisan berdirinya pendidikan terpadu dengan model kelas jauh, yaitu bekerjasama dengan Sekolah Luar Biasa terdekat.
Hasilnya diketemukan 22 (dua puluh dua) anak mengalami kesulitan belajar. Setelah dites dengan tes intelligensi Raven temyata 50 % termasuk tunagrahita ringan, 13,6 % termasuk lamban belajar. 27,3 % termasuk normal, dan 9,7 % tingkat intelligensinya di atas normal. Dengan demikian kegiatan PPM ini perIu ditindak lanjuti sampai dengan tahap tiga.
Kata kunci : Berkesulitan belajar, sekolah dasar.
Kegiatan ini dilaksanakan secara bertahap. Tahap pertama yaitu melatih guru untuk mampu mengidentifikasi siswa di kelasnya yang termasuk berkesulitan belajar dan melakukan tes intelligensi untuk mengetahui tingkat keeerdasannya. Tahap kedua, memberikan pelatihan pada guru SD tentang eara mengatasi kesulitan belajar siswa, dan tahap ketiga melakukan rintisan berdirinya pendidikan terpadu dengan model kelas jauh, yaitu bekerjasama dengan Sekolah Luar Biasa terdekat.
Hasilnya diketemukan 22 (dua puluh dua) anak mengalami kesulitan belajar. Setelah dites dengan tes intelligensi Raven temyata 50 % termasuk tunagrahita ringan, 13,6 % termasuk lamban belajar. 27,3 % termasuk normal, dan 9,7 % tingkat intelligensinya di atas normal. Dengan demikian kegiatan PPM ini perIu ditindak lanjuti sampai dengan tahap tiga.
Kata kunci : Berkesulitan belajar, sekolah dasar.
Full Text:
PDFDOI: https://doi.org/10.21831/ino.v3i2.5168
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c)