PENINGKATAN MANAJEMEN PEMASARAN DAN PENELUSURAN TAMATAN SEKOLAH MENENGAH KEJURUAN
DOI:
https://doi.org/10.21831/ino.v1i2.5125Abstract
Tujuan dari penyelenggaraan kegiatan pengabdian kepada masyarakat ini adalah untuk: (1) Meningkatkan kemampua para pengelola SMK dalam merencanakan program pemasaran dan penelusuran para tamatannya; (2) Meningkatakan kemampua para pengelola SMK dalam mengorganisasikan,menggerakkan dan mengarahkan segal a potensi yang dimilikinya untu melaksanakan kegiatan pemasaran dan penelusuran tamatannya; dan (3) meningkatkan kemampuan para pengelola SM dalam mengembangkan administrasi pendukung pelaksanaan program pemasaran dan penelusuran tamatannya.Adapun langkah-langkah dalam rangka pemecahan masalah yang telah dirumuskan adalah: (1) Tahap Persiapan, yakr melakukan koordinasi dengan Kepala Bidang Dikmenjur, Kanwil Depdikbut Propinsi DIY; (2) Tahap Presentasi, yakr penyelenggaraan pelatihan dengan ceramah dan diskusi secara klasikal; (3) Tahap Implementasi; yaitu pemberian tuga kepada peserta pelatihan untuk menyusun program, struktur organisasi dan perangkat teknis administrasi pendukung untu melaksanakan proram pemasaran dan penelusuran tamatannya di masing-masingSMK yang dikelolanya; dan (4) Tahap Evaluas yaitu pelaksanaan penilaian terhadap hasil pengerjaan tugas yang dilakukan oleh Tim PPM bersama dengan Kepala Bidan Dikrnenjur dan para pengawas SMK.
Dengan telah selesainya pelaksanaan kegiatan Pelatihan Manajemen Pemasaran dan Penelusuran Tamatan SMK, mak para pengelola BKK di SMK telah dapat meningkatkan kemampuannya dalam : (1) Menyusun struktur organisasi, deskrips tugas, program kerja kegiatan pemasaran dan penelusuran tamatan pada masing-masing SMK yang dikelolanya; dan ( menentukan teknis atau mekanisme pelaksanaan kegiatan pemasaran dan penelusuran tamatan yang disesuaikan denga kondisi dan potensi sumber daya yang dimiliki oleh masing-rnasing SMK. Sementara itu, pelaksanaan kegiatan PPM ini daps terselenggara dengan lancar karena adanya kerjasama dan dukungan dari Kabid Dikmenjur dan para pengawas SMK, partisipas aktif dari para peserta pelatihan serta adanya komitmen yang tinggi dari para pengeloJa BKK di SMK untuk meningkatka kualitas pelaksanaan kegiatan pemasaran dan penelusuran tamatannya secara sungguh-sungguh.
Downloads
How to Cite
[1]
Sukamto, S. et al. 2015. PENINGKATAN MANAJEMEN PEMASARAN DAN PENELUSURAN TAMATAN SEKOLAH MENENGAH KEJURUAN. INOTEKS: Jurnal Inovasi Ilmu Pengetahuan,Teknologi, dan Seni. 1, 2 (Aug. 2015). DOI:https://doi.org/10.21831/ino.v1i2.5125.
Issue
Section
Articles
License
- Authors certify that the work reported here has not been published before and contains no materials the publication of which would violate any copyright or other personal or proprietary right of any person or entity.
- Authors transfer or license the copyright of publishing to Jurnal Civics: Media Kajian Kewarganegaraan to publish the article in any media format, to share, to disseminate, to index, and to maximize the impact of the article in any databases.
- Authors hereby agree to transfer a copyright for publishing to Jurnal Civics: Media Kajian Kewarganegaraanas a Publisher of the manuscript.
- Authors reserve the following:
- all proprietary rights other than copyright such as patent rights;
- the right to use all or part of this article in future works of our own such as in books and lectures;
- use for presentation in a meeting or conference and distributing copies to attendees;
- use for internal training by author's company;
- distribution to colleagues for their research use;
- use in a subsequent compilation of the author's works;
- inclusion in a thesis or dissertation;
- reuse of portions or extracts from the article in other works (with full acknowledgement of final article);
- preparation of derivative works (other than commercial purposes) (with full acknowledgement of final article); and
- voluntary posting on open web sites operated by author or author's institution for scholarly purposes, but it should follow the open access license of Creative Common CC BY-NC-SA License.