PENGINTEGRASIAN PENGAJARAN PKLH PADA BIDANG STUDI IPS or SEKOLAH DASAR
Hastuti Hastuti, Universitas Negeri Yogyakarta, Indonesia
Abstract
Kegiatan pengabdian masyarakat berupa pembelajaran PKLH yang terintegrasi ke dalam bidang
studi IPS di Sekolah Dasar ini bertujuan untuk meningkatkan pengetahuan, kesadaran, sikap dan perilaku yang positif dan bertanggung jawab terhadap masalah-masalah kependudukan dan lingkungan pada guru guru Sekolah Dasar, dan meningkatkan kemampuannya untuk mengajarkan Pendidikan Kependudukan dan Lingkungan Hidup yang terintegrasi ke dalam bidang studi IPS.
Kegiatan pengabdian masyarakat ini diikuti sebanyak ± 100 orang guru SO di Wilayah Ranting Dinas Depdiknas Kecamatan Playen Gunung Kidul. Lama kegiatan ± satu bulan. Bentuk kegiatan terdiri dari komunikasi Jangsung untuk menginformasikan materi PKLH, bimbingan dan konsultasi cara pengintegrasian materi PKLH ke dalam bidang studi IPS, dan pelaksanaan pembelajaran PKLH yang terintegrasi di kelas sebagai tugas guru sehari-hari,
Respon dari peserta menunjukkan bahwa kegiatan semacam ini sangat bennanfaat bagi guru-guru
SO untuk meningkatkan pengetahuan dan ketrampilannya dalam pembelajaran se hari-hari, sehingga dapat berpartisipasi dalam mengatasi masalah kependudukan dan lingkungan melalui pembinaan sumber daya manusia sedini mungkin. Hasil dari kegiatan pengabdian masyarakat itu adalah satu modal aplikasi pembelajaran PKLH yang terintegrasi dengan IPS di Sekolah Dasar menggunakan cara fusi.
Kata Kunci : PKLH - Bidang Studi IPS - integrasi
studi IPS di Sekolah Dasar ini bertujuan untuk meningkatkan pengetahuan, kesadaran, sikap dan perilaku yang positif dan bertanggung jawab terhadap masalah-masalah kependudukan dan lingkungan pada guru guru Sekolah Dasar, dan meningkatkan kemampuannya untuk mengajarkan Pendidikan Kependudukan dan Lingkungan Hidup yang terintegrasi ke dalam bidang studi IPS.
Kegiatan pengabdian masyarakat ini diikuti sebanyak ± 100 orang guru SO di Wilayah Ranting Dinas Depdiknas Kecamatan Playen Gunung Kidul. Lama kegiatan ± satu bulan. Bentuk kegiatan terdiri dari komunikasi Jangsung untuk menginformasikan materi PKLH, bimbingan dan konsultasi cara pengintegrasian materi PKLH ke dalam bidang studi IPS, dan pelaksanaan pembelajaran PKLH yang terintegrasi di kelas sebagai tugas guru sehari-hari,
Respon dari peserta menunjukkan bahwa kegiatan semacam ini sangat bennanfaat bagi guru-guru
SO untuk meningkatkan pengetahuan dan ketrampilannya dalam pembelajaran se hari-hari, sehingga dapat berpartisipasi dalam mengatasi masalah kependudukan dan lingkungan melalui pembinaan sumber daya manusia sedini mungkin. Hasil dari kegiatan pengabdian masyarakat itu adalah satu modal aplikasi pembelajaran PKLH yang terintegrasi dengan IPS di Sekolah Dasar menggunakan cara fusi.
Kata Kunci : PKLH - Bidang Studi IPS - integrasi
Full Text:
PDFDOI: https://doi.org/10.21831/ino.v3i2.5160
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c)