PENGINTEGRASIAN PENGAJARAN PKLH PADA BIDANG STUDI IPS or SEKOLAH DASAR

Muhsinatun Siasab, Universitas Negeri Yogyakarta, Indonesia
Hastuti Hastuti, Universitas Negeri Yogyakarta, Indonesia

Abstract


Kegiatan pengabdian masyarakat berupa pembelajaran PKLH yang terintegrasi ke dalam bidang

studi IPS di Sekolah Dasar ini bertujuan untuk meningkatkan pengetahuan, kesadaran, sikap dan perilaku yang positif dan bertanggung  jawab terhadap masalah-masalah kependudukan dan lingkungan pada guru­ guru Sekolah Dasar, dan meningkatkan kemampuannya untuk mengajarkan Pendidikan Kependudukan dan Lingkungan  Hidup yang terintegrasi ke dalam bidang studi IPS.

Kegiatan pengabdian masyarakat ini diikuti sebanyak ±  100 orang guru SO di Wilayah Ranting Dinas Depdiknas Kecamatan Playen Gunung Kidul.  Lama kegiatan ± satu bulan.  Bentuk kegiatan terdiri dari  komunikasi  Jangsung untuk  menginformasikan materi  PKLH,    bimbingan  dan  konsultasi  cara pengintegrasian materi PKLH ke dalam bidang studi IPS, dan pelaksanaan pembelajaran PKLH yang terintegrasi di kelas sebagai tugas guru sehari-hari,

Respon dari peserta menunjukkan bahwa kegiatan semacam ini sangat bennanfaat bagi guru-guru

SO untuk meningkatkan pengetahuan dan ketrampilannya dalam pembelajaran se hari-hari, sehingga  dapat berpartisipasi dalam mengatasi masalah kependudukan dan lingkungan melalui pembinaan sumber daya manusia  sedini mungkin. Hasil dari kegiatan pengabdian masyarakat itu  adalah satu modal  aplikasi pembelajaran PKLH yang terintegrasi dengan IPS di Sekolah Dasar menggunakan cara fusi.



Kata Kunci  : PKLH - Bidang Studi IPS - integrasi

Full Text:

PDF


DOI: https://doi.org/10.21831/ino.v3i2.5160

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c)



Flag Counter